Sandiaga Uno dengan Konsep Pariwisata Berbasis Budaya

Sandiaga Uno menegaskan konsep pariwisata berbasis budaya di Tanah Air akan berkembang secara masif.
Sandiaga Uno. (Foto: Tagar/IG Sandiaga Uno)

Jakarta - Calon Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memiliki konsep dalam menjalankan dan mengembangkan pariwisata. Dia berpandangan, pariwisata berbasis budaya di Tanah Air akan berkembang secara masif.

"Ke depan, pariwisata berbasis budaya ini akan berkembang secara cepat dan masif. Saya baru saja berdiskusi dengan para antropolog. Di Indonesia masih banyak spot-spot wisata yang belum terkelola dan belum dimanfaatkan potensinya untuk membuka lapangan kerja, dan meningkatkan penghasilan masyarakat sekitarnya," kata Sandiaga, dikutip dari laman media sosial Instagram miliknya, yang diunggah 11 Desember 2020.

Dalam seri diskusi virtual itu, Sandiaga menegaskan bahwa apa yang dilakukan pemerintah sejauh ini dengan mendorong 10 ‘Bali Baru’ itu sangat baik. Tapi menurut dia, pasca Covid-19, tidak lagi bisa mengandalkan hanya pada 10 Bali Baru ini saja, melainkan destinasi lainnya yang berbasis kebudayaan.

"Tidak lagi bisa mengandalkan hanya pada 10 Bali Baru ini saja, tetapi harus 100 destinasi dengan basis kebudayaan," terangnya.

Kita bisa memiliki masa depan yang sangat seru di industri pariwisata jika kita fokus pada jenis pariwisata berbasis budaya

Dikatakan, bahwa ini harus terbangun menjadi sebuah industri. Bukan industri yang konotasinya manufaktur. Tapi industri yang bisa membuka lapangan kerja dan menggerakkan ekonomi.

"Karena di sini di sisi budaya, di sisi seni. Tidak ada robotics. Tidak ada artificial intelligence atau machine learning yang dapat bersaing dengan kekuatan kita dalam ekonomi berbasis budaya ini," tukas Sandiaga.

Baca juga: 

"Jadi saya sangat optimis dan saya pikir kita bisa memiliki masa depan yang sangat seru di industri pariwisata jika kita fokus pada jenis pariwisata berbasis budaya ini," sambungnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin resmi memperkenalkan enam menteri baru yang akan menjadi anggota Kabinet Indonesia Maju 2020-2024.

Salah satunya adalah Sandiaga Uno, eks rival Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019 lalu. Sandiaga berpasangan dengan Capres Prabowo Subianto, yang lebih dulu masuk kabinet sebagai Menteri Pertahanan.

Dilihat dari kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa, 22 Desember 2020, Presiden Jokowi memanggil Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang akan bertugas menggantikan Juliari Batubara sebagai Menteri Sosial RI.

Kemudian, presiden memanggil Sandiaga Uno yang dipercayakan memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Sandiaga menggantikan Wishnutama Kusubandio.

"Beliau adalah dulu Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ketua Hipmi dan saat ini beliau akan kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," kata Jokowi.

Bersama lima menteri baru yang diumumkan Jokowi, Sandiaga Uno akan dilantik pada Rabu, 23 Desember 2020. []

Berita terkait
Wishnutama Diminta Berpikir Cara Mengangkat Pariwisata Lokal
Ferdinand Hutahaean menginginkan agar Menparekraf Wishnutama Kusubandio memikirkan solusi agar pariwisata lokal Indonesia bisa digerakkan.
Jelang Tahun Baru, Pelaku Usaha Pariwisata Padang Bakal Swab
Pemerintah Kota Padang berencana melakukan tes swab kepada pelaku usaha di sektor pariwisata.
Pariwisata Tenggelam, Wishnutama Dicap Makan Gaji Buta
Pandemi berdampak terhadap semua sektor salah satunya pariwisata, namun tak terlihat upaya Menteri Wishnutama Kusubandio untuk membenahi keadaan.
0
Kemendikbud: Pancasila Matpel Wajib SD - Perguruan Tinggi
Kemendikbudristek mengatakan Pancasila akan menjadi mata pelajaran wajib dari SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi dengan penerapan yang mudah.