UNTUK INDONESIA

Sering Dianggap Hiasan, Ini Fungsi Penting Talang Air Mobil

Selain berfungsi untuk aksesoris tambahan, talang air pada mobil juga memiliki fungsi vital yang jarang masih diketahui pengendara.
Talang air pada mobil dapat mencegah air masuk ke dalam mobil saat kondisi hujan. (Foto: Tagar/Hyundai)

Jakarta - Talang air atau door visor biasa digunakan sebagai aksesoris tambahan agar mobil terlihat lebih menarik. Namun ternyata talang air ini punya fungsi lebih penting dari sekadar hiasan mobil, salah satunya untuk mencegah air masuk ke dalam mobil saat jendela terbuka.

Talang air terletak di bagian atas jendela yang direkatkan pada bracket yang ada di atas pintu mobil. Para pemilik kendaraan kerap kali masih belum memahami fungsi vital komponen ini. Untuk lebih jelasnya, berikut Tagar berikan 5 fungsi Talang air pada mobil, dilansir dari laman resmi Suzuki Indonesia, Selasa, 24 November 2020.

1. Mencegah Air Masuk ke dalam Kabin

Talang air dapat mencegah air masuk ke dalam kabin dalam sementara waktu, khususnya saat terjadi hujan. Hal tersebut berguna jika hujan turun anda belum sempat menutup jendela.

2. Mengurangi Embun

Selain berfungsi mencegah masuknya air hujan, talang air pada mobil dapat mengurangi embun pada kaca depan mobil. Hal tersebut sangat membantu penglihatan pengendara, karena embun pada kaca depan dapat mengganggu jarak pandang.

3. Melindungi Komponen pada Kabin

Komponen pada kabin hampir semua mudah rusak jika terkena air. Power window merupakan komponen yang paling rawan jika terkena air, masuknya air ke kabin bisa menyebabkan komponen listrik mengalami korsleting. Oleh sebab itu, keberadaan talang air ini sangat penting untuk mencegah air masuk ke komponen yang mudah rusak.

4. Mencegah Tangan Tidak Basah

Fungsi lain dari talang air pada mobil adalah untuk mencegah tangan pengemudi basah saat membayar parkir atau mengambil karcis. Keberadaan door visor ini akan mencegah dan memperkecil air yang mengenai tangan pengendara.

5. Mempercantik Tampilan Mobil

Adanya talang air sejatinya dapat mempercantik dan menambah nilai estetik tampilan mobil. Sayangnya tidak semua mobil mempunyai talang air, beberapa mobil keluaran baru memang telah memasangnya tetapi beberapa mobil lainnya harus membeli talang air ini secara terpisah.[]


Penulis: Cherryn Lagustya

Berita terkait
Faktor-faktor Penyebab Mobil Mengalami Aquaplaning
Banyak faktor yang dapat menyebabkan mobil mengalami Aquaplaning, mulai dari kondisi jalan, hingga pengemudi yang kurang waspada.
Mau Cas Mobil Listrik di Rumah, Segini Daya yang Dibutuhkan
Mengisi daya baterai kendaraan listrik di rumah memang lebih praktis dan mudah. Namun tidak semua listrik rumah bisa mendukung pengisian daya ini.
Tips Menjaga Kebersihan Mobil Saat Jarang Digunakan
Saat jarang digunakan mobil harus dipastikan kebersihannya agar tidak ada hewan yang bersarang di kap mesin.
0
Negara dengan Utang Luar Negeri Terbesar Tahun 2019
Bank Dunia (World Bank) meriils laporan terbaru terkait statistik utang internasional negara-negara berpendapatan rendah hingga menengah.