UNTUK INDONESIA
Sembilan Fakta Kobe Bryant Legenda Basket Dunia
Kobe Bryant, legenda NBA dan Los Angeles Lakers, meninggal dunia akibat kecelakaan helikopter di Calabasas, California. Ini 9 fakta tentangnya.
Kobe Bryant. (Foto: Instagram/Kobe Bryant)

Jakarta - Kobe Bryant, legenda NBA dan Los Angeles Lakers, meninggal dunia akibat kecelakaan helikopter di Calabasas, California, Minggu 26 Januari 2020. Ia meninggal dunia secara tragis setelah 20 musim berada di Los Angeles untuk membela Los Angeles Lakers dan lima kali menjuarai NBA

Ia bernama lengkap Kobe Bean Bryant, lahir 23 Agustus 1978 di Philadelphia, Pennsylvania, sebagai yang termuda dari 3 bersaudara dan satu-satunya anak laki-laki dari Joe Bryant dan Pamela Cox Bryant. 

Berikut sederet fakta sang legenda olahraga terkenal itu seperti dikutip The Irish Times.

1. Setelah lulus SMA, Bryant masuk urutan 13 dalam draft 1996, dicomot oleh Charlotte Harnets, yang mentransaksikan haknya ke Los Angeles Lakers untuk ditukar dengan centre Vlade Divac.

2. Ia menghabiskan masa 20 musim kemudian di Los Angeles sebelum pensiun pada musim 2015-2016.

3. Bryant mengantarkan Lakers juara NBA lima kali dan berulang kali meraih penghargaan individual. Ia adalah Most Valuable Player NBA pada 2007-2008, 15 kali masuk seleksi All-NBA, 18 kali masuk All-Star dan 12 kali masuk tim All-Defensive.

4. Ia dua kali dinobatkan sebagai MVP pada NBA Finals dan empat kali menjadi MVP All-Star Game.

5. Bryant memainkan 1.346 pertandingan sepanjang kariernya dan gantung sepatu dengan menyandang status pencipta poin terbanyak ketiga sepanjang sejarah NBA dengan 33.643 poin.

6. Sabtu malam, 25 Januari 2020, bintang Lakers lainnya yaitu LeBron James menyalip dia di atas dalam daftar pencetak poin terbanyak sepanjang masa ketika dia mencatat 29 poin melawan Philadelphia 76ers. Bryant berada di belakang Kareem Abdul-Jabbar, Karl Malone dan James dalam daftar pencetak skor terbanyak sepanjang masa.

7. Bryant turut mengantarkan Amerika Serikat dua kali meraih medali emas Olimpiade pada 2008 dan 2012. Tahun ini dia menjadi salah satu kandidat masuk Naismith Baskeball Hall of Fame.

8. Lakers mengistirahatkan baik kostum maupun nomor yang dikenakan Bryant —delapan dan 24— dalam sebuah seremoni pada Desember 2017, ketika saat itu presiden klub Magic Johnson berkata, "Kita di sini untuk merayakan si yang terhebat yang selalu mengenakan ungu dan emas (warna kostum Lakers)."

9. Pada 2018 ia meraih Oscar untuk film animasi pendek terbaik berjudul "Dear Basketball" berdasarkan judul puisi yang ia tulis sebelum pensiun dari basket.

Tak bisa berkata-kata. Selamanya legenda. Kobe.

Kobe BryantPenggemar berkumpul di L.A. Live di Los Angeles untuk memberikan penghormatan kepada mantan pemain guard Los Angeles Lakers Kobe Bryant yang meninggal dunia saat helikopter jatuh pada hari Minggu, 26 Januari 2020, di Los Angeles, California, Amerika Serikat. (Foto: Antara)

Ucapan Duka

Bintang-bintang olahraga termashyur tumpah ke media sosial untuk mengungkapkan duka cita kepada sang superstar, tulis Business Insider.

Wartawan ESPN, Adrian Wojnarowski, yang terkenal punya pengetahuan luas soal NBA dan apa pun yang berkaitan dengan NBA, memastikan kabar laman seleb TMZ mengenai kematian Bryant itu, bahwa sang legenda termasuk salah seorang dari lima orang tewas yang menumpang helikopter naas itu.

Di antara yang menumpahkan duka cita ke media sosial adalah superstar NFL Tom Brady, legenda atletik Usain Bolt, bintang bisbol Amerika Daniel Norris, pebasket Dwyane Wade, dan sejumlah bintang NBA lainnya.

"Tak bisa berkata-kata. Selamanya legenda. Kobe," cuit Daniel Norris. []

Baca juga:

Berita terkait
Basket Mulai Diminati, Banda Aceh Gelar Turnamen Walikota Cup 2018
Basket memang belum menjadi olahraga yang digemari seperti sepakbola, namun saat ini semakin banyak remaja dan anak muda yang menggemari olahraga ini.
Meriah, Pelajar se-NTB Ikuti Turnamen Basket Bupati Lombok Barat Cup 2018
"Alhamdulillah tahun ini digelar lagi dan pesertanya sudah se-NTB," ungkap Fauzan Khalid.
Legenda Basket NBA Tewas Kecelakaan Helikopter
Legenda basket NBA, Kobe Bryant tewas dalam kecelakaan pesawat helikopter di Calabasas, dekat Los Angeles, California.
0
Bek Barca Umtiti, Kemahalan Bagi Napoli Dibidik PSG
Pemain belakang Barcelona Samuel Umtiti menjadi target Paris Saint-Germain. Setelah diincar Napoli, kini Umtiti hendak diboyong PSG.