UNTUK INDONESIA
Rusuh Lapas Kabanjahe Karo, 1 Warga Binaan Dirawat
Ratusan warga binaan dari Lapas Kabanjahe, Karo, dievakuasi pasca rusuh berujung pembakaran.
Situasi di Lapas Kabanjahe, Tanah Karo, Sumatera Utara, Rabu 12 Februari 2020. (Foto: Tagar/Istimewa)

Medan - Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) merespons kerusuhan berujung pembakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Kabanjahe, di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, Rabu, 12 Februari 2020.

Seluruh warga binaan di lapas dievakuasi petugas kepolisian, TNI, dan lapas. Polres Tanah Karo mengerahkan 350 orang, TNI 130 orang, Kodim /0205 Tanah Karo 100 orang, Brimob 1 Kompi, dan Satuan Sabhara 1 Kompi.

Dari 410 warga binaan berbagai kasus, 380 pria, dan 30 wanita. Satu orang di antaranya dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Kabanjahe karena sakit. Lainnya dititip di sejumlah rutan yang ada di Sumatera Utara.

Mereka sudah dipindahkan ke berbagai tempat yang lebih aman

Di Rumah Tahanan (Rutan) Tanjung Gusta sebanyak 20 orang, Sidikalang 34 orang, Lapas Langkat 76 orang, dan Lapas Binjai 61 orang, dan 218 orang dititipkan di rumah tahanan Polsek sejajaran Polres Tanah Karo.

Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan melalui telepon selulernya menyebutkan, evakuasi dan pergeseran warga binaan dilakukan untuk mengamankan lokasi dan antisipasi adanya kerusuhan susulan.

"Semua pergeseran warga binaan diamankan personel lapas dan kepolisian. Mereka sudah dipindahkan ke berbagai tempat yang lebih aman. Saat ini di Lapas Kelas II Kabanjahe sedang dilaksanakan pembersihan. Tidak ada warga binaan yang melarikan diri, kita kawal semuanya," kata Nainggolan.

Insiden pembakaran terjadi karena warga binaan tertangkap menyimpan telepon seluler saat petugas lapas melakukan razia. Telepon seluler diamankan, warga binaan tidak berterima sehingga melakukan aksi pembakaran.[]

Berita terkait
Lapas Kabanjahe di Tanah Karo Dibakar Warga Binaan
Situasi sekarang sudah aman dan terkendali, warga binaan telah dievakuas
Aksi TNI AD Menghijaukan Gunung Sibayak Karo
TNI AD menggelar kegiatan penghijauan di seputaran Gunung Sibayak, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.
Para Terduga Teroris Sumut Berlatih di Tanah Karo
24 terduga teroris ditangkap Densus 88 Mabes Polri di Sumatera Utara. Sebelum beraksi, mereka melakukan latihan di Tanah Karo.
0
Penyebab Kematian Anak Gajah Sumatera di Aceh
Kematian seekor anak gajah Sumatera di Desa Kampung Baroh Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya diduga karena keracunan.