Saingi Versi Live Action, Film Animasi Kung Fu Mulan Dirilis

Perusahaan film asal Cina, Gold Valley, merilis film animasi Kung Fu Mulan demi menyaingi Mulan versi live action.
Poster film Kung Fu Mulan. (Foto: Gold Valley)

Jakarta - Perusahaan film asal Cina, Gold Valley, dikabarkan telah menjadwalkan perilisan film Mulan dalam versi animasi berjudul Kung Fu Mulan pada masa liburan Hari Nasional mulai 3 Oktober 2020 di bioskop-bioskop di kawasan Tiongkok.

Laman Variety melaporkan, perilisan versi animasi dilakukan menyusul ketidakpuasan penonton di Cina yang menonton film Mulan versi live action yang baru-baru ini dibuat oleh Disney dan dibintangi oleh Liu Yifei dan Jet Li.

Hal itu disampaikan oleh Karen Luo, seoranhg produser eksekutif yang menjabat kepala operasi internasional di Gold Valley. Menurutnya, penonton merasa kecewa dengan tampilan dan cerita mengenai Mulan dalam film sebelumnya.

"Ketika animasi Disney Mulan keluar pada tahun 1998 dan penonton global menganggapnya sebagai cerita yang hebat, orang-orang Cina sangat terkejut. Tetapi banyak dari kita juga merasa bahwa karakter yang Anda lihat dalam cerita itu lebih merupakan seorang gadis Amerika daripada seorang gadis Cina," kata Karen, dikutip Tagar pada Senin, 5 Oktober 2020.

"Kami ingin membuat cerita yang lebih sesuai dengan selera estetika Cina dan bentuk ekspresi. Meskipun anggaran kami jauh dari rata-rata (film) Mulan baru yang dirilis Disney, kami memiliki keyakinan yang besar," ucapnya.

MulanAksi Liu Yifei dalam film Mulan. (Foto: Disney)

Dana anggaran produksi film Mulan versi live action diketahui mencapai nominal sekitar US$ 200 juta. Angka itu menjadikan karya produksi Disney itu sebagai film termahal yang pernah disutradarai oleh seorang wanita.

Di sisi lain, Gold Valley membuat Kung Fu Mulan hanya dengan dana sekitar US$ 15 juta juta saja.

Namun begitu, studio Gold Valley mengklaim telah ada sebanyak 180 ribu orang telah tertarik untuk menonton film animasi bikinannya tersebut di aplikasi tiket Maoyan, metrik utama yang digunakan oleh bioskop dan distributor untuk mengukur minat penonton.

Sementara film Mulan versi live action meraup 216 ribu klik atau minat. Biasanya, penghitungan di atas 100 ribu menandai bahwa sebuah film memiliki potensi komersial.

Setelah dirilis, film Kung Fu Mulan bakal bersaing dengan sesama animasi Cina lainnya termasuk film berjudul Jiang Ziya: Legend of Deification, My People, My Homeland dan drama olahraga bertajuk Leap. []

Berita terkait
Film Spider-Man 3 Versi MCU, Hadirkan Tiga Manusia Laba-laba
Rumor mengenai kemungkinan munculnya tiga manusia laba-laba di film Spider-Man 3 versi Marvel Cinematic Universe (MCU) bergulir di kalangan fans.
Jamie Foxx Perankan Electro di Film Spider-Man 3 Versi MCU
Jamie Foxx yang berperan sebagai Electro di film Manusia Laba-laba versi Andrew Garfield, akan kembali hadir di Spider-Man 3 versi Tom Holland.
Benedict Cumberbatch Beri Bocoran Info Film Doctor Strange 2
Benedict Cumberbatch, aktor pemeran Dr Stephen Strange memberikan sedikit bocoran mengenai waktu produksi film Doctor Strange 2.
0
Eksperimen di Jerman Terima Uang Tanpa Harus Bekerja
Dapat gaji bulanan tanpa harus bekerja, sebuah eksperimen Jerman ingin dobrak anggapan yang salah kaprah