Sandiaga Sediakan Internet Gratis Satu Tahun di Desa Ampar

Menparekraf Sandiaga Uno menyediakan akses internet gratis selama satu tahun di Desa Apar Sumatera Barat untuk mendukung ekonomi digital.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. (Foto: Tagar/Dok Kemenparekraf)

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyediakan akses internet gratis selama satu tahun di Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, Sumatera Barat. 

Bantuan pemerintah itu untuk mendukung ekonomi digital di desa wisata yang masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2021).

Dalam kesempatan itu, ia mengatakan digitalisasi merupakan salah satu upaya meningkatkan kapasitas desa wisata, sehingga mampu bersaing dan berkelanjutan. 

"Sebab itu, perlu jaringan akses internet atau infrastruktur untuk mengangkat pariwisata Desa Apar ke arah digital," kata Sandiaga Uno saat berkunjung ke Desa Wisata Apar pada Jumat, 27 Agustus 2021.


Kami berkomitmen meningkatkan daya saing pariwisata Kota Pariaman sebagai upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat seraya tetap taat protokol kesehatan.


Tak hanya koneksi internat, Sandiaga Uno juga mengingatkan pentingnya pengelola desa wisata meningkatkan kemampuan dalam pemasaran, membuat konten menarik, pengemasan produk, dan layanan virtual kepada wisatawan daring. 

Ia juga memberikan contoh, harus adalah produk kreatif, produk ramah lingkungan, foto dan video menarik, serta sinergi dari berbagai hal untuk bangkit di masa pandemi ini.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif fokus pada pengembangan desa wisata karena setelah pandemi Covid-19 tertangani, maka wisatawan akan menyasar desa wisata untuk liburan. Selain Desa Wisata Apar, bantuan internet gratis ini juga tersedia di Talao Pauh, sekitar area parkir Muaro Pantai Gandoriah, dan kawasan pentas utama Pantai Gandoriah.

Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat, Genius Umar mengatakan kedatangan Sandiaga Uno turut mempromosikan daerah itu kepada masyarakat luas. 

"Kami berkomitmen meningkatkan daya saing pariwisata Kota Pariaman sebagai upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat seraya tetap taat protokol kesehatan," ucapnya. []

Berita terkait
Sandiaga: Pariwisata di Kawasan PPKM Level 3-4 Masih Ditutup
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan kepada para pelaku usaha parekraf untuk menahan diri sebab pariwisata di wilayah PPKM Level 3-4 masih ditutup.
Sandiaga: Pandemi Memaksa Masyarakat Tingkatkan Keterampilan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan pandemi memaksa masyarakat untuk meningkatkan ataupun memperbarui keterampilan.
Sandiaga Uno Dorong Mahasiswa Rintis Jalan Pengusaha
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong mahasiswa di enam PTNP agar merintis jalan menjadi pengusaha di tengah pandemi.
0
Sandiaga Sediakan Internet Gratis Satu Tahun di Desa Ampar
Menparekraf Sandiaga Uno menyediakan akses internet gratis selama satu tahun di Desa Apar Sumatera Barat untuk mendukung ekonomi digital.