UNTUK INDONESIA
PT Antam Menangguk Berkah dari Lonjakan Harga Emas
PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam mencatat pertumbuhan positif kinerja segmen emas pada triwulan ketiga 2020.
PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam mencatatkan pertumbuhan positif kinerja segmen emas ANTAM pada periode triwulan ke-3 tahun 2020. (Foto: Tagar/antam.com/Ilustrasi Antam).

Jakarta - Emas masih dianggap sebagai investasi yang aman (safe haven instrument) oleh masyarakat. Maka tak heran bila pergerakan harga logam mulia ini berkecenderungan naik. Tentu saja, PT Aneka Tambang (Persero) Tbk menangguk berkah dari lonjakan harga emas.

Dalam keterangannya Antam menyebutkan perseroan mencatatkan pertumbuhan positif kinerja segmen emas pada periode triwulan ketiga 2020 (Juli-September 2020 - 3Q20). Hal ini berkat tumbuhnya kesadaran berinvestasi emas di tengah tren kenaikan harga emas dan fluktuasi nilai tukar mata uang asing.

Sepanjang periode 3Q20, Antam membukukan tingkat penjualan emas unaudited sebesar 6.967 kg (223.994 t oz). Raihan ini tumbuh signifikan sebesar 147 persen dibandingkan triwulan kedua 2020 yang mencapai 2.818 Kg (90.600 t oz).

Ilustrasi EmasIlustrasi Emas. (Foto: Tagar/The Economic Times/Ilustrasi Emas).

Secara akumulatif, capaian kinerja unaudited penjualan emas Antam sepanjang periode sembilan bulan pertama tahun 2020 (Januari-September 2020, 9M20) tercatat sebesar 14.882 kg (478.467 t oz). Untuk menjaga kualitas layanan di tengah kondisi new normal pandemic Covid-19, perseroan terus melakukan inovasi penjualan produk emas logam mulia dengan mengedepankan mekanisme transaksi penjualan & buyback secara online.

Melalui jaringan Butik Emas Logam Mulia yang tersebar di 11 kota di Indonesia dan penjualan sales canvassing di beberapa lokasi, perseroan menjalankan operasional dengan menetapkan protokol kesehatan yang ketat. Antam memiliki komitmen yang solid untuk meningkatkan nilai tambah dan menjaga kualitas prima produk emas logam mulia yang merupakan top brand di Indonesia.

Emas logam mulia Antam saat ini tersedia dalam berbagai varian produk mulai dari pecahan 0,5 hingga 100 gram yang dikemas dengan teknologi CertiCard. Hal ini untuk meningkatkan keamanan produk dan kemudahan bagi para pelanggan untuk mengetahui keaslian emas.

Selain itu perseroan melalui Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia (UBPP LM) mengembangkan layanan produk jasa depositori emas logam mulia “BRANKAS” untuk meningkatkan kemudahan akses para pelanggan dalam menginvestasikan dana yang dimilikinya dalam bentuk emas fisik secara mudah dan aman. UBPP LM merupakan satu-satunya pabrik pemurnian emas di Indonesia yang memiliki akreditasi “Good Delivery List Refiner” di London Bullion Market Association (LBMA).

"Hal tersebut merepresentasikan produk emas logam mulia berstandar internasional, menaati asas kepatuhan hukum yang berlaku dan jaminan atas kualitas mutu kadar 99,99 persen," kata keterangan perusahaan yang dikutip Tagar.

Antam selalu mengimplementasikan protokol kesehatan yang ketat sejalan dengan upaya dalam menjaga kesinambungan operasi produksi, penjualan dan pengembangan perusahaan di tengah kondisi new normal pandemi Covid-19 saat ini. Hal tersebut mendukung capaian positif produksi unaudited emas ANTAM dari tambang Pongkor dan Cibaliung sepanjang periode 3Q20 sebesar 430 kg (13.825 t oz), tumbuh 6 persen dari capaian produksi periode 2Q20 sebesar 404 kg (12.988 t oz). Dengan capaian tersebut, tercatat produksi emas unaudited Antam sepanjang 9M20 mencapai 1.280 kg (41.153 t oz).

Seiring dengan membaiknya kondisi perekonomian global serta tumbuhnya tingkat permintaan emas khususnya di pasar dalam negeri, perseroan optimis untuk dapat meningkatkan marjin keuntungan dari bisnis emas pada tahun 2020. Hal ini sejalan dengan upaya Antam untuk meningkatkan daya saing usaha melalui diversifikasi produk emas, layanan pelanggan, serta strategi efisiensi biaya yang tepat dan optimal. []

Berita terkait
Aneka Tambang Siapkan Rumah Sakit Pasien Covid-19
Emiten pertambangan, PT Aneka Tambang (Persero) Tbk mempersiapkan Rumah Sakit Antam Medika (RSAM) untuk membantu penanganan Covid-19.
Suatu Pagi di Gerai Emas Aneka Tambang Jakarta Timur
Dio mahasiswa, Anto Wibowo pensiunan, Wawan karyawan. Ini cerita mereka suatu pagi mengantre di gerai emas Aneka Tambang di Pulo Gadung Jakarta.
Hari Ini Emas Antam Rp 1.004.000, Naik Rp 5.000 per Gram
Setelah kemarin merosot hingga Rp 18.000, hari ini Kamis, 8 Oktober 2020, harga emas naik Rp 5.000 menjadi Rp 1.004.000 per gram.
0
Pria Botak di Sumut Diancam 15 Tahun Penjara, Ini Kasusnya
Pria botak di Deli Serdang, Sumatera Utara, nodai adik ipar. Penjara 15 tahun menantinya.