Rossa Belajar Disiplin Bermusik dari Musisi Korea Selatan

Penyanyi Rossa mengatakan bahwa dirinya banyak mendapatkan pelajaran dari musisi Korea Selatan dalam hal etos kerja di bidang musik.
Rossa. (Foto: Tagar/Instagram/Rossa)

Jakarta - Penyanyi Rossa mengatakan bahwa dirinya banyak mendapatkan pelajaran dari musisi Korea Selatan dalam hal etos kerja di bidang musik.

Rossa belakangan ini memang akrab dengan Negeri Gingseng karena keterlibatannya dalam sejumlah proyek musik, seperti merilis lagu “Hati Yang Kau Sakiti” versi Korea, hingga kolaborasi video musik dan lagu dengan SM Entertainment.

Menurut perempuan berdarah Sunda ini, cara kerja orang Korea Selatan berbeda, terutama sikap disiplin yang luar biasa.

Industri musik Korea Selatan bisa berkembang pesat seperti sekarang juga karena adanya sinergi antar banyak pihak seperti musisi, label musik, hingga pemerintah yang mendukung penuh kemajuan industri musiknya.

Hal lain yang bisa dipelajari dari industri musik di Korea, menurut Rossa, masyarakat di sana sangat menghargai karya dalam negerinya sendiri.

“Yang paling hebat itu mereka amat sangat menghargai musik sendiri. Korea merajai industri musiknya sendiri. Di Korea itu kayak misalnya daging asal Korea itu lebih mahal dari import. Itu berarti mereka amat sangat menghargai apa yang mereka miliki. Itu yang bisa kita pelajari,” ungkap Rossa.

Meski demikian, Rossa pun juga meyakini bahwa potensi musisi Indonesia tak kalah jika dibandingkan musisi negara lain. Sebab menurut dia musisi Indonesia memiliki kebebasan dalam mengekspresikan diri melalui karya musiknya.

Bagi mantan istri Yoyok Padi ini, kebebasan tersebut sangat patut untuk disyukuri. Selebihnya hanya perlu mendisiplinkan diri. Hal itulah yang menurutnya bisa dimanfaatkan, di samping juga perlu adanya dukungan dari banyak pihak untuk memajukan industri musik Indonesia.


Baca juga


Berita terkait
Belajar dari Kang Ginda Bestari Soal Konten Musik
Dalam menjadi YouTuber musik, kamu tahu fondasi supaya konsisten dalam berkarya dan dinanti-nanti oleh pemirsa, seperti memilih segmen yang dituju.
6 Rekomendasi Drama Korea yang Seru dan Menghibur
Mengawali bulan Juli 2021, sejumlah drama Korea hadir dengan genre yang lebih menghibur dan penuh warna yang dapat menemani akhir pekan Anda.
0
Rossa Belajar Disiplin Bermusik dari Musisi Korea Selatan
Penyanyi Rossa mengatakan bahwa dirinya banyak mendapatkan pelajaran dari musisi Korea Selatan dalam hal etos kerja di bidang musik.