UNTUK INDONESIA
Segera Rilis, Seri iPhone 12 Bakal Support 5G?
Menurut orang dalam Apple, hanya seri Iphone 12 Pro Max yang memiliki cukup ruang untuk memuat antena ekstra yang diperlukan untuk mmWave 5G.
Bocoran desain dari iPhone 12 yang di konsepkan oleh Phone Arena. (Foto: YouTube/Phone Arena)

Jakarta - Perangkat personal yang diklaim Apple paling andal di dunia, iPhone bakal merilis model teranyar yaitu iPhone 12 pada akhir tahun 2020. Namun, dari empat model seri iPhone 12, hanya iPhone 12 Pro Max yang akan mendukung konektivitas millimetre waves (mmWave) 5G.

Bocoran teranyar tersebut dilansir Tagar dari GSM Arena, Minggu, 6 September 2020. Menurut orang dalam Apple, hanya seri iPhone 12 Pro Max yang memiliki cukup ruang untuk memuat antena ekstra yang diperlukan untuk menangani frekuensi tinggi, sekitar 26 hingga 28 GHz.

iPhone 12 Pro Max juga memiliki kapasitas baterai yang lebih mumpuni ketimbang seri lainnya. Sehingga, hanya iPhone 12 Pro Max yang diperkirakan mampu mengimbangi koneksi mmWave 5G yang akan memakan daya baterai tersebut.

Gelombang mmWave merupakan spektrum yang mampu mentransmisi data dalam jumlah besar. Gelombang yang dikenal dengan 'Extremely High Frequency' ini berada di band spektrum 30 GHz dan 300 GHZ, yang mampu mengakses streaming video dengan resolusi HD di dalam ruangan.

Pengaplikasian mmWave memang terbilang sulit karena hanya sebagian kecil negara yang memiliki jaringan operasional untuk jaringan ini, seperti Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jepang. Sebagai gantinya seluruh seri iPhone 12 akan menerima dukungan jaringan sub-6 5G.

Laporan sebelumnya mengklaim Apple terlambat dua bulan dari jadwal dengan pengembangan iPhone mmWave-nya. Perusahaan identik dengan 'Steve Jobs' itu diharapkan dapat mengumumkan smartphone baru yang mendukung konektivitas 5G pada bulan Oktober 2020. []

Berita terkait
iPhone 12 Bakal Meluncur Bersama dengan 4 Produk Ini
iPhone 12 akan meluncur bersamaan dengan iPad Air, Apple Watch, headphone, dan HomePod.
iPhone 12 Bakal Dipasarkan Tanpa Charger dan Earpods
Meski dikabarkan hadir tanpa adanya charger dan earpods, namun harga iPhone 12 disebut-sebut lebih mahal dari iPhone 11.
iPhone 12 Meluncur 12 Oktober 2020, Berikut Harganya
Pasca penundaan beberapa kali karena masalah teknis, kali ini ada kabar iPhone 12 akan meluncur pada Oktober 2020.
0
Segera Rilis, Seri iPhone 12 Bakal Support 5G?
Menurut orang dalam Apple, hanya seri Iphone 12 Pro Max yang memiliki cukup ruang untuk memuat antena ekstra yang diperlukan untuk mmWave 5G.