Sejarah Boogeyman, Hantu Pemakan Anak Nakal

Hantu Boogeyman, konon suka menculik dan memakan anak yang nakal. Ia hadir di kegelapan, bersembunyi di lemari atau di bawah tempat tidur.
Ilustrasi Boogeyman. (Foto:Tagar/Stephen King Wiki)

Jakarta - Kisah urban legend Boogeyman, telah diceritakan sejak beberapa abad yang lalu. Cerita kekejaman Boogeyman, kerap dijadikan dongeng malam untuk menakuti anak-anak supaya mereka berkelakuan baik. Hampir di seantero dunia, Boogeyman dikenal dengan berbagai nama berbeda, seperti El Coco, Krampus, Old Hag dan Baba Yaga.

Konon hantu Boogeyman sering hadir di tengah kegelapan, bersembunyi di lemari dan di bawah tempat tidur.

Nama Boogeyman atau Bogieman, berasal dari bahasa Inggris "bogge" yang berarti hobgoblin. Selain itu, Boogeyman kerap dihubungkan dengan kata "bugbear" yang dulu digunakan untuk menggambarkan goblin atau orang-orangan sawah yang memburu dan memakan anak-anak kecil.

Hampir di setiap negara memiliki versi sendiri perihal Hantu Boogeyman dengan banyak variasi ejaan. Tetapi kesamaan yang mengikat adalah penggunaan cerita di belakangnya sebagai alat untuk menakut-nakuti anak-anak.

BoogeymanThe Boogeyman. (Foto: Tagar/ Comic Hobby)

Boogeyman, dipercaya berasal dari sebuah legenda di Skotlandia yang dilaporkan pertama kali muncul tahun 1500-an. Namun, konsep serupa mengenai Boogeyman sudah ada jauh sebelum masa itu. Boogeyman dikenal secara global, sehingga sulit untuk menentukan negara pertama yang menceritakan hantu tersebut.

Di Amerika Serikat, konon hantu Boogeyman sering hadir di tengah kegelapan, bersembunyi di lemari dan di bawah tempat tidur. Sedangkan di tempat lain seperti Eropa, Karibia, dan bagian dari India dan Asia, makhluk itu diyakini tidak hanya mengintai dan menakut-nakuti anak-anak, tetapi juga menculik dan membawa mereka dalam karung untuk dimakan bersama.

Istilah Boogeyman, sering dikaitkan dengan orang yang sebenarnya bernama Albert Fishwho yang lahir pada 1870 di Washington D.C. yang menjadi salah satu pembunuh paling mengerikan hingga saat ini.

Albert FishwhoAlbert Fishwho. (Foto: Tagar/Wikipedia common)

Albert Fishwho, mendapatkan reputasi buruk lantaran sejak awal usia 20 tahun, telah menculik anak lelaki dan melakukan hal-hal buruk kepada mereka termasuk memakannya. Pada 16 Januari 1936, ia dijatuhkan hukuman mati dengan kursi listrik. Manifestasi fisik Boogeyman pun berakhir, tetapi mitos dan legenda tersebut tetap kuat sampai sekarang. []

Berita terkait
Nama Malaikat dan Job Desknya dalam Islam dan Kristen
Ada sepuluh malaikat beserta job desk masing-masing dalam Islam, dan ada tujuh malaikat agung dalam Kristen Katolik. Berikut profil lengkap mereka.
Hantu Wanita Cantik Pencabut Nyawa di Berbagai Negara
Ada kisah sedih yang melatarbelakangi kemunculan hantu-hantu wanita cantik ini, diantaranya karena diselingkuhi.
Nama Setan dan Karakternya dalam Islam dan Kristen
Dalam Islam dan Kristen dikenal figur setan dengan karakter masing-masing. Kenali nama 9 setan dalam Islam dan 9 setan dalam Kristen.
0
Biden Ingatkan Rakyat Amerika Terkait Pengorbanan Tentara
Presiden Biden beri penghormatan kepada korban perang AS dengan mengingat pengorbanan mereka untuk kebebasan Amerika