UNTUK INDONESIA
Rakyat Amerika Serikat Rayakan Kemenangan Joe Biden
Rakyat Amerika Serikat mulai dari pantai timur ke barat bersorak-sorai merayakan kemenangan Joe Biden yang memenangkan Pilpers 2020
Seorang perempuan acungkan poster yang lain merayakan pemberitaan media bahwa calon presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden, memenangi pemilihan presiden AS 2020, di Times Square, New York City, Sabtu, 7 November 2020. (Foto: voaindonesia.com/Reuters)

Washington DC – Dari pantai timur ke barat, rakyat Amerika Serikat (AS) bersorak-sorai merayakan kemenangan Joe Biden pada Sabtu, 7 November 2020. Mereka turun ke jalan-jalan untuk berdansa, membunyikan klakson dan bernyanyi setelah Biden diproyeksikan terpilih menjadi Presiden AS ke-46.

Setelah menanti penghitungan suara selama empat hari, massa berkumpul di luar Gedung Putih, mengucapkan "selamat tinggal" kepada Trump.

"Saya di sini untuk merayakan," kata Jack Nugent, seorang insinyur piranti lunak ketika ia berjalan kaki ke Black Lives Matter Plaza, sebuah area dekat Gedung Putih yang sejak musim panas menjadi pusat demo-demo terkait ketidakadilan rasial.

Atmosfernya sangat kontras dengan jalan-jalan kosong dan kemuraman yang terlihat empat tahun lalu, ketika Trump terpilih sebagai presiden, mengalahkan Hillary Clinton dari partai Demokrat. Washington D.C. adalah kota yang berhaluan Demokrat dan sebagian besar pemilih di sana, memilih Clinton.

Banyak orang juga berkumpul di luar Trump Tower di New York City, kota asal Trump. Warga juga melakukan perayaan di seluruh penjuru kota Los Angeles.

Di New York City, kota asal Trump, warga bersorak-sorai di Manhattan, termasuk ratusan yang berkumpul di luar Trump Tower.

Di Los Angeles, para pengendara membunyikan klakson dan orang-orang menari-nari di jalan. Warga negara bagian California mengatakan bangga karena senator mereka, Kamala Harris, akan menjadi perempuan pertama yang menjadi wakil presiden, sekaligus orang berkulit hitam pertama.

"Itu sangat penting -- secara pribadi karena saya juga warga minoritas, dan seorang imigran, dan dia adalah keturunan imigran," kata Christian Barron, 38 tahun, di West Hollywood.

Trump sedang main golf di negara bagian Virginia ketika berita kemenangan Biden diumumkan. Para pendukung Biden lantas memadati jalan-jalan Washington ketika ia kembali ke Gedung Putih. Trump hingga kini belum mengaku kekalahan. (vm/ft)/AFP/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Joe Biden Menang Pilpres Jadi Presiden Amerika Serikat Ke-46
Pilpres Amerika Serikat 2020 menghasilkan presiden baru yaitu Joe Biden (Partai Demokrat) sebagai Presiden AS ke-46
Barack Obama Sampaikan Ucapan Selamat pada Joe Biden-Harris
Mantan Presiden AS, Barack Obama, menyampaikan ucapan selama kepada Joe Biden dan Kamala Harris yang terpilih sebagai Presiden AS
Kamala Harris Cetak Sejarah Meski Hadapi Hambatan Rasial
Wapres AS terpilih, Kamala Harris, cetak sejarah sebagai perempuan pertama yang jadi wakil presiden walaupun perjalannya dihadang hambatan rasial
0
Rakyat Amerika Serikat Rayakan Kemenangan Joe Biden
Rakyat Amerika Serikat mulai dari pantai timur ke barat bersorak-sorai merayakan kemenangan Joe Biden yang memenangkan Pilpers 2020