Sinterklas Tularkan Virus Corona ke Panti Jompo di Belgia

Sudah 26 penghuni sebuah panti jompo di Belgia meninggal karena infeksi virus corona setelah kunjungan relawan berkostum Sinterklas
Ilustrasi: Sinterklas (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Hingga kini sudah 26 penghuni sebuah panti jompo di Belgia meninggal karena infeksi virus corona (Covid-19) setelah kunjungan relawan berkostum Sinterklas yang tertular tapi tanpa gejala. Puluhan lainnya masih dirawat di rumah sakit.

Sedikitnya 26 penghuni sebuah panti jompo di Belgia utara telah meninggal sejak kunjungan seorang yang berpakaian seperti Sinterklas. Media setempat melaporkan hari Kamis, 31 Desember 2020, sang Sinterklas belakangan dinyatakan positif Covid-19.

Seorang pejabat kesehatan lokal mengatakan kepada kantor berita AFP, wabah itu terdeteksi beberapa hari setelah kunjungan seorang Sinterklas di panti jompo Hemelrijck di distrik Mol. Ahli virologi kemudian mengatakan, mereka yang terinfeksi berasal dari sumber yang sama.

Hingga saat ini 85 orang dinyatakan positif Covid-19, bersama dengan 40 staf panti jompo itu. Sebanyak 26 orang yang terinfeksi Covid-19 sudah meninggal.

1. Sinterklas Tidak Tahu Dia Terinfeksi Virus Corona

Pemeran Sinterklas yang mengenakan kostum jubah merah dan janggut putih mengunjungi panti jompo Hemerijck pada 5 Desember lalu. Secara tradisional warga di Belgia dan negara lain di Eropa merayakan "Hari Sinterklas" pada 6 Desember.

panti jompoPenghuni panti jompo di Belgia (Foto: dw.com/id)

Panti jompo memang diketahui menjadi lokasi pemicu penyebaran infeksi COVID-19. Lebih setengah dari korban COVID-19 yang meninggal di Belgia adalah penghuni panti jompo.

Juru bicara dinas kesehatan regional Joris Moonen mengatakan, tidak ada indikasi bahwa relawan Sinterklas itu tahu dia terinfeksi COVID-19 ketika datang ke panti tersebut, yang berpenghuni lebih 140 orang.

2. Kematian Penghuni Panti Jompo di Belgia

Selanjutnya Joris Moonen menerangkan, aparat berwenang belum melakukan pengusutan terkait penyebaran infeksi yang mengakibatkan kematian itu, jika tidak ada pengaduan yang diajukan oleh pihak korban.

Distrik Mol dan panti Hemerijck telah membentuk komite penanganan krisis untuk membantu staf, penduduk, dan kerabat mengatasi "periode yang sulit ini".

Belgia adalah salah satu negara dengan jumlah kematian Covid-19 per kapita tertinggi di dunia. Dengan jumlah penduduk 11,5 juta orang, Belgia mencatat 19.411 kasus kematian, di antaranya 11.066 kematian panghuni panti jompo [hp/rap (afp, ap)]/dw.com/id. []

Berita terkait
Belgia Dorong Pariwisata Domestik Usai Corona Mereda
Pemerintah Belgia mengumumkan akan membuat serangkaian langkah untuk mendorong pariwisata domestiknya kembali usai kasus Corona menurun.
Bandara Belgia Pusat Logistik Dunia Vaksin Virus Corona
Pengiriman pertama vaksin virus corona dimulai sebelum akhir 2020, perusahaan kargo di Bandara Brussel, Belgia, jadi pusat logistik vaksin corona
0
Ketua DPRD: HJB ke-539 Momentum Kebangkitan Kabupaten Bogor
Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan Hari Jadi Bogor yang ke-539 hendaknya menjadi momentum kebangkitan Kabupaten Bogor.