UNTUK INDONESIA
Sensasi Deburan Air Terjun Pengantin di Ngawi
Air Terjun Pengantin memiliki daya tarik yang menjadi kebanggaan masyarakat Ngawi, cocok bagi para petualang.
Sensasi Deburan Air Terjun Pengantin untuk Petualang. (Foto: Instagram/airterjunpengantin)

Jakarta - Air Terjun Pengantin menjadi salah satu wisata alam yang sedang digandrungi di Kota Ngawi. Destinasinya masih perawan dan belum banyak dijelajahi para petualang. Rekomendasi buat mereka yang menyenangi wisata luar ruang.

Air Terjun Pengantin yang berada di Dusun Besek, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur ini memiliki tinggi sekitar 12 meter yang berasal dari sumber mata air yang berbeda, satu dari sungai lahar Gunung Lawu, sedangkan yang lainnya berasal dari sumber mata air setempat. 

Fenomena bersandingan sumber air layaknya pria dan wanita menjadi alasan warga sekitar mengganti nama dari Grojogan Ndungji atau Jumog menjadi Air Terjun Pengantin.

Ambience yang diberikan tergolong berbeda, nuansa sejuk dan nyaman kental dengan keadaan alam yang masih natural. Terdengar gemercik suara air yang terjatuh, seakan menghipnotis dengan kesyahduannya.

Air Terjun Pengantin memiliki dua jembatan yang berada tepat di hadapan air terjun, yakni Jembatan Kapal dan Jembatan Cinta. Keduanya menjadi favorit berswafoto dengan latar air terjun. Selain itu, Gazebo Area akan memanjakan saat menikmati pemandangan alam yang tersaji.

Aliran Air Terjun Pengantin tidak terlalu deras, mempermudah untuk bermain air dibawah deburan air. Wisatawan bisa merasakan pijatan alami ketika berdiri tepat di bawah alirannya. 

Keasrian air terjun kebanggaan masyarakat Ngawi ini tak lepas dari keberadaan pepohonan hijau di sekitar. Duduk di bawah rindangnya pohon sembari menikmati kesejukan udara gunung bisa menjadi pilihan menarik. 

Untuk menambah kesan romantis, tersedia ikon cinta, seperti Gembok Tresno atau Gembok Cinta. Pasangan bisa memasangkan gembok di tempat yang disediakan sebagai bentuk ikrar kesetiaan. So sweet.

Mitos Air Terjun Pengantin

Menurut cerita warga sekitar, ada mitos bagi yang membawa pasangan, diyakini hubungan asmaranya akan semakin awet. 

Konon, pada dahulu kala ada sepasang kekasih yang berwisata ke Air Terjun Pengantin. Setelah pulang, hubungan keduanya semakin langgeng dan awet, bahkan sampai lanjut ke jenjang pernikahan.

Mitos lainnya, bila ada suami istri yang menyentuh air di area air terjun tersebut, hubungan mereka juga akan langgeng. Hmm, menarik bukan.

Harga Tiket Masuk

Fasilitas di lokasi cukup memadai, mulai dari jalan menuju air terjun yang telah diberi anak tangga berjumlah 300 buah, tempat parkir, toilet, warung makan dengan menu-menu sederhana serta toko souvenir.

Bila ingin menyambangi Air Terjun Pengantin, cukup merogoh kocek 6 ribu rupiah, sudah termasuk parkir. Selain itu, masyarakat sekitar juga menawarkan akomodasi bagi para pengunjung yang ingin menginap cukup membayar 30 ribu rupiah untuk satu malam. Jika memilih paket keluarga, harus membayar 200 ribu rupiah untuk satu malam, termasuk tiga kali makan dalam sehari. []

Berita terkait
Pesona Air Terjun Silangit-langit Subulussalam Aceh
Subulussalam, Aceh menyimpan sejuta potensi sumber daya alam (SDA) yang kaya akan keanekaragaman hayati dan objek wisata alamnya.
Air Terjun Jurang Pulosari Wisata Asri di Yogyakarta
Air Terjun Jurang Pulosari resmi dibuka pada 2013 lalu, memiliki ketinggian kurang lebih 7 meter ini salah satu wisata alam baru di Yogyakarta.
Air Terjun Suwono Wisata Baru Ngawi Jawa Timur
Air Terjun Suwono berada di Dusun Ngetrep, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.
0
Lima Gunung Andalan Para Pendaki Pemula
Pendaki pemula disarankan mulai mencari informasi sejumlah gunung yang akan didaki. Berikut ulasan mengenai gunung andalan yang cocok bagi pemula.