UNTUK INDONESIA
Sinopsis Film The Trial of the Chicago 7 Tayang di Netflix
Film The Trial of the Chicago 7, mengangkat kisah demonstrasi protes damai yang berubah rusuh di acara Konvensi Nasional Partai Demokrat pada 1968.
Salah satu adegan dalam film The Trial of the Chicago 7. (Foto: Dreamworks Pictures)

Jakarta - Layanan streaming Netflix kembali mempersembahkan film Hollywood terbarunya berjudul The Trial of the Chicago 7, mengangkat kisah demonstrasi protes damai yang berubah rusuh di acara Konvensi Nasional Partai Demokrat pada 1968.

Tontonan ini digarap Aaron Sorkin dan diadopsi dari kisah nyata tentang kelompok radikal politik berisi tujuh anggota yang dinamakan Chicago 7.

Awalnya, mereka melakukan aksi protes damai bersama ribuan demonstran lain saat Konvensi Nasional Partai Demokrat di Chicago pada 1968. Namun tak disangka, demonstrasi tersebut menjelma menjadi sebuah kerusuhan berbau konspirasi, dan pelanggaran di kawasan Grant Park, Chicago, hingga perbatasan negara bagian.

Kerusuhan kian bergejolak ketika pada Februari 1970, lima dari tujuh anggota Chicago 7 dinyatakan bersalah. Namun, pengadilan banding membatalkan hukuman tersebut pada 1972.

Selain jalan cerita yang menarik, sang sutradara mendapuk sejumlah aktor dan aktris kenamaan Amerika Serikat untuk berperan dalam film ini.

Sebut saja Eddie Redmayne, Jeremy Strong, Alex Sharp, dan Sacha Baron Cohen. Tidak ketinggalan Joseph Gordon-Levitt, John Carroll Lynch, dan Yahya Abdul-Mateen II.

The Trial of the Chicago 7Salah satu adegan dalam film The Trial of the Chicago 7. (Foto: Dreamworks Pictures)

Penggarapan film ini juga tak lepas dari peran penting Aaron Sorkin sebagai sutradara dan pemegang kendali penulisan naskah. Di jagat perfilman Hollywood, ia dikenal sebagai sosok yang kerap menggarap film sejarah dan biografi.

Sebelum The Trial of the Chicago 7, Sorkin juga pernah menempati kedua posisi tersebut dalam film Molly Game (2017). Beberapa film lain yang naskahnya juga ditulis Sorkin adalah The Social Network (2010), Moneyball (2011), dan Steve Jobs (2017).

Paling menarik lagi dari film ini adalah naskahnya telah ditulis sejak 13 tahun lalu, tepatnya 2006 silam, sewaktu sutradara kenamaan Amerika Serikat, Steven Spielberg, mengatakan kepadanya bahwa ia ingin membuat film tentang kerusuhan Konvensi Nasional Partai Demokrat yang terjadi pada 1968.

Sayangnya, Spielberg harus mundur dari kursi sutradara karena isu bujet. Alhasil, baru pada 2018 proses pembuatan film kembali berjalan. Kali ini Sorkin didapuk sebagai sutradara.

Beberapa adegan dalam film The Trial of the Chicago 7 juga berhasil diambil di lokasi asli kericuhan tersebut. Sorkin dan tim pun mampu mendapatkan gambar yang menyerupai arsip rekaman dari kejadian sesungguhnya. []

Berita terkait
Stephen Chow Bangkrut hingga Terlilit Hutang Rp 700 M
Stephen Chow dikabarkan mengalami kebangkrutan hingga terlilit hutang sebanyak US$ 47,4 juta atau hampir senilai Rp 700 miliar.
Teddy Park, Personel Kelima Blackpink di Film Light Up The Sky
Member kelima Blackpink, Teddy Park, jadi sorotan banyak orang usai tampil di film dokumemter Light Up The Sky.
Sinopsis Film The Social Dilemma, Sisi Busuk Media Sosial
Film The Social Dilemma mengangkat sisi gelap algoritma di berbagai aplikasi media sosial. Dampak negatif dan kebusukan di dalamnya.
0
Film The Trial of the Chicago 7 Bakal Kuasai Ajang Oscar 2021
Film The Trial of the Chicago 7 digadang-gadang bakal menguasai banyak nominasi untuk ajang Oscar 2021 mendatang.