Ribuan Kilogram Daging Babi Ilegal di Jakarta Dimusnahkan

Ribuan kilogram daging babi ilegal dimusnahkan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta.
Ilustrasi ribuan kilogram daging babi ilegal dimusnahkan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta. (Foto: Tagar/Getty Images)

Jakarta - Ribuan kilogram daging babi ilegal dimusnahkan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta bersama Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI. Pemusnahan digelar di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Babi di Kapuk, Jakarta Barat, Selasa, 29 Desember 2020.

Daging babi ilegal dengan berat mencapai 1,3 ton itu berasal dari hasil penertiban yang dilakukan Dinas KPKP DKI Jakarta bersama korwas PPNS Ditkrimsus Polda Metro Jaya pada dua lokasi berbeda. Yakni penertiban 11 Desember 2020 di kawasan Pantai Indah Kapuk dan 23 Desember 2020 di Pasar Teluk Gong, Jakarta Utara.

"Ini demi menjaga kesehatan warga. Kami harapkan, tidak ada lagi daging babi ilegal yang beredar di Jakarta dan sekitarnya, selain dari RPH Babi PD Dharma Jaya," kata Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Barat Iwan Indriyanto dilansir Antara.

Pemusnahan daging babi ilegal itu dilakukan dengan cara dibakar di area RPH Babi Kapuk.

Iwan menyebut daging babi ilegal yang disita dari dua lokasi penertiban berasal dari tempat pemotongan hewan tak resmi di daerah Tangerang.

Berdasarkan aturan undang-undang pangan, kata Iwan, distribusi daging babi di wilayah DKI Jakarta seharusnya melalui RPH Babi PD Dharma Jaya.

Pemusnahan daging babi ilegal tersebut dihadiri oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Ellywti dan Direktur Kesmavet Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI Syamsul Maarif, perwakilan PD Dharma Jaya dan pejabat Ditkrimsus Polda Metro Jaya.[]

Berita terkait
Politik Gentong Babi Melukai Demokrasi Pilkada 2020
Dugaan pelanggaran menjelang Pilkada 2020 terlihat di tiga kabupaten di DIY. Di Gunungkidul misalnya dengan mendompleng bansos program pemerintah.
Cerita Ayah Jual Babi Demi Taruna Akademi Militer Asal Papua
Ini adalah cerita bagaimana seorang Ayah berjuang agar sang anak bisa lulus sebagai calon taruna Akademi Militer (Akmil) TNI AD.
Anggota Parlemen Taiwan Perang Usus dan Jeroan Babi
Anggota parlemen di Taiwan lempar usus dan jeroan babi dan saling tonjok saat digelar rapat membahas pelonggaran impor daging dari AS
0
China Tuduh Amerika Politisasi Asal Muasal Virus Corona
China mengecam langkah Amerika Serikat melacak asal muasal virus corona yang disebut China sebagai “mempolitisasi” pelacakan