UNTUK INDONESIA
SDN di Dairi, Meubelair Hancur Foto Wapres Masih JK
Kondisi SDN 034797 Parsaoran, Desa Pegagan Julu VII, Kecamatan Sumbul, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, sangat memprihatinkan.
Kondisi meubelair SD Negeri nomor 034797 Parsaoran, Kecamatan Sumbul Kabupaten Dairi, rusak parah, Rabu 19 Agustus 2020 (Foto: Tagar/Robert Panggabean)

Dairi - Kondisi Sekolah Dasar (SD) Negeri Nomor 034797 Parsaoran, Desa Pegagan Julu VII, Kecamatan Sumbul, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, sangat memprihatinkan.

Meubelair meja dan kursi siswa tampak hancur-hancuran. Sebagian kursi maupun meja bahkan tidak lengkap kakinya. Meubelair yang hancur, mengindikasikan tidak adanya perawatan.

Parahnya lagi, di setiap ruang kelas, foto Jusuf Kalla masih terpampang mendampingi foto Presiden Joko Widodo. Bukan dengan Ma’ruf Amin. Tidak jelas apakah tidak ada anggaran untuk mengganti foto itu.

Melihat kondisi sekolah tersebut, Rabu, 19 Agustus 2020, Ketua Indonesian Corruption Watch, Marulak Siahaan menduga penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tidak sesuai kenyataan.

“Kami duga ada laporan penggunaan dana BOS yang tidak sesuai fakta. Masa sekolah begini hancurnya. Kami minta pihak terkait untuk mengaudit penggunaan dana BOS di sekolah ini. Aparat hukum juga harus turun. Tapi jangan seperti kabar di daerah lain, aparat hukum jadi memeras,” kata Marulak.

Ditambahkan Marulak, parahnya kondisi sekolah itu, tidak tertutup kemungkinan karena orang tua siswa maupun komite sekolah tidak mengetahui penggunaan dana BOS di sekolah itu. Penggunaan dana BOS, di luar pantauan komite sekolah dan orang tua siswa.

Saya juga sudah minta, Dinas Pendidikan harus serius memeriksa penggunaan dana BOS di sekolah itu

“Bisa jadi karena komite sekolah maupun para orang tua siswa tidak mengatahui adanya Peraturan Menteri Pendidikan tentang petunjuk teknis BOS yang mengatur bahwa mereka mempunyai hak untuk mengetahui realisasi penggunaan dana BOS. Pihak sekolah menutup informasi, orang tua siswa tdiak tahu haknya,” katanya.

Foto JK di SDN DairiFoto Presiden Joko Widodo masih tampak didampingi foto Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden. Bukan Ma’ruf Amin, Rabu, 19 Agustus 2020 (Foto: Tagar/Robert Panggabean

Kepala SD Negeri 034797 Parsaoran, Umar Munthe, coba dikonfirmasi di sekolah tidak berhasil. Seorang honorer di sekolah itu, tidak bersedia disebut namanya, mengatakan kepala sekolah dimaksud sedang ke kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi Jonny Waslin Purba dikonfirmasi wartawan lewat telepon mengatakan, telah meninjau langsung sekolah itu pada Rabu, 12 Agustus 2020 lalu. Ia mengaku prihatin melihat kondisi sekolah tersebut.

Saat kunjungan, dikatakan Jonny, ia tidak bertemu kepala sekolah. Hanya bertemu guru dan operator sekolah. Jonny membenarkan melihat foto Presiden Joko Widodo masih berpasangan dengan Jusuf Kalla.

Jonny menyebut pihaknya akan memanggil Kepala SD Negeri 034797 Parsaoran, termasuk untuk mengklarifikasi penggunaan dana BOS. “Nanti akan diklarifikasi,” katanya. Ditambahkan, kepala sekolah dimaksud akan memasuki masa pensiun.

Anggota DPRD Dairi Jonnes Gurning, Rabu, 19 Agustus 2020 malam mengatakan, ia juga turut serta saat kunjungan Kepala Dinas Pendidikan ke sekolah itu.

Jonnes juga mengaku miris melihat kondisi sekolah itu. “Saya juga sudah minta, Dinas Pendidikan harus serius memeriksa penggunaan dana BOS di sekolah itu,” kata politikus Golkar tersebut.[]

Berita terkait
Kepala Dinas Sosial Dairi Terpapar Virus Corona
Kepala Dinas (Kadis) Sosial Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, inisial PS, dikabarkan positif terpapar virus corona.
HUT RI di Dairi, Ibu Gendong Anak Hormat Bendera
Perayaan HUT Kemerdekaan ke-75 RI di Kabupaten Dairi, Sumut, berbeda dari biasanya. Warga menghormati bendera di kediaman masing-masing.
Salah, Bupati Dairi Minta Bantuan Covid ke Swasta
Anggota DPR RI Junimart Girsang menyebut dirinya memperoleh banyak informasi tidak beresnya proses pembagian bantuan covid di Kabupaten Dairi.
0
Demo Tolak UU Omnibus Law di Makassar, Mobil NasDem Dibakar
Unjuk rasa mahasiswa UNM Makassar menolak UU omnibus law berlangsung ricuh di Kota Makassar, mobil ambulance milik Partai NasDem dibakar.