Rutin Lihat Orang Salat dan Ngaji, Tahanan di Makassar Mualaf

Karena rutin melihat orang ngaji dan salat, tahanan kasus Narkoba di Makassar mantapkan diri masuk Islam
Tahanan Narkoba, Abeth saat dituntun masuk Islam di masjid Nur Ikhsan Polrestabes Makassar. (Foto: Tagar/Polrestabes Makassar)

Makassar - Seorang tahanan kasus narkoba, Abeth Duma, 33 tahun, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, masuk agama Islam. Abeth masuk Islam karena kerap mendengar tahanan mengaji dan salat lima waktu di rumah tahanan, Satuan Narkoba Polrestabes Makassar.

Abeth Duma ini memeluk agama Islam dan mengucapkan dua kalimat syahadat, dengan dituntun langsung, IPDA Sahuddin Rahman, selaku imam di masjid Nur Ikhsan Polrestabes Makassar, Jumat 13 November 2020, siang tadi.

Benar, salah satu tahanan kami itu masuk Islam atau mualaf. Dia mengucapkan dua kalimat syahadat di Masjid Polrestabes Makassar.

Sebelum memeluk agama Islam, imam masjid Nur Ikhsan, Ipda Sahuddin terlebih dahulu memberikan penjelasan terkait agama Islam. Selain itu, Ipda Sahuddin juga mempertanyakan kepada Abeth Duma, jika masuk Islam tidak ada paksaan, tapi ketika masuk Islam baru dipaksa untuk beribadah.

Setelah menerima wejangan dari Ipda Sahuddin dan menyakinkan Abeth betul-betul ingin masuk Islam, Abeth yang mengenakan baju muslim dan peci warna putih, langsung dituntun mengucapkan dua kalimat syahadat.

"Sebelum mengucapkan dua kalimat syahadat, saya meminta kepada saudara (Abet) untuk menenangkan hatinya. Dan fokus kepada kebesaran Allah SWT dan bertekad untuk meninggalkan ajaran agama terdahulunya," kata Ipda Sahuddin kepada Abet.

Kemudian, Abeth pun mengikuti kata-kata yang disampaikan Ipda Sahuddin, yakni "Bismillahirrahmanirrahim, Asyhadu an laa ilaaha illallaahu, wa asyhaduanna muhammadar rasuulullah. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah," Ucap Abeth.

Setelah membaca dua kalimat syahadat, Abeth pun resmi masuk Islam dengan disaksikan langsung oleh Wakasat Narkoba Polrestabes Makassar, Kompol Indra Waspada Yuda dan beberapa personel lainnya. Karena telah resmi masuk Islam, Abeth juga resmi berubah nama yakni, Nur Ikhsan.

Wakasat Narkoba Polrestabes Makassar, Kompol Indra Waspada Yuda mengatakan, Abet Duma merupakan tahanan narkotika, yang sebelumnya beragama Nasrani.

Abet meminta Polrestabes Makassar, agar dapat dibantu untuk memeluk atau masuk agama Islam. Sehingga, Satuan Narkoba memfasilitasi Abeth untuk mengucapkan dua kalimat syahadat di Masjid Nur Ikhsan.

"Benar, salah satu tahanan kami itu masuk Islam atau mualaf. Dia mengucapkan dua kalimat syahadat di Masjid Polrestabes Makassar," kata Indra kepada Tagar, Jumat 13 Oktober 2020.

Berdasarkan pengakuan Abeth, kata Indra, bahwa dia masuk Islam karena seringkali mendengar tahanan mengaji dan melihat salat berjemaah di dalam rumah tahanan.

Ketika tahanan salat dan mengaji, Abet mengaku merasa tenang dan bahkan menyesali segala perbuatannya selama ini.

Abet ini sering melihat salat dan mengaji. Karena tenang dan mengaku mendapatkan hidayah, sehingga ingin masuk Islam.

Dalam memantapkan hatinya untuk masuk Islam, lanjut Indra, bukanlah hal mudah. Abet ini telah memikirkan secara matang-matang. Diakuinya, jika memeluk Islam, dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meninggalkan segala perbuatan yang dilarang.

"Satuan Narkoba Polrestabes Makassar, memang mewajibkan tahanan untuk rutin baca Alquran dan salat berjemaah. Jadi, Abet ini sering melihat salat dan mengaji. Karena tenang dan mengaku mendapatkan hidayah, sehingga ingin masuk Islam," tambahnya.

Dikatakannya, setelah resmi masuk Islam, Abeth juga resmi berganti nama yakni, Nur Ikhsan. Nama tersebut diambil sesuai dengan nama dari, masjid di Polrestabes Makassar.

Sebelumnya, Abeth atau Nur Ikhsan ditangkap oleh anggota Satuan Narkoba Polrestabes Makassar, saat tengah berpesta narkoba di salah satu rumah kos di Jalan Sungai Limboto, Kota Makassar pada Selasa 6 Oktober 2020, lalu. Dalam penangkapan itu, polisi juga menyita tiga sachet sabu dan sendok sabu. []

Berita terkait
DJ Katty Butterfly Mualaf, Dibimbing Gus Mitfah Ucap Syahadat
Didampingi Gus Mitfah mengucap syahadat, DJ Katty Butterfly, memutuskan untuk berpindah agama dan memeluk Islam.
Ngaji Bareng, Celine Evangelista dan Stefan William Diisukan Mualaf
Pasangan selebriti Celine Evangelista dan Stefan William digosipkan telah menjadi mualaf lantaran terlibat dalam sebuah acara pengajian.
Mualaf Ditemani Sule, Nathalie Holscher Dihujat Warganet
DJ Nathalie Holscher dihujat warganet setelah memutuskan untuk mualaf dengan melibatkan komedian Sule sebagai saksi.
0
Puan Maharani: Indonesia Terus Ada Selama Pancasila Ada di Hati Kita
Ketua DPR RI Puan Maharani, mengajak seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.