PSM Ujung Tombak Sukses Program Kemensos di Tingkat Akar Rumput

Pekerja Sosial Masyarakat merupakan ujung tombak kesuksesan penyelenggara agenda kesejahteraan sosial. Termasuk sosialisasi program tersebut.
Pekerja Sosial Masyarakat merupakan ujung tombak kesuksesan penyelenggara agenda kesejahteraan sosial. (Foto:Tagar/Kemensos)

Jakarta - Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) merupakan salah satu ujung tombak dalam kesuksesan penyelenggara agenda kesejahteraan sosial di tingkat akar rumput. PSM dibentuk untuk melaksanakan berbagai tugas yang berkaitan dengan kesejahteraan sosial. Termasuk, menyosialisasikan program-program pemerintah dalam hal ini Kementerian Sosial. 

“Saat ini kami membantu pemerintah daerah melakukan verifikasi dan validasi untuk warga penerima bantuan sosial pemerintah, termasuk bansos dari Kemensos,” tutur Ketua Ikatan PSM (IPSM) Rancagede Rahmatullah di Desa Rancagede, Kecamatan Gunung Kaler, Kabupaten Tangerang, Minggu, 2 Mei 2021.

KemensosPekerja Sosial Masyarakat merupakan ujung tombak kesuksesan penyelenggara agenda kesejahteraan sosial. (Foto:Tagar/Kemensos)

Kegiatan yang rutin dilakukan adalah melakukan bakti sosial, seperti membagikan sembako untuk warga-warga yang membutuhkan, melakukan bedah rumah untuk rumah warga yang tidak layak, dan berbagai tugas lainnya, seperti memperkuat dan meningkatkan jangkauan program bansos.

Terbaru, IPSM Rancagede menggelar berbagai kegiatan terkait Ramadhan. Bersama Camat Gunung Kaler dan Kepala Desa Rancagede mereka menggelar kegiatan sosial "Semarak Berkah Ramadhan, Buatlah Orang Tersenyum” pada Jumat, 30 April 2021 di Kantor Desa Rancagede, Kecamatan Gunung Kaler, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Ini merupakan dedikasi dan bentuk kepedulian IPSM dalam rangka membantu warga Desa Rancagede dan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), yang membutuhkan pertolongan.

Membantu pemerintah daerah melakukan verifikasi dan validasi untuk warga penerima bantuan sosial pemerintah, termasuk bansos dari Kemensos.

Kegiatan bakti sosial ini turut dihadiri Camat Gunung Kaler Saedaman dan Kepala Desa Rancagede H. Yani, serta anggota IPSM dari Desa Rancagede yang semuanya berjumlah 15 orang. Kegiatan ini merupakan inisiasi dari IPSM Rancagede yang rutin dilaksanakan selama bulan Ramadan.

“Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian IPSM Desa Rancagede dalam membantu warga yang membutuhkan sehingga dapat meringankan beban warga terutama disaat pandemi COVID-19,” sebut Rahmatullah di Kantor Desa Rancagede.

Selain itu, IPSM Rancagede juga menyalurkan bantuan berupa kursi roda untuk penyandang disabilitas, beras, mie instan dan masker diberikan langsung kepada warga yang membutuhkan dengan cara mengantarkan langsung ke rumah-rumah warga.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Gunung Kaler Saedaman memberikan apresiasi kepada IPSM yang telah bekerja tanpa pamrih dalam rangka membantu warga desa dan juga membantu program kerja pemerintah daerah khususnya di Desa Rancagede, Kecamatan Gunung Kaler, Kabupaten Tangerang.

"Keberadaan PSM sangat membantu dan mendukung program dari Kementerian Sosial maupun program dari Pemerintah Daerah. Sinergitas dari PSM bersama TKSK sangat baik berjalan," tegasnya.

Terkait hal ini, Kepala Desa Rancagede, H. Yani mengungkapkan rasa bangga atas prestasi tingkat nasional yang diraih oleh Ketua IPSM Rancagede Rahmatullah atas dedikasinya yang sangat peduli membantu warga desa Rancagede, terutama disaat Pandemi Covid-19, IPSM sangat aktif dalam memberikan perhatian kepada warga desa.

Munawaroh (48) warga Desa Rancagede sangat berterima kasih telah menerima bantuan kursi roda untuk anak putrinya yang merupakan penyandang disabilitas. 

"Saya sangat berterima kasih atas bantuan kursi roda untuk anak saya yang diberikan oleh IPSM. Bantuan kursi roda ini sangat bermanfaat sekali bagi anak saya yang mengalami disabilitas," ungkap Munawaroh sambil meneteskan air matanya karena terharu.[]

Berita terkait
Banjir Bandang NTT, Kemensos Salurkan Bantuan Rp 2,6 Miliar
Kemensos menyalurkan bantuan sebesar Rp2.619.056.695 untuk korban banjir bandang dan longsor di Kabupaten Flores Timur dan Lembata NTT.
Mensos Risma, Berikan Layanan Sosial Kepada Manusia Silver
Mensos Risma memberikan layanan sosial kepada manusia silver yang ditemuinya tidur di pinggir jalan kawasan Petojo, Jakarta Pusat.
Mensos : Profesi Psikologi Bantu Kembalikan Keberdayaan Sosial
Mensos mengatakan, pihaknya membutuhkan profesi psikologi lantaran terkait erat dengan pekerjaan sosial yang bersentuhan dengan manusia.
0
Opini: Penguatan KPK
Tes Wawasan Kebangsaan untuk menguatkan Komisi Pemberantasan Korupsi. KPK tidak akan kiamat ditinggal mereka yang tak lulus Tes Wawasan Kebangsaan.