Sirkuit Mandalika NTB Siap World Superbike

Sandiaga Uno mengatakan pemerintah siap menggelar kejuaraan dunia balap motor World Superbike (WSBK) secara langsung di Sirkuit Mandalika.
Sirkuit Mandalika. (Foto: Tagar/Instagram Athemandalikagp)

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan pemerintah siap menggelar kejuaraan dunia balap motor World Superbike (WSBK) secara langsung di Sirkuit Mandalika, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), jika penyebaran Covid-19 mulai terkendali.

Menurutnya, hingga saat ini pemerintah masih terus mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan agar gelaran tersebut dapat terselenggara dengan baik.

Adapun, proses pembangunan lintasan balap tersebut telah memasuki tahap lapisan kedua dan diproyeksikan rampung pada bulan Agustus 2021.

“Jadi kami sangat siap untuk World Superbike. Tapi tentunya ini sangat tergantung juga dengan keadaan Covid-19 dan arahan dari rapat terbatas di mana ketika situasinya memungkinkan,” katanya dalam video conference, Selasa, 22 Juni 2021.

Sandiaga menjelaskan, gelaran tersebut nantinya tetap akan menyesuaikan kapasitas penonton sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.


Tapi tentunya ini sangat tergantung juga dengan keadaan Covid-19.


Selain itu, pihaknya juga akan menghitung dampak ekonomi yang dapat diungkit dari gelaran tersebut bagi pertumbuhan perekonomian lokal. Selain itu juga efeknya bagi peningkatan pembukaan lapangan kerja baru untuk masyarakat setempat.

"Bagaimana dampak perekonomian lokal dan provinsi sekitarnya? Kami harapkan juga bisa menggeliatkan membuka peluang kerja, meningkatkan ekonomi rakyat di Mandalika dan tentunya desa-desa penyangga di sekitar," ujarnya.

Sandi memaparkan, saat ini progres pembangunan fasilitas lain telah memasuki tahap akhir. Di antaranya, perluasan bandara yang sudah mencapai 99% untuk terminal dan landasannya, dan tinggal menunggu peresmian Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Penonton MotoGP Mandalika 2021 Ditaksir Ratusan Ribu Orang

Berita terkait
Pemkab Lombok Tengah Luncurkan E-Tourism Go Mandalika
Pemkab Lombok Tengah meluncurkan program E-Tourism Go Mandalika untuk mempromosikan dan membangkitkan kembali pariwisata.
Infografis: Sirkuit Mandalika Jelang MotoGP 2021
Indonesia dengan Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, siap menjadi tuan rumah ajang bergengsi MotoGP 2021. Sejauh mana persiapannya?
Menpora Optimis MotoGP 2021 Diadakan di Mandalika, Indonesia
Zainudin Amali optimis MotoGP 2021 di Mandalika, NTB, Indonesia dapat terlaksana.
0
Sirkuit Mandalika NTB Siap World Superbike
Sandiaga Uno mengatakan pemerintah siap menggelar kejuaraan dunia balap motor World Superbike (WSBK) secara langsung di Sirkuit Mandalika.