UNTUK INDONESIA
Salah Diving, Liverpool ke Puncak Usai Pukul West Ham
Liverpool merebut posisi puncak klasemen usai memukul West Ham United. Namun pemain Liverpool Mohamed Salah dituding diving demi dapat penalti.
Pemain anyar Liverpool Diogo Jota merayakan gol yang menentukan kemenangan 2-1 atas West Ham United di pertandingan Liga Premier Inggris di Stadion Anfield, Minggu, 1 November 2020 dini hari WIB. (Foto: Tagar/standard.co.uk)

Jakarta - Liverpool merebut posisi puncak dari Everton usai memukul West Ham United 2-1 di pertandingan Liga Premier Inggris di Stadion Anfield, Minggu, 1 November 2020 dini hari WIB. Hanya, pemain depan Liverpool Mohamed Salah dikecam karena dianggap melakukan diving demi mendapatkan penalti. 

Liverpool dipaksa bekerja keras sebelum menaklukkan West Ham. Bahkan tuan rumah tertinggal lebih dulu saat laga baru berjalan 10 menit. 

Namun Liverpool akhirnya mampu membalikkan keadaan lewat bantuan diving Salah. Juara bertahan menyamakan skor dan kemudian Diogo Jota tampil sebagai penyelamat. Dia mencetak gol penentu kemenangan saat laga tersisa 5 menit. 

Kami kecewa. Saya tidak ingin mengatakan kalau kami tak beruntung. Gol mereka dianulir dan setelah tertinggal 1-0, mereka mendapat hadiah penalti

Keberhasilan meraih 3 poin menjadikan Liverpool mampu mengudeta rival satu kota, Everton, dari tahta klasemen. Kini, The Reds mengantongi poin 16. Unggul 3 poin dari Everton. 

Everton bakal merebut kembali posisi puncak bila mengalahkan Newcastle United di Stadion St James' Park, Minggu malam ini. Ke-2 tim bakal memiliki poin sama, namun Everton unggul selisih gol. 

Sebaliknya West Ham tertahan di papan tengah. Mereka menduduki peringkat 13 dengan poin 8. 

Hasil mengecewakan ini memang membuat manajer The Hammers David Moyes meradang. Dia menuding Salah melakukan diving saat dijatuhkan gelandang Arthur Masuaku. 

"Saya heran mengapa kejadian itu bisa berbuahkan penalti. Saya sungguh kecewa karena kejadian seperti ini masih saja diterima dan mendapatkan penalti. Menurut saya itu sama sekali tidak penalti," ucap Moyes seperti dikutip The Sun

"Kami kecewa. Saya tidak ingin mengatakan kalau kami tak beruntung. Gol mereka dianulir dan setelah tertinggal 1-0, mereka mendapat hadiah penalti," ujar eks manajerr Manchester United ini.

Liverpool Dapat Perlawanan dari West Ham

Di laga itu, West Ham memang memberi perlawanan terhadap The Pool. Meski tuan rumah mendominasi, namun permainan efektif klub London itu menyulitkan pasukan Juergen Klopp. 

Bahkan Liverpool tertinggal lebih dulu saat pemain West Ham Pablo Fornals memanfaatkan kesalahan bek Joe Gomez di menit 10. Sapuannya justru mengakibatkan bola jatuh di kaki Fornals yang kemudian menaklukkan kiper Alisson Becker. 

Penalti Mohamed SalahPemain depan Liverpool Mohamed Salah mengeksekusi penalti di pertandingan melawan West Ham United di Liga Premier Inggris di Stadion Anfield, Minggu, 1 November 2020 dini hari WIB. Liverpool menang 2-1 di laga itu. (Foto: Tagar/standard.co.uk)

Tertinggal 1-0 membuat Liverpool meningkatkan intensitas serangan. Usaha mereka baru membuahkan hasil saat mendapat hadiah penalti menyusul dijatuhkannya Salah oleh Masuaku. 

Wasit Kevin Friend langsung menunjuk titik putih. Salah sendiri yang kemudian mengeksekusi penalti untuk menyamakan skor di menit 42. Skor 1-1 bertahan sampai akhir babak pertama. 

Di babak ke-2, Liverpool makin agresif menyerang pertahanan West Ham. Meski hasil imbang sudah cukup bagi tuan rumah untuk merebut posisi puncak, namun mereka berharap meraih kemenangan. 

Masuknya Jota yang menggantikan Roberto Firmino mampu menghidupkan serangan Liverpool. Bahkan pemain timnas Portugal ini sudah membobol gawang West Ham di menit 77. Hanya, golnya dianulir karena rekannya Sadio Mane melakukan pelanggaran.  

Namun Jota akhirnya mampu menuntaskan peluang dan mencetak gol di pertandingan ke-3 bersama Liverpool. Gol yang tercipta di menit 85 ini menjadi Jota menyamai rekor Luis Garcia, pemain asal Spanyol yang selalu mencetak gol ada 3 laga pertamanya. 

Skor berubah menjadi 2-1 untuk Liverpool. Tidak ada gol yang tercipta sehingga The Kop menutup laga dengan kemenangan dan mereka sukses menggeser Everton. []

Berita terkait
Jadwal dan Klasemen Liga Inggris: Peluang bagi Liverpool
Liverpool bakal menggusur Everton, sekaligus merebut posisi puncak bila mengalahkan Wst Ham United. Sdangkan Manchester City bidik Sheff United.
Harga Mahal Liverpool untuk Gol ke-10.000 di Liga Champions
Liverpool membayar mahal untuk kemenangan atas Midtjylland di Liga Champions. Fabinho cedera di laga itu. Namun tim cetak gol ke-10.000.
Hasil Merseyside Derby, Liverpool Gagal Taklukkan Everton
Liverpool gagal menaklukkan rival satu kota, Everton, di pertandingan Liga Premier Inggris. Dalam duel Merseyside Derby, ke-2 tim bermain imbang.
0
Salah Diving, Liverpool ke Puncak Usai Pukul West Ham
Liverpool merebut posisi puncak klasemen usai memukul West Ham United. Namun pemain Liverpool Mohamed Salah dituding diving demi dapat penalti.