Raab dan Blinken Bantah Bayar Iran Untuk Bebaskan Tahanan

Menlu AS, Antony Blinken, dan Menlu Inggris, Dominic Raab, bantah laporan melakukan pembayaran untuk pembebasan tahanan di Iran
Menlu Inggris, Dominic Raab (kiri), dan Menlu AS, Antony Blinken, menjelang pertemuan bilateral di London, Inggris, 3 Mei 2021. (Foto: voaindonesia.com - Ben Stansall/Pool via Reuters)

Jakarta – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken, dan tuan rumahnya di London, Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab, 3 Mei 2021, membantah laporan melakukan pembayaran untuk pembebasan tahanan di Iran.

Lawatan Blinken ke London, yang pertama sejak ditunjuk sebagai Menlu oleh Presiden Joe Biden, dilakukan di tengah meningkatnya spekulasi adanya kesepakatan pertukaran tahanan dengan Iran.

Pertukaran tahanan bukan masalah yang tidak lazim dan merupakan bagian dari kesepakatan nuklir 2015 antara Iran dan negara-negara berkekuatan besar dunia. Biden telah mengisyaratkan ingin memulai kembali pembicaraan nuklir dengan Iran setelah pendahulunya, Donald Trump, menarik AS mundur dari perjanjian tersebut.

Warga negara Barat yang ditahan IranWarga negara Barat yang ditahan Iran, dari kiri: Xiyue Wang (dibebaskan tahun 2019), Baquer Namazi, Nazanin Zaghari-Ratcliffe, Siamak Namazi dan Nizar Zakka (Foto: Dok/voaindonesia.com/VOA Persian).

Di Inggris, ada perhatian khusus mengenai kondisi kesehatan seorang perempuan Inggris keturunan Iran, Nazanin Zaghari-Ratcliffe, yang minggu lalu dijatuhi tambahan hukuman satu tahun penjara di Iran atas tuduhan menyebarkan "propaganda menentang sistem".

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan pemerintahnya melakukan apa yang bisa dilakukan, di tengah laporan di Iran bahwa Inggris akan membayar utang 550 juta dolar AS untuk menjamin pembebasan Zaghari-Ratcliffe (my/ka)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Amerika Bantah Kesepakatan Pembebasan Sandera dengan Iran
AS sangkal laporan disampaikan stasiun televisi pemerintah Iran bahwa Iran telah capai kesepakatan dengan AS dan Inggris soal pembebasan sandera
0
Raab dan Blinken Bantah Bayar Iran Untuk Bebaskan Tahanan
Menlu AS, Antony Blinken, dan Menlu Inggris, Dominic Raab, bantah laporan melakukan pembayaran untuk pembebasan tahanan di Iran