Puspresnas Luncurkan Dasbor Prestasi Talenta dan Siniar Talenta

Plt. Kapuspresnas Asep Sukmayadi menyebut peluncuran basis data digital Sistem Informasi Manajemen Talenta (SIMT) “Dasbor Prestasi Talenta”.
Pelaksana Tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional (Plt. Kapuspresnas) Asep Sukmayadi. (Foto: Tagar/Kemdikbud)

Jakarta - Pelaksana Tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional (Plt. Kapuspresnas) Asep Sukmayadi menyebut peluncuran basis data digital Sistem Informasi Manajemen Talenta (SIMT) “Dasbor Prestasi Talenta” dan wadah bincang edukasi talenta “Siniar Talenta Berprestasi” dibuat sebagai sistem informasi terpadu manajemen talenta anak bangsa.

“Lewat dasbor ini, kita akan mengelola basis data persediaan talenta anak bangsa sekaligus meningkatkan keahlian, karier, dan prestasi para talenta. Kami juga ingin menciptakan lingkungan berprestasi yang kondusif bagi para talenta untuk mengembangkan potensinya,” ujar Asep Sukmayadi.

Hal ini disampaikan dalam siaran pers Puspresnas Luncurkan Dasbor Prestasi Talenta dan Siniar Talenta Berprestasi bagi Peserta Didik di website resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kemarin, 30 Desember 2021.


Kita harus terus beradaptasi terhadap perubahan sekaligus tidak kehilangan jati diri bangsa, dan ini membutuhkan kontribusi cerdas para talenta-talenta terbaik negeri.


Dalam pemaparannya, ia menyebut bahwa Dasbor Prestasi Talenta ini diketahui akan menyajikan profil prestasi dari para peserta didik Indonesia. 

Disisi lain, dashboard yang bertujuan untuk mendukung analisis dan pemetaan peserta didik dalam skala nasional dan daerah ini diketahui juga akan menghadirkan peta-peta talenta di 34 provinsi Indonesia.

“Puspresnas akan terus mengembangkan dasbor agar terus dapat menghasilkan data yang komprehensif untuk pembinaan, karier talenta, akuisisi talenta, dan alumni talenta,” katanya.

Direncanakan terintegrasi dengan platform Digital CV Talenta dan Talent Pool Puspresnas, Dasbor Prestasi Talenta ini akan menghadirkan menu-menu menarik, seperti Talenta Berprestasi, Penerima Beasiswa, Satuan Pendidikan Penerima Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Prestasi, Satuan Pendidikan, dan Capaian Internasional, sekaligus pemeringkatan provinsi-provinsinya yang dapat diakses melalui tautan pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id.

Berkomitmen untuk menyingkap atau memberi exposure serta memperkenalkan para talenta terbaik Indonesia dengan mendokumentasikannya lewat wadah basis data.

Asep menyebut bahwa dasbor ini merupakan bentuk tanggapan sigap Kemendikbud Ristek terhadap arus globalisasi dan disrupsi teknologi yang terus bergerak cepat.

“Ini tantangan baru buat kita. Kita harus terus beradaptasi terhadap perubahan sekaligus tidak kehilangan jati diri bangsa, dan ini membutuhkan kontribusi cerdas para talenta-talenta terbaik negeri,” kata Asep.

Sementara itu, bagi peluncuran Siniar (podcast) Talenta Berprestasi, Asep mengungkapkan bahwa program ini dibuat sebagai tempat berbagi pengetahuan dan pengalaman yang diharapkan dapat menginspirasi dan meningkatkan prestasi para peserta didik di Indonesia.

“Harapannya, juga dapat menjadi tempat berlatih mengasah kemampuan berpikir dan kreativitas,” ujarnya.

Disisi lain, lewat platform siniar ini, Asep juga berharap agar para peserta didik dapat terus bersemangat dalam meraih cita-cita yang diinginkan sesuai dengan arahan Mendikbud Ristek yang menyatakan bahwa peserta didik yang berprestasi dan semua proses pengembangannya harus dapat menjadi inspirasi bagi para peserta didik lainnya.

“Maka, kita wartakan pesan itu lewat siniar ini,” kata Asep.

(Eka Cahyani)

Berita terkait
Militer Myanmar Terapkan Strategi Pembantaian dan Pembakaran
Ketika seorang buruh tani muda kembali ke kampung halamannya di Myanmar, ia menemukan mayat-mayat yang masih membara
Gus Menteri Memutakhirkan Data Berbasis SDGs Desa
Gus Menteri, memutakhirkan data berbasis SDGs Desa untuk memastikan program pembangunan dilakukan tepat sasaran berdasarkan kebutuhan desa.
Data Penerima Jamsos di Kota Jogja Berbasis Android
Pemkot Yogyakarta menjamin pendataan penerima jaminan perlindungan sosial lebih valid karena pakai aplikasi berbasis android.
0
Puspresnas Luncurkan Dasbor Prestasi Talenta dan Siniar Talenta
Plt. Kapuspresnas Asep Sukmayadi menyebut peluncuran basis data digital Sistem Informasi Manajemen Talenta (SIMT) “Dasbor Prestasi Talenta”.