UNTUK INDONESIA
Raja Baru di Uang Baru Thailand
Uang kertas itu menandai langkah lain dalam peralihan Raja Maha Vajiralongkorn, 65, yang naik takhta pada Desember 2016 dan semakin menegaskan kekuatannya
Gambar Raja Maha Vajiralongkorn akan menggantikan almarhum ayahnya, King Bhumibol Adulyadej dalam cetakan uang baru Thailand. (Istimewa)

Bangkok, 8/3 (Antara/Reuters) - Bank sentral Thailand memamerkan uang kertas baru pada Kamis (8/3), yang menampilkan gambar Raja Maha Vajiralongkorn akan menggantikan almarhum ayahnya, King Bhumibol Adulyadej.

Uang kertas itu menandai langkah lain dalam peralihan Raja Maha Vajiralongkorn, 65, yang naik takhta pada Desember 2016 dan semakin menegaskan kekuatannya namun belum menetapkan tanggal penobatannya.

Ayah raja itu dipuja secara luas di Thailand dan banyak warga Thailand berbusana hitam selama setahun berkabung, yang berakhir dengan perabuannya pada Oktober. Raja Bhumibol muncul di uang kertas dalam tujuh dasawarsa pemerintahannya.

"Pada masa depan, kami hanya akan mencetak uang kertas baru," kata Gubernur Bank Sentral Veerathai Santiprabhob kepada wartawan.

Uang kertas saat ini akan tetap berlaku dan yang baru berukuran dan bewarna sama.

Gelombang pertama uang baru itu, yang menampilkan Raja Maha Vajiralongkorn dalam seragam angkatan udara, akan beredar mulai 6 April. (rif/ant)

Berita terkait
0
PSIM Vs Persis Rusuh, Mobil Polisi Ikut Terbakar
Pertandingan PSIM Yogyakarta melawan Persis Solo berujung keributan. Mobil polisi dibakar dan dirusak usai laga yang dimenankan Persis 3-2.