UNTUK INDONESIA
Rekomendasi Kuliner Bogor dari Wali Kota Bima Arya
Rekomendasi Kuliner Bogor dari Wali Kota Bogor Bima Arya.
Bima Arya Sugiarto. (Foto: Tagar/Twitter/bimaarya)

Jakarta - Bogor memiliki banyak ragam kuliner yang tak cuma enak namun juga unik. Rasanya tak lengkap jika mengunjungi Bogor tanpa mengicipi kulinernya. Melalui kesempatan wawancara Tagar secara daring, Senin, 5 Oktober 2020, bersama Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto memberitahu kami lima rekomendasi kuliner yang wajib Anda coba kalau berkunjung ke Bogor. Berikut lima rekomendasinya:

1. Soto Mi Bogor

Soto Mi BogorIlustrasi Soto Mi Bogor.(Foto: Tagar/instagram.com/gagaldiett)

Soto merupakan makanan yang sangat populer dan beberapa daerah bahkan punya soto khasnya masing-masing, tapi apa yang berbeda dari Soto Mi Bogor?

Ternyata yang membuatnya berbeda adalah Soto Mi Bogor biasanya berisi daging tapi kamu juga bisa meminta kikil, usus, urat, atau babat. Isian lainnya adalah mi kuning, risol, tomat, kentang rebus serta kol yang lalu disiram dengan kuah soto. Kemudian setelah itu akan ditaburi dengan daun bawang dan seledri. Terakhir, akan diberi tambahan emping melinjo supaya rasanya lebih gurih dan nikmat.

2. Taoge Goreng Bogor

Taoge GorengTaoge Goreng. (Foto: Tagar/Istimewa)

Dari namanya saja sudah unik sekali, pasti kamu langsung membayangkan Taoge yang digoreng. Tapi ternyata Taoge Goreng tidak digoreng sama sekali melainkan direbus.

Toge yang sudah direbus akan disajikan diatas piring bersama ketupat, mi kuning, dan tahu goreng. Lalu, disiram dengan bumbu berbahan dasar tauco yang khas.

Percampuran rasa asam dan manis akan terasa menyegarkan terlebih disantap selagi panas.

3. Asinan Bogor

Asinan BuahAsinan Buah. (Foto: Tagar/Istimewa)

Asinan Bogor merupakan suatu hidangan yang mencampurkan buah atau sayuran dengan kuah dari cabai, ebi, gula, dan cuka.

Hidangan asinan Bogor sendiri memiliki tiga macam asinan yaitu asinan buah, asinan sayur, dan campuran antara buah dengan sayur. Kemudian, untuk asinan buah biasanya berisi bengkuang, salak, jambu dan nanas. Sedangkan asinan sayur berisi toge, kol, dan mentimun.

Proses dari pembuatan asinan yang mencampurkan buah atau sayuran dengan kuah selama beberapa menit akan membuat kuah tersebut meresap ke dalam buah sehingga memberikan sensasi rasa segar saat kamu memakannya.

4. Doclang

DoclangDoclang. (Foto: Tagar/Cookpad/Opibun)

Dari namanya saja sudah terdengar asing, banyak orang tidak tahu tentang kuliner satu ini. Doclang sekilas mirip dengan hidangan khas Jakarta yaitu ketoprak namun ada perbedaan dari kuliner satu ini.

Yang membuat unik dalam pembuatan ketupatnya yaitu dibungkus dengan daun patat atau dengan nama latin Phrynium capitatum merupakan daun  yang terkenal digunakan oleh masyarakat Bogor karena dipercaya mengandung serat dan protein.

Doclang sendiri merupakan hidangan yang berisi potongan ketupat, tahu, kentang, telur dan guyuran bumbu kacang yang terasa sedikit pedas.

5. Sop Buntut Ma’emun

Sop BuntutSop Buntut. (Foto: Tagar/masakanindonesia.eu.org)

Pemiliknya bernama Siti Maemunah akrab disapa Mak Emun sehingga warung yang mewarisi resepnya menamai Ma’emun.

Sop buntut Ma’emun berisi daging buntut sapi yang empuk bersama potongan wortel, kembang kol dan irisan daun bawang. Lalu diatasnya ditaburi irisan daun seledri dan bawang goreng. Sehingga terasa gurih dan lezat saat menyantapnya.

Itulah rekomendasi kuliner Bogor yang direkomendasikan langsung oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?


Baca juga:

Berita terkait
Rekomendasi Kuliner Soto Semarangan Saat Musim Hujan
Soto Semarangan, kuliner yang cocok direkomendasikan saat musim hujan saat kondisi kurang fit, kandungan rempahnya akan menghangatkan badan.
Rekomendasi Kuliner Kaki Lima di Malam Tahun Baru
Menyantap kuliner kaki lima di malam tahun baru selalu menjadi pilihan menarik, harga pas di kantong menambah syahdu saat menyantap makanan.
Sokkol Ubi Makanan Tradisional dari Mandar Sulawesi Barat
Salah satu kuliner tradisional yang terkenal sebagai makanan khas Mandar, Sulawesi Barat (Sulbar) adalah Sokkol Ubi.
0
Visi Misi Safari untuk Kabupaten Limapuluh Kota
Paslon Cabup dan Cawabup Safari berangkat dengan visi misi yang optimis untuk Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat.