Sandiaga Uno Dorong Mahasiswa Rintis Jalan Pengusaha

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong mahasiswa di enam PTNP agar merintis jalan menjadi pengusaha di tengah pandemi.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. (Foto: Tagar/Dok Kemenparekraf)

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong mahasiswa di enam Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) agar merintis jalan menjadi pengusaha sehingga mampu menciptakan lapangan kerja di bidang pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Enam PTNP tersebut di antaranya Politeknik Pariwisata Lombok, Politeknik Pariwisata Medan, Politeknik Pariwisata Palembang, Politeknik Pariwisata Makassar, Politeknik Pariwisata Bali, dan Sekolah Tinggi Pariwisata (National Hotel Institute) NHI Bandung.

“Di tengah pandemi dan sulitnya ekonomi, mahasiswa PTNP harus andal dalam bidang enterpreneur, bukan hanya mencari lapangan kerja setelah lulus, tapi juga menciptakan lapangan kerja,” ucap Sandiaga dalamketerangan pers, Senin, 23 Agustus 2021. 


Saya sendiri mendirikan usaha pada saat krisis di tahun 97 dimana saya di-PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dan memutuskan untuk membuka usaha bersama teman saya.


Sandiaga mengatakan diperlukan kemampuan untuk menyiapkan modal finansial dan modal intelektual, terutama literasi digital, modal sosial, dan modal jaringan (networking) yang dianggap sangat penting dalam mengembangkan usaha.

“Saya sendiri mendirikan usaha pada saat krisis di tahun 97, dimana saya di-PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dan memutuskan untuk membuka usaha bersama teman saya. Alhamdulillah sampai saat ini sudah membuka lebih dari 30 ribu lapangan pekerjaan,” ujar Sandiaga.

Menurutnya, enterpreneur bukanlah sebuah profesi, melainkan sebuah pola pikir yang terdiri dari kerja keras, sikap hidup optimis, inovatif, kreatif, dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan.

Selain itu ia juga berpesan kepada mahasiswa PTNP selaku generasi milenial dan generasi Z guna membantu pihaknya dalam melakukan promosi pariwisata dengan menjadi duta pariwisata di masing-masing daerah melalui platform media sosial. 

Ia juga mendukung pariwisata berkelanjutan dengan membantu masyarakat di sekitar destinasi pariwisata untuk menjaga kelestarian alam dan kearifan budaya lokal. []

Berita terkait
Sandiaga Uno Tinjau Layanan Vaksinasi di Bandara Soetta
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno meninjau sentra vaksinasi di Terminal 3 (T3) Bandara Soekarno Hatta (Soetta) dalam rangka pemulihan ekonomi.
Sandiaga Uno: Jadi ASN Harus Gercep, Geber, dan Gaspol
Sandiaga Salahuddin Uno menekankan, tugas Aparatur Sipil Negara (ASN) yang harus dapat memberi layanan prima bagi masyarakat.
Sandiaga Uno Dukung Peluncuran Buku The 10 New Bali
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dukung peluncuran buku The 10 New Bali’.
0
Sandiaga Uno Dorong Mahasiswa Rintis Jalan Pengusaha
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong mahasiswa di enam PTNP agar merintis jalan menjadi pengusaha di tengah pandemi.