Jakarta - Spanyol kembali meraih kemenangan di kualifikasi EURO 2020. Dalam duel kualifikasi Grup F di hadapan pendukung sendiri di Stadion Santiago Bernabeu, Selasa 11 Juni 2019 dini hari WIB, Spanyol menaklukkan Swedia 3-0. 

Kemenangan yang mengukuhkan posisi Spanyol di puncak klasemen grup dengan poin 12. Poin itu diraih setelah Spanyol selalu memenangkan empat pertandingan di penyisihan grup. 

Sedangkan Swedia yang sebelumnya menduduki peringkat dua terpaksa turun satu strip. Posisinya diambil alih Rumania yang menghajar Malta 4-0. Rumania dan Swedia sama-sama mengantongi tujuh poin. Namun Rumania unggul selisih gol. 

Di laga tersebut Spanyol sepenuhnya menguasai permainan. Hanya, mereka sempat mengalami kesulitan di babak pertama. Kekukuhan pertahanan Swedia menjadikan serangan La Roja selalu gagal menghasilkan gol. 

Spanyol sesungguhnya sudah unggul saat Dani Parejo menyelesaikan umpan Dani Carvajal menit 20. Sayangnya, gol itu tidak disahkan karena Parejo dinyatakan offside sebelum mencetak gol.

Spanyol akhirnya memecah kebuntuan dari bola mati di babak kedua. Kapten Sergio Ramos kembali mengawali kemenangan tuan rumah setelah mencetak gol pertama dari titik penalti menit 64. Penalti diberikan karena Sebastian Larsson melakukan pelanggaran dengan menyentuh bola di kotak terlarang.

Ini merupakan gol ketujuh Ramos selama delapan laga terakhir di tim nasional Spanyol. Kapten Real Madrid ini juga selalu menuntaskan 13 penalti terakhir yang diambilnya. Selama membela timnas, Ramos sudah mencetak 20 gol. 

Setelah unggul 1-0, Spanyol lebih rileks. Mereka akhirnya menambah dua gol lagi dalam tempo empat menit. Diawali dengan penalti kedua yang kali ini dieksekusi Alvaro Morata menit 83.

Penalti diberikan setelah Filip Helander menjatuhkan Morata. Ramos kemudian memberikan eksekusi penalti kepada penyerang Chelsea yang dipinjamkan ke Atletico Madrid ini. 

Dan di menit 87, Mikel Oyarzabal melengkapi kemenangan Spanyol. Dia mencetak gol dalam debutnya yang menjadikan Spanyol menang 3-0. 

Di pertandingan lain di grup sama, Norwegia mengalahkan Kep. Faroe 2-0. Kemenangan itu menjadikan Norwegia memiliki poin lima dan naik ke peringkat empat. []

Berita sebelumnya: