Indonesia
Sehari Jelang Kampanye Akbar Jokowi-Ma'ruf di GBK
Sehari jelang kampanye akbar Jokowi-Ma'ruf di Gelora Bung Karno (GBK) Sabtu 13 April 2019, begini persiapannya.
Pekerja menyelesaikan pembangunan panggung jelang Kampanye akbar pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin di Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (9/4/2019). Kampanye yang akan dibalut dengan pertunjukan Konser Putih Bersatu tersebut mengambil tema Menuju Kemenangan Indonesia Maju, dan akan diselenggarakan pada Sabtu 13 April 2019. (Foto: Antara/Muhammad Adimaja)

Jakarta - Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin akan menyambut 40 orang pendukung asal Tasikmalaya yang melakukan aksi berjalan kaki (long march) dari Bandung ke Jakarta untuk menghadiri kampanye akbar terakhir di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu 13 April 2019.

Wakil Kepala Rumah Aspirasi Jokowi-Amin Michael Umbas dalam siaran pers di Jakarta, mengatakan bahwa para pejalan kaki nantinya akan diterima langsung oleh Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto dan dirinya.

"Para pejalan kali diperkirakan tiba Jumat malam atau Sabtu pagi. Kami tentu mengapresiasi militansi dari para pendukung yang spontanitas bergerak untuk ikut memutihkan GBK. Kami juga mendengar dari daerah lain juga sudah mulai berdatangan ke Jakarta,” ujar Umbas.

Umbas mengatakan bahwa Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto telah mengarahkan agar perwakilan TKN terus memonitor kondisi kesehatan para pejalan kaki serta hal teknis lainnya agar perjalanan para pendukung dari Bandung selamat hingga tiba di Ibu Kota.

Menurut Umbas, spontanitas serta kenekatan para pendukung merupakan wujud nyata kecintaan pendukung Jokowi-Ma'ruf dari Jawa Barat.

Sebanyak 40 warga Tasikmalaya yang tergabung dalam Jaringan Perantau Asli Tasikmalaya (Japati) bersama sukarelawan Arus Bawah Jokowi (ABJ) Jawa Barat melakukan aksi berjalan kaki ke Jakarta dimulai dari Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Kamis (11/4).

Aksi jalan kaki itu dilepas perwakilan TKN Habib Soleh Al Muhdar serta Koordinator Pemenangan ABJ Jawa Barat Ilmar Ilyas.

Ilmar mengatakan bahwa long march ini sebagai simbol bahwa perjuangan untuk mendukung Jokowi tidak main-main. Menurut Ilmar, rakyat menginginkan Jokowi kembali memimpin negeri ini karena kerja-kerja dari Jokowi sudah terbukti.

"Long march ini sekaligus untuk mengajak kepada masyarakat di sepanjang jalan yang kami lalui, supaya pada harinya nanti memiliih Jokowi karena jujur, merakyat, dan benar-benar bekerja, bukan hanya janji,” kata Ilmar.

Perwakilan TKN Jokowi-Ma’ruf, Habib Soleh Al Muhdar menyatakan aksi jalan kaki ini sebagai gambaran umum bahwa warga Tasikmalaya dan Jawa Barat mencintai Jokowi.

“Saya mewakili TKN mengucapkan terima kasih dan ini menambah energi baru untuk memenangkan Jokowi,” ujar Habib Soleh. 

500 Figur Publik

Dalam kesempatan berbeda, Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) untuk Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Hasto Kristyanto, mengatakan puncak rapat umum Jokowi-Ma'ruf atau kampanye akbar di GBK akan menjadi cerminan konsolidasi kekuatan gotong royong Indonesia.

"Puncak Kampanye Jokowi-Maruf akan menjadi cermin konsolidasi kekuatan gotong royong nasional yang akan dilakukan di GBK, Sabtu 13 April 2019 pukul 14.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB," ujar Hasto di Maumere, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Hasto mengatakan rapat umum terbuka bagi seluruh warga bangsa tanpa kecuali.

"Silakan hadir dengan bebas, bergembira bersama, hadirkan putih adalah kita," kata Hasto.

Puncak Kampanye Jokowi-Ma'ruf dikatakan Hasto akan melibatkan lebih dari 500 figur publik nasional, dari penyanyi, aktris, tokoh agama, pemuka masyarakat, dan seniman lainnya, yang akan tampil dalam ruang kebudayaan penuh kreasi.

"Semua tampil menyatukan beragam perbedaan dalam satu semangat kemajuan Indonesia Raya, sehingga menunjukkan bagaimana kepemimpinan Pak Jokowi penuh daya kreasi, mengakar pada kebudayaan bangsa, berkemajuan, dan hadir penuh semangat gembira melalui hati terbuka," ujar Hasto.

Hasto kemudian mengingatkan masyarakat yang akan hadir dalam puncak kampanye Jokowi-Maruf, supaya patuh pada peraturan KPU yaitu; tidak membawa anak kecil, berdisiplin, jaga lingkungan selalu bersih, tertib, serta mengekspresikan seluruh komitmen rasa cinta pada bangsa dan negara.

