Ramadan dan Idulfitri 1442 H, Trafik Data Telkomsel Tumbuh 49%

Ramadan dan Idulfitri 2021, Telkomsel mencatat lonjakan trafik layanan data hingga 39.7 Petabyte atau tumbuh 49% dibanding momen sama tahun lalu.
Peningkatan trafik layanan broadband Telkomsel tercatat sebesar 49% pada momen Ramadan dan Idul Fitri 1442 H (2021) dibandingkan momen tahun sebelumnya atau 10% dibandingkan hari biasa.(Foto:Tagar/Telkomsel)

Jakarta – Momen Ramadan dan Idulfitri 1442 H yang baru saja berlalu masih dilalui dengan tantangan di tengah wabah pandemi Covid-19. Telkomsel tetap mendampingi masyarakat di momen hari raya umat muslim ini dengan berupaya memastikan kelancaran berkomunikasi masyarakat.

Serta kemudahan mengakses produk dan layanan digital terkini melalui penyediaan jaringan broadband untuk konektivitas yang andal dalam menghadirkan kenyamanan beraktivitas seperti beribadah dan bersilaturahmi dari rumah

Kami memaknai perayaan Idulfitri sebagai momentum untuk membuka kesempatan lebih luas bagi masyarakat untuk #BukaPintuKebaikan dengan terus menjalin silaturahmi dan tetap terhubung walau dilakukan secara digital dan virtual.

Selama momen Ramadan dan Idulfitri 2021, Telkomsel mencatat lonjakan trafik layanan data hingga 39.7 Petabyte (PB), atau tumbuh 49% dibanding momen yang sama tahun lalu.

“Keluarga besar Telkomsel mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idulfitri 1442 H kepada seluruh umat muslim di Indonesia. Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan dalam merayakan hari kemenangan ini di tengah situasi yang masih penuh dengan tantangan dan proses adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi saat ini," tutur Direktur Network Telkomsel Nugroho berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Tagar, Sabtu, 15 Mei 2021. 

TelkomselPeningkatan trafik layanan broadband Telkomsel tercatat sebesar 49% pada momen Ramadan dan Idul Fitri 1442 H (2021) dibandingkan momen tahun sebelumnya atau 10% dibandingkan hari biasa.(Foto:Tagar/Telkomsel)

"Kami memaknai perayaan Idulfitri sebagai momentum untuk membuka kesempatan lebih luas bagi masyarakat untuk #BukaPintuKebaikan dengan terus menjalin silaturahmi dan tetap terhubung walau dilakukan secara digital dan virtual melalui dukungan jaringan broadband yang andal dan berteknologi terdepan dari Telkomsel," sambungnya.

Sedangkan trafik layanan data pada periode Lebaran 2021 sendiri, melonjak sekitar 39% dibandingkan Periode Lebaran tahun sebelumnya. Didorong, semakin tingginya adopsi pemanfaatan layanan komunikasi berbasis digital sebagai sarana silaturahmi virtual guna mengikuti imbauan pemerintah untuk menekan penyebaran virus Covid-19 dengan tidak melakukan aktivitas mudik di momen Idulfitri tahun ini.

Kemudian layanan SMS di momen Ramadan dan Idulfitri 2021 mengalami peningkatan sebesar 33% dibandingkan periode tahun sebelumnya. Sedangkan untuk layanan panggilan suara, tercatat peningkatan trafik layanan suara sebesar 4% dibandingkan hari biasa.

Nugroho menjelaskan, Telkomsel juga mencatat sejumlah platform digital dan virtual yang berkontribusi terhadap penggunaan akses layanan data. Untuk layanan digital terdepan dari Telkomsel, tercatat terjadi lonjakan trafik penggunaan untuk layanan VoLTE Telkomsel sebesar 12%, layanan marketplace video on demand MAXStream Telkomsel sebesar 410%, dan layanan video conference on demand CloudX Telkomsel sekira 68% dibandingkan hari biasa.

