UNTUK INDONESIA
Salat Idul Adha Terbesar di Amerika, di Mana?
Ribuan umat Islam untuk pertama kalinya bisa melaksanakan ibadah solat Idul Adha terbesar di Amerika Serikat.
Stadium MetLife, New Jersey, AS yang menjadi tempat penyelenggaraan ibadah solat Idul Adha (Foto: NorthJersey)

Jakarta - Ribuan umat Islam untuk pertama kalinya bisa melaksanakan salat Idul Adha bersama di Amerika Serikat (AS). Sedikitnya 100 ribu jamaah memadati Stadion MetLife yang berada di New Jersey, New York.

Antusiasme warga yang besar membuat salat Idul Adha diadakan hingga dua sesi. Pihak penyelenggara Dean Makkaoui menjelaskan bahwa salat di Stadion MetLife tak dipungut biaya sepeser pun. Bagi warga Muslim AS, khususnya wilayah New Jersey, tidak perlu mendaftar terlebih dahulu.

Antusiasme juga terlihat dari terus berdatangannya warga muslim AS yang ingin salat Idul Adha berjamaah. Makkaoui mengakui, dalam pelaksanaannya jamaah tak surut datang ke Stadion MetLife. Sebagian datang terlambat disebabkan kondisi jalan yang macet.

"Banyak orang terus berdatangan. Ada lebih banyak orang di luar. Beberapa orang bahkan terjebak di jalan raya disebabkan macetnya lalu lintas," ucap Makkaoui di sela rangkaian salat Idul Adha di Stadion MetLife, dilansir dari NorthJersey.com. 

Idul Adha Amerika SerikatSuasana pelaksanaan ibadah solat Idul Adha di Stadium MetLife, New Jersey, AS (Foto: NorthJersey)

Salat Idul Adha berjamaah ini merupakan hasil kerjasama dengan berbagai masjid di kawasan Passaic, New Jersey. Tercatat, lebih dari 20 masjid lokal ikut terlibat, salah satunya Islamic Center of Passaic County yang merupakan masjid terbesar di Passaic.

Agar masyarakat mengetahui acara ini, pihak penyelenggara bahkan telah menyebarkan undangan beberapa hari sebelumnya. Undangan tersebut diantaranya berisi kalimat You and Your Family Are Cordially Invited For Eid Ul Adha Prayer. Waktu, lokasi, serta masjid yang bekerjasama juga tertera di dalamnya.

Tak hanya mengadakan salat Idul Adha berjamaah, penyelenggara juga menyediakan beberapa hiburan lain selepas ibadah, seperti kegiatan melukis wajah, permainan berbentuk video games, dan kuliner. Gubernur New Jersey Phil Murphy dikabarkan juga ikut memeriahkan acara ini.

Selama penyelenggarannya pada Minggu, 11 Agustus 2019 waktu setempat, salat Idul Adha diikuti acara hiburan ini berlangsung damai dan tertib. Demi menjaga kelancaran acara, petugas keamanan dan polisi bersenjata sepanjang acara disiagakan di seluruh kerumunan di dalam gerbang dan di lapangan Stadion MetLife. 

Baca juga: 

Berita terkait
0
Dinkes Padang Buka Layanan Darurat 24 Jam
Dinas Kesehatan Kota Padang, Sumatera Barat, bakal membuka layanan hotline 24 jam.