UNTUK INDONESIA
Sinergi BUMN, KAI & RNI Siapkan Rapid Test 85 Ribuan
Kereta Api Indonesia (KAI) dan Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) menyediakan layanan rapid test Covid-19 seharga Rp 85.000 di 12 stasiun.
Kereta Api Bengawan. (Foto: Instagram/@keretaapikita/@s_harjanto)

Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI bekerjasama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI menyediakan layanan rapid test Covid-19 seharga Rp 85.000. Layanan tersebut tersedia bagi pelanggan yang akan naik kereta api (KA) jarak jauh, mulai besok, Senin, 27 Juli 2020.

"Layanan ini kami sediakan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan yang akan menggunakan kereta api di masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Kami berharap pelanggan kereta api dapat memaksimalkannya" ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo seperti dikutip Tagar dalam siaran pers KAI, Minggu, 26 Juli 2020.

Layanan rapid test akan tersedia di 12 stasiun, dengan jam pelayanan mulai 07.00 sampai dengan 19.00. Adapun ke-12 stasiun tersebut ialah Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, dan Malang.

Baca juga: SIKM Ditiadakan, Naik Kereta Api ke DKI Lebih Mudah

Pada tahap awal, layanan baru tersedia di Stasiun Pasar Senen mulai Senin, 27 Juli. Sedangkan untuk stasiun lainnya secara bertahap akan menyediakan layanan rapid test tersebut. Salah satu syarat untuk menggunakan layanan rapid test adalah pelanggan yang memiliki kode booking tiket KA jarak jauh.

Penyediaan layanan rapid test di stasiun merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI dalam rangka menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api.

Inovasi ini, kata dia hasil dari sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) antara KAI dengan RNI melalui anak usahanya PT Rajawali Nusindo. Kolaborasi antar BUMN pun dalam rangka turut mewujudkan Indonesia yang lebih maju.

"Dengan hadirnya layanan ini, diharapkan mobilitas masyarakat dapat meningkat, dengan tetap menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh pelanggannya sehat sampai di tujuan," ucapnya.

Untuk informasi tentang layanan rapid test di Stasiun, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, email [email protected], sosial media KAI 121, dan [email protected]. []

Berita terkait
Covid-19 di Jabar, Kereta Jakarta-Bandung Tetap Operasi
KAI tetap akan mengoperasikan kereta api dari Jakarta ke Bandung Jabar pada Senin besok, 13 Juli 2020.
Naik Kereta Api Harus Punya Surat Bebas Covid-19
PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerapkan aturan wajib yang mesti dipatuhi masyarakat jika bepergian menggunakan Kereta API Jarak Jauh.
New Normal, Penumpang Bergairah Lagi Naik Kereta Api
PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat volume penumpang Kereta Api Jarak Jauh dan lokal reguler mengalami peningkatan sejak fase new normal.
0
Pembunuh Wanita Terbakar dalam Mobil di Sukoharjo Ditangkap
Kasus pembunuhan wanita yang ditemukan dalam mobil yang terbakar di dalam mobil di Sukoharjo terungkap. Polisi menangkap 2 pelaku.