UNTUK INDONESIA
Rumput Laut Bisa Mengatasi Permasalahan Kulit
Kandungaan rumput laut seperti mineral, asam amino, dan vitamin mampu menutrisi tubuh dan kulit.
Rumput Laut Mampu Mengatasi Permasalahan Kulit (Foto: healthyeating.sfgate.com)

Jakarta - Rumput laut dipercaya bisa untuk mengatasi permasalahan kulit seseorang. Kandungannya seperti mineral, asam amino, dan vitamin yang ada dalam tanaman ini mampu menutrisi tubuh dan kulit.

Dikutip dari Antara, Selasa, 11 Februari 2020, ahli kecantikan dan kesehatan kulit dari New York, Amerika Serikat (AS), Lyfia Sarfati dan ahli dermatologi dan bedah kosmetik dari New York, AS, Brendan Camp, menyatakan rumput laut merupakan sumber alami terbesar untuk perawatan kulit karena kandungannya yang lengkap.

Dalam kurun waktu 40 tahun Sarfati melakukan penelitian mengenai manfaat ekstrak rumput laut untuk perawatan kulit dan kecantikan. Melalui pengkajian tersebut, Sarfati berhasil mengidentifikasi 13 jenis rumput laut yang memiliki banyak kegunaan untuk kulit.

Dilaporkan Byrdie, salah satu rumput laut jenis Laminaria Digitata mengandung sumber dari 12 vitamin, 18 asam amino, dan 42 elemen lain yang berfungsi untuk merawat kecantikan kulit. Mulai dari mengatasi kelebihan minyak hingga penuaan dini.

Berikut sejumlah manfaat dari ekstrak rumput laut untuk kecantikan kulit.

1. Mengatur produksi minyak wajah

Rumput laut mengandung berbagai macam protein, mineral, dan vitamin. Kandungan ini dapat membantu kulit dalam mengatur aktivitas kelenjar minyak di wajah.

2. Meredakan jerawat serta ruam

Camp mengatakan rumput laut bisa membantu menenangkan kulit sensitif yang mudah meradang dan menimbulkan jerawat serta ruam. "Rumput laut memiliki fungsi anti peradangan, karena kandungan mineral alami seperti magnesium dan zinc yang diketahui dapat membantu meredakan kemerahan di kulit yang sensitif," kata Camp.

3. Menyamarkan keriput dan garis halus

Jenis rumput laut Laminaria Digitata kaya akan sumber alami antioksidan dan asam amino. Kedua kandungan ini bisa meningkatkan produksi kolagen yang mampu menghilangkan garis halus dan kerutan di wajah, sehingga kulit menjadi lebih kenyal dan tampak muda.

4. Melembabkan kulit

Tidak hanya mengandung asam lemak yang membantu menjaga kondisi permukaan kulit. Tetapi rumput laut juga kaya akan polisakarida, seperti asam alginik yang mampu menjaga kelembaban kulit.

5. Mengangkat sel kulit mati

Sarfati mengatakan jika rumput laut jenis corallina officinalis memiliki manfaat detoksifikasi karena mengandung kalsium karobnat. Kandungan tersebut secara lembut dapat mengangkat sel kulit mati dari atas permukaan kulit. []

Berita terkait
Harta Karun Itu Bernama Rumput Laut, Ada yang Menyebutnya Emas Hijau
Pantai bukan hanya berisi tumpukan pasir, tetapi juga beragam cangkang mahkluk laut, rumput laut, dan benda lainnya yang terhempas dari samudera.
5 Manfaat Masker Spirulina untuk Kecantikan
Masker Spirulina berasal dari rumput laut yang bisa dikonsumsi. Seperti apakah masker tersebut dan apa manfaatnya?
Pisang Kesukaan Vanessa Angel Rawat Kecantikan
Pisang menjadi rahasia Vanessa Angel menjaga kecantikan kulit secara alami.
0
Survey: Warga DKI Khawatir Politik Uang Cawagub
Menurut hasil survei LKSP, sebanyak 68 persen warga DKI trauma adanya politik uang terkait pemilihan perangkat daerah yang ditangani DPRD.