UNTUK INDONESIA

Profil Valentino Rossi, Sempat Balik pada Mantan

Valentino Rossi sempat diisukan akan pensiun pada tahun 2021 karena tidak lagi bersama tim Pabrikan Yamaha, yang dulu juga pernah ditinggalkannya.
Valentino Rossi. (Foto: Tagar/Pinterest)

Pria kelahiran Urbino, Italia, 16 Februari 1979 sempat menjadi perbincangan hangat penggemar MotoGP. Valentino Rossi, rider Monster Energy Yamaha ini diisukan akan pensiun pada 2021. Hal ini lantaran tahun tersebut