Seluruh masyarakat yang hadir diminta untuk bergerak serentak dengan mengenakan pakaian berwarna putih, sementara partai politik KIK menggunakan atribut masing-masing.

"Kita ramaikan Konser Putih Bersatu, semua hadir karena semangat Indonesia Maju, bebas tanpa perlu mendaftar dan perkuat jalan kemenangan Jokowi-KH Ma'ruf Amin," pungkas Hasto.

Lalu Lintas Seputar GBK

Sementara itu, Polda Metro Jaya akan melaksanakan rekayasa lalu lintas di seputar Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, pada Sabtu 13 April 2019, saat kampanye terbuka capres Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dan rencana rekayasa lalu lintas dengan mengerahkan sebanyak 4.953 personil Lantas yang nantinya akan disebar di beberapa titik rawan macet.

"4.953 personil dari Lantas nanti dibantu dengan kekuatan dari Korlantas 330, POM TNI 60 personil Dishub 1.000 personil, Satpol PP 1.000 personel," kata Yusuf di Mapolda Metro Jaya.

Lebih jauh, Yusuf membeberkan pola pengamanan tak berbeda jauh dengan kegiatan kampanye pasangan calon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada 7 April lalu yang terbagi dalam enam zona pengamanan strategi Lantas.

Selain memperkuat personel dengan pengerahan tim Cakra Patrol Respon (CPR), Ditlantas Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan mobil patroli (Polda dan Satwil).

"Nanti kita kerahkan tim CPR yang memastikan jalur tetap aman terlintasi," ucapnya.

Selain itu, Yusuf juga mengusulkan kepada pihak SUGBK untuk memperhatikan sistem pembayaran masuk Senayan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di pintu masuk.

"Kampanye kemarin jadi gambaran, sempat terjadi kepadatan di pintu masuk. Namun dapat kami atasi, atas kejadian tersebut kami sudah memberikan masukan kepada pihak pengelola," tuturnya.

Berikut rekayasa lalu lintas saat pelaksanaan kampanye pasangan calon nomor 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin:

1. Fly Over Sekat II dan Radiologi

- Kendaraan dari arah Semanggi diarahkan lurus ke arah Slipi

- Kendaraan dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju jalan layang ke arah Jalan Gerbang Pemuda.

2. Pintu FX Sudirman/Jalan Pintu I Senayan.

- Kendaraan dari arah Bundaran Senayan diarahkan lurus ke arah Semanggi.

3. Jalan Hang Lekir 2

- Arus lalu lintas dari Jalan Pakubuwono VI yang menuju ke arah kampus Mustopo diarahkan ke TL Pakubuwono.

4. Jalan Hang Lekir 1

- Arus lalu lintas dari Jalan Mustopo yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika dibelokan ke kanan menuju Jalan Hang Tuah Raya.

5. Perempatan Patal Senayan

- Kendaraan dari arah Jalan Patal Senayan 1 yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika dibelokan ke kiri Jalan Tentara Pelajar.

6. Pertigaan Tentara Pelajar

- Kendaraan dari Jalan Tentara Pelajar yang menuju ke Jalan Patal Senayan diluruskan ke arah Jalan Permata Hijau.

7. Traffic Light Palmerah

- Kendaraan dari arah Manggala Wanabakti diluruskan ke arah Jalan Tentara Pelajar.

Ditlantas juga menyiapkan kantong-kantong parkir bagi kendaraan bukan milik pribadi alias bus baik di dalam maupun di luar Senayan. Berikut lokasi parkir yang disediakan dalam kegiatan tersebut:

1. Traffic Light Asia Afrika sampai dengan Gelora Bung Karno di sisi kiri

2. Traffic Light Lapangan Tembak sampai dengan Ladokgi

3. Pintu 10 GBK sampai dengan Traffic Light Lapangan Tembak

4. Traffic light Lapangan Tembak sampai dengan Traffic Light Asia Afrika

5. Sekat 2 sampai dengan Manggala Wanabakti

6. Traffic light Slipi sampai dengan Wisma Lumba-Lumba

7. Layang Ladokgi sampai dengan Layang Semanggi

8. Depan Mall Senayan City sampai dengan Traffic Light Asia Afrika

9. Traffic Light Asia Afrika sampai dengan Bundaran Senayan

10. Bundaran Senayan sampai dengan pertigaan FX

11. Pertigaan SCBD sampai dengan Bundaran Senayan

12. Traffic Light Palmerah sampai dengan Layang Permata Hijau

13. Jalan Tentara Pelajar sampai dengan Patal Senayan

14. Parkit LOT 17 SCBD.

Diperkirakan sekitar 300 ribu massa pendukung Pasang Calon (Paslon) nomor urut 1 Jokowi-Amin pada Sabtu 13 April 2019 akan hadir dan memadati kampanye terbuka di SUGBK.

Pada tanggal yang sama, KPU juga merencanakan akan menghelat debat terakhir Pemilihan Presiden 2019. []

Baca juga:

Berita terkait
0
Indahnya Guguran Lava Pijar Merapi di Malam Hari
Penampakan itu terlihat secara kasat mata di sisi tenggara, tempat kawah Merapi menganga. Lava pijar itu mengarah ke Kali Gendol.