UNTUK INDONESIA
Ridwan Kamil Minta Pengelola Objek Wisata Waduk Darma Tegas
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta kepada pengelola objek wisata Waduk Darma di Kabupaten Kuningan agar lebih tegas menegur para pengunjung.
Objek wisata Waduk Darma di Kabupaten kuningan, Jawa Barat. (Foto: Tagar/Humas Pemprov Jabar)

Kuningan — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta kepada pengelola objek wisata Waduk Darma di Kabupaten Kuningan agar lebih tegas menegur para pengunjung yang membuang sampah sembarang.

Pemprov Jawa Barat, kini tengah mempersiapkan Waduk Darma sebagai destinasi wisata air internasional. Menurut Ridwan Kamil, syarat mutlak sebuah destinasi wisata internasional adalah kebersihan dan fasilitas lengkap.

"Sampah yang masih bertebaran ditambah fasilitas pendukung yang buruk menjadi kartu mati yang membuat wisatawan tidak betah dan dijamin tidak akan kembali lagi," kata Kang Emil sapaan Ridwan Kamil saat meninjau perkembangan pembangunan waduk tersebut pada Sabtu, 17 Oktober 2020.

Kang Emil juga meminta Pemkab Kuningan konsisten menggelar festival wisata olahraga air berskala internasional. Salah satu yang diusulkan kali ini adalah festival balap perahu. "Event pariwisata ini penting untuk promosi Waduk Darma secara global," kata Kang Emil.

Ia optimistis, meski pandemi Covid-19 belum berakhir, jalan menuju Waduk Darma sebagai destinasi wisata air internasional masih terbuka lebar.

“Sekilas pas saya datang, ke depannya Waduk Darma ini akan menjadi pariwisata yang luar biasa dan naik kelas,” katanya.

Keyakinan Kang Emil didasarkan pada fakta bahwa Kuningan dengan ikonnya Gunung Ciremai memiliki alam, budaya, dan wisata yang berkarakter.“Pariwisata Jabar yang unik ada di Kabupaten Kuningan,” ujarnya.

Untuk itu, Kang Emil meminta Bupati Kuningan selalu menyinkronkan program – program pariwisatanya dengan Pemda Provinsi Jabar. Sinkronisasi program pariwisata ini penting agar multiplier effect dapat dirasakan masyarakat secara maksimal.

Baca juga : Pohon Natal di Tengah Waduk Ria Rio

Ridwan Kamil mengatakan, recovery pendapatan pariwisata Jabar lebih cepat dari Bali karena tidak menggunakan penerbangan. “Maka dari itu kita harus terus promosikan wisatanya. Saya titip Pak Bupati Kuningan agar kita sinkronisasikan,” kata Kang Emil.

Seperti diketahui, Gubernur Ridwan Kamil mencanangkan Waduk Darma sebagai destinasi wisata air internasional pada 29 Maret 2019 bertepatan dengan Hari Air Sedunia. Titik beratnya adalah wisata, budaya, dan olahraga berbasis air.

Proyek pembangunan sudah dimulai Juni 2019 dengan anggaran Rp60 miliar dimulai dari penataan darat. Sebelum itu, Pemda Provinsi Jabar telah memfasilitasi event internasional seperti Festival Angklung Internasional dan Gowes Wisata Waduk Darma kerja sama Pemkab Kuningan dan Kementerian Pariwisata. []

Berita terkait
Wabup Kuningan Minta Pelaku Ekraf Manfaatkan Digital
Wabup Kuningan, Jabar, berharap agar pelaku Ekreaf memanfaatkan teknologi digital dalam mengembangkan usahanya
Ayunan Pelangi Objek Wisata Baru di Kuningan
Wagub Jabar resmikan objek wisata baru di Kuningan yaitu Ayunan Pelangi yang diharapkan bisa dongkrak PADesa dan tingkatkan perekonomian warga
Pohon Natal di Tengah Waduk Ria Rio
Pohon Natal di tengah Waduk Ria Rio adalah karya para petugas kebersihan di Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur.
0
Sindir Politik Dinasti, PKS: Ini Bukan Perusahaan Keluarga
Wakil Ketua Fraksi PKS DPR, Mulyanto mengaku prihatin dengan sikap abai Pemerintahan Presiden Jokowi atas perkembangan politik dinasti saat ini.