TelkomselPeningkatan trafik layanan broadband Telkomsel tercatat sebesar 49% pada momen Ramadan dan Idul Fitri 1442 H (2021) dibandingkan momen tahun sebelumnya atau 10% dibandingkan hari biasa.(Foto:Tagar/Telkomsel)

Secara umum masyarakat selama di Ramadan dan Idulfitri 1442 H ini juga masih banyak menghabiskan aktivitasnya dengan memanfaatkan sejumlah platform digital sebagai penunjang produktivitas untuk bekerja secara virtual dan belajar daring, seperti melalui layanan video communication dan video streaming yang secara total mampu berkontribusi dalam penggunaan data lebih dari 53%, atau masing-masing tumbuh sekira 14% dan 22%, dibandingkan dengan hari biasa.

Untuk trafik aktivitas digital lain dari masyarakat seperti penggunaan layanan mobile gaming, browsing dan social media oleh pelanggan Telkomsel juga tercatat tumbuh masing-masing sekira 81%, 36% dan 7% selama Ramadan dan Idulfitri 2021, dibandingkan dengan hari biasa. 

Selain itu Telkomsel juga mencatat enam aplikasi berbasis digital yang paling banyak diakses pelanggan antara lain Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram, Tiktok dan Mobile Legends.

Sepanjang momen Ramadan dan Idulfitri tahun ini, secara berurut untuk lima wilayah operasional Telkomsel yang mengalami kenaikan penggunaan layanan data dibandingkan momen tahun sebelumnya didominasi oleh Sumatra baik Utara, Tengah maupun Selatan (13%), Jawa Timur (12%) dan Jawa Tengah (11%) dibandingkan dengan hari biasa.

TelkomselPeningkatan trafik layanan broadband Telkomsel tercatat sebesar 49% pada momen Ramadan dan Idul Fitri 1442 H (2021) dibandingkan momen tahun sebelumnya atau 10% dibandingkan hari biasa.(Foto:Tagar/Telkomsel)

Konsisten dalam mendampingi masyarakat agar dapat menjalani Ramadan dan Idulfitri setiap tahun dengan nyaman, Telkomsel telah melakukan optimalisasi dan pengamanan operasional jaringan di 554 point of Interest (POI) yang secara khusus difokuskan di wilayah residensial, rumah ibadah, rumah sakit penanganan COVID-19, titik transit transportasi seperti bandara, terminal bus, pelabuhan, dan jalur penyaluran logistik, serta area spesial lainnya seperti pusat pelayanan publik. 

Ragam produk dan layanan berbasis digital serta berbagai promo menarik turut dihadirkan guna menemani masyarakat #BukaPintuKebaikan selama Ramadan dan Idulfitri 2021.

"Kami merasa sangat senang dan bersyukur dapat selalu mendampingi pelanggan di momen Ramadan dan Idulfitri. Semoga semua upaya yang kami lakukan dapat memberikan kemudahan dan nilai tambah kepada pelanggan dalam menjalani aktivitas ibadah Ramadan dan merayakan Hari Raya Idulfitri 1442 H," tegas Nugroho.

"Sebagai leading digital telco company, Telkomsel secara konsisten terus memastikan prinsip customer-centric di setiap produk, layanan, dan konektivitas yang dihadirkan agar dapat senantiasa mendampingi dan meningkatkan pengalaman masyarakat dalam menjalani aktivitas kesehariannya," sambungnya. 

"Tak ketinggalan, kami tetap berharap pandemi Covid-19 segera berakhir, sehingga kita dapat berkumpul bersama dan beraktivitas dengan normal kembali di momen Ramadan dan Idulfitri berikutnya," tambah Nugroho. []

Berita terkait
Telkomsel Tambah Investasi di Gojek US$ 300 Juta
Telkomsel menambah investasi ke Gojek sebesar US$ 300 juta untuk mengakselerasi kemajuan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di RI.
Telkomsel Berkolaborasi dengan Pemkot Surakarta Program UMKM Go Digital
Telkomsel berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan UKM Kota Surakarta dalam menyukseskan program UMKM Surakarta Go Digital.
Telkomsel dan Kemenkop UKM Berkolaborasi Dukung Program Go Digital
Telkomsel berkolaborasi dengan Kemenkop UKM untuk mendukung program UKM Go Digital agar sektor UKM dapat survive di tengah pandemi.
0
Menkeu AS dan Deputi PM Kanada Bahas Inflasi dan Efek Perang di Ukraina
Yellen bertemu dengan Freeland dan janjikan kerja sama berbagai hal mulai dari sanksi terhadap Rusia hingga peningkatan produksi energi