UNTUK INDONESIA
Pulau Pagang, Destinasi Wisata Laut Sumatera Barat
Pulang Pagang adalah satu satu destinasi wisatawa baru di Sumatera Barat. Pulau kini itu terus bersolek agar lebih diminati pengunjung.
Keindahan laut di Pulau Pagang, Sumatera Barat. (Foto: Tagar/Rina Akmal)

Padang - Sumatera Barat (Sumbar) memiliki banyak objek wisata pulau yang berjejer di tujuh daerah perairan. Salah satunya Pulang Pagang yang terletak di perbatasan perairan Kota Padang dan Kabupaten Pesisir Selatan.

Pulau Pagang memiliki pantai yang masih asri, perairan jernih, dan kaya biota laut. Setiap pengunjung yang berwisata ke pulau kecil yang terletak di Barat Sumatera itu dijamin tidak kecewa.

Secara administratif, Pulau Paggang masuk dalam kawasan Kabupaten Pesisir Selatan. Jika anda dari Kota Padang, ada dua alternatif untuk sampai di pulau yang menawarkan keindahan pantai yang luar biasa ini. Bisa lewat dermaga Muaro Padang dan Sungai Pisang dengan menyewa jasa boat nelayan setempat.

Pantainya bersih, airnya jernih, tenang melihatnya. Saya sudah dua kali ke sini, sama teman-teman.

Menempuh jarak sekitar 30 kilometer atau 40 menit perjalanan laut, pengunjung sudah bisa sampai di Pulau Pagang. Berlibur dengan suasana alam yang masih asri ini, pengunjung tidak perlu takut meroggoh kantong. Sebab, harga tiket masuk hanya Rp 35 ribu dan pengunjung bisa bermain sepuasnya.

Beberapa waktu lalu, Tagar sempat menumpangi kapal cepat BPBD Sumbar bantuan dari BNPB yang digunakan untuk evakuasi bencana di daerah perairan. Tidak sampai 40 menit, kapal sudah merapat di pulau yang berdampingan dengan pulau Pasumpahan ini. Sebelum sampai di Pulau Pagang, terlebih dahulu melewati Pulau Sirandah dan Swarnadwipa.

"Sabtu dan Minggu lebih ramai dari hari biasa. Paling ramai biasanya libur sekolah dan hari besar tertentu, seperti libur nasional dan hari raya," kata Heru, pengelola Pulau Pagang.

Pengunjungnya beragam, mulai dari siswa, mahasiswa hingga liburan keluarga. Pengunjung berasal dari daerah, luar daerah bahkan wisatawan mancanegara. Tidak hanya itu, pulau ini juga digunakan oleh beberapa orang untuk berfoto pra wedding, dan kebutuhan lainnya.

Heru menjelaskan, ada banyak permainan wisata air yang ditawarkan di Pulau Pagangn. Mulai dari banana boat, snorkling, jetsky, donat boat dan dalam waktu dekat akan disediakan playing fox.

"Kami punya penginapan rumah kayu dengan tarif yang tidak terlalu mahal," tuturnya.

Selain itu, Pulau Pagang juga telah dilengkapi dengan fasilitas umum, seperti toilet dan tempat ibadah. Tujuannya agar para wisatawan lebih mudah, nyaman, beribadah selama berlibur di Pulau Paggang.

Salah seorang pengunjung Joni, 34 tahun, mengaku sangat menikmati berkunjung dan menghabiskan waktu liburannya di Pulau Pagang. Selain pemandangannya indah, pulau Pagang juga masih asri dan belum terjamah oleh pembangunan, dan tidak banyak sampah.

"Pantainya bersih, airnya jernih, tenang melihatnya. Saya sudah dua kali ke sini, sama teman-teman," katanya.

Pulang PagangPulau Pagang di laut Sumatera Barat. (Foto: Tagar/Rina Akmal)

Joni juga mengaku senang berlibur di Pulau Pagang karena banyak permainan air yang disediakan, ditambah lagi dengan biayanya yang murah membuat dia menjatuhkan pilihan berlibur ke pulau Paggang.

Sebagai pencinta lingkungan, dia berpesan agar para pengunjung menjaga kebersihan pulau dengan tidak membuang sampah sembarangan. Tidak hanya itu, dia juga berharap para pengunjung menjaga dan tidak merusak tumbuhan yang ada di pulau, maupun di bawah laut.

"Termasuk menjaga lingkungan bawah laut, agar semua biota yang ada di laut terjaga karena yang akan menikmati bukan habya kita tapi hingga anak cucu nanti," tuturnya. []


Berita terkait
Wisata Terbaik Liverpool Bikin Terpukau Wisatawan
Wisata Liverpool, Inggris memiliki banyak wisata yang patut dikunjungi karena menawarkan segudang keindahan panorama yang menakjubkan
Humbahas Menjadi Tujuan Wisata Edukasi Indonesia
BODT bersama kurator wisata edukasi di Jakarta, menetapkan Kecamatan Baktiraja, Humbahas sebagai daerah tujuan wisata edukasi tahun 2020.
5 Lokasi Wisata di Makkah dan Jeddah Selepas Umrah
Makkah dan Jeddah, Arab menyimpan sejumlah wisata menarik yang bisa dikunjungi pasca menjalankan ibadah umrah.
0
Dua Skenario Hadapi Krisis Corona Berdampak Ekonomi
Wabah virus corona membuat Indonesia menghadapi tekanan ekonomi karena ekspor dan impor terutama tujuan Tiongkok menurun.