UNTUK INDONESIA
Surabaya Optimis Jadi Tuan Rumah Terbaik PD U-20
Dispora Surabaya tengah mengebut seluruh persiapan sarana dan prasarana pendukung gelaran Piala Dunia U-20.
Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pemuda dan Olahraga Surabaya Edi Santoso saat menjelaskan persiapan sarana dan prasarana penunjang Piala Dunia U-20. (FOto: Tagar/Haris D Susanto)

Surabaya - Piala Dunia U-20 akan digelar di 6 Kota di Indonesia pada tahun 2021 mendatang, termasuk Surabaya. Kini renovasi Stadion Gelora Bung Tomo terus dikebut, sekaligus lima lapangan latihan untuk tim tamu.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pemuda dan Olahraga Surabaya Edi Santoso mengatakan pihaknya terus mengebut pekerjaan stadion. Bahkan pada September nanti akan dilakukan pemasangan rumput dengan kualitas terbaik.

Jadi kalau progres itu bicara mesti skedul berarti kurva S. Saat ini masih mengarah ke sana.

"Saat ini masih pengerjaan kursi (single seat) dan pengecatan, kursi sudah datang bertahap dari Jakarta. Terus soal detailnya kapan rumput dan lain sebagainya dipasang dan selesai tanyakan ke kontraktor," kata Edi saat dikonfirmasi, Jumat 10 Juni 2020.

Edi juga belum memastikan berapa persen pengerjaan Stadion Gelora Bung Tomo. Alasannya hingga saat ini menurutnya semua pekerjaan sedang dikebut. Tujuannya bisa selesai pada waktu yang ditentukan, yakni pada awal bulan Desember tahun 2020.

"Jadi kalau progres itu bicara mesti skedul berarti kurva S. Saat ini masih mengarah ke sana. Output-nya mungkin di GBT pada Desember mungkin sudah 100 persen selesai. Bersamaan dengan perencanaan-perencanaan lain mengenai tuan ruman Piala Dunia di tahun 2020 ini," kata Edi.

Selain itu, Edi memastikan pada jadwal kunjungan FIFA ke Surabaya September nanti, semua progres ini sudah dalam tahap finishing, alias perampungan akhir.

"FIFA September rencana ke sini, nanti apa yang disampaikan ke PSSI akan menjadi acuan kami," ujar dia.

Tak hanya itu, dalam proses pengerjaan GBT, Edi mengklaim Kota Surabaya bakal menjadi tuan rumah terbaik Piala Dunia U-20 tahun 2021. Sebab komitmen Wali Kota Surabaya bakal menjadi bukti bahwa persiapan yang dilakukan tak main-main.

"Super optimal kita (menjadi tuan rumah), Surabaya optimis menjadi pelayan tuan rumah terbaik disegala sektor. Untuk daerah lain saya kira belum ada seperti Surabaya," klaim Edi.

Sekretaris PSSI Jawa Timur, Amir Burhannudin menyampaikan Kota Surabaya kini telah menaikkan level konsentrasinya guna dapat menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

"Pemkot surabaya sudah meningkatkan level konsentrasi ke menyiapkan manajemennya menjadi kota tuan rumah. Artinya ketika ada kunjungan FIFA di bulan September nanti, yang akan disampaikan pemkot tidak hanya sekedar perkembangan renovasi infrastruktur tapi sudah pada paparan manajemen menjadi tuan rumah," ujar Amir usai melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Surabaya.

Tak berhenti di situ, Amir menjabarkan bahwa dalam meeting dengan Menpora beberapa waktu lalu, Pemkot Surabaya juga sudah menyatakan update renovasi atau infrastruktur yang sedang dilakukan.

"Jadi Kota Surabaya terkait dengan update renovasi atau infrastruktur yang sedang dilakukan kaitannya dengan stadion pertandingan dan lapangan-lapangan latihan. Pada prinsipnya seperti yang sudah dilaporkan kepada Menpora, saat melakukan rapat via zoom secara bersama kepala daerah peserta tuan rumah," kata Amir.

Amir juga menjelaskan, Pemkot Surabaya juga telah menyiapkan berbagai hal untuk menyambut Piala Dunia U-20 tahun 2021. Yakni soal traffic management, fan activity, kemudian mapping destination wisata di Surabaya, dan jalur khusus di Imigrasi.

"Ini semua akan disiapkan oleh pemkot Surabaya sehingga di bulan September ada gambaran utuh yang akan disampaikan ke FIFA, terkait dengan Surabaya menjadi tuan rumah apa saja yang telah disiapkan," ucap Amir.

Sementara mengenai penginapan yang menjadi rujukan hotel bintang lima, Amir menyebut saat ini juga sudah dibahas di Pemkot Surabaya. Bahkan ia menyebut sudah ada beberapa hotel yang sudah di daftar oleh FIFA secara langsung.

"Hotel standarnya dari FIFA, namun beberapa nama hotel sudah di submit melalui bidding ada pembicaraan yang dilanjutkan tetapi diluar kepentingan Pemkot Surabaya. Ini langsung link ke panitia pusat nanti yang di follow up langsung oleh FIFA," ucap dia.

Amir menjelaskan, rencananya dalam waktu dekat, Dispora bersama Pemkot Surabaya akan mengagendakan mengunjungi beberapa tempat latihan untuk Piala Dunia. []

Berita terkait
Venue Piala Dunia U-20 di Surabaya Siap 65 Persen
PSSI Jawa Timur menyambut baik kolaborasi pemerintah dan PSSI untuk mempersiapkan venue Piala Dunia U-20 di lima daerah, termasuk Surabaya.
Piala Dunia U-20 Kembangkan Sport Tourism di Bali
Bali akan mengembangkan sport tourism saat penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021. Menurut rencana salah satu stadion di Bali jadi venue PD U-20.
Kemegahan Stadion Manahan Venue Piala Dunia U-20
Stadion Manahan Kota Solo telah direnovasi secara besar-besaran, Kementerian PUPR sejak Agustus 2018 untuk menjadi venue Piala Dunia U-20.
0
Surabaya Optimis Jadi Tuan Rumah Terbaik PD U-20
Dispora Surabaya tengah mengebut seluruh persiapan sarana dan prasarana pendukung gelaran Piala Dunia U-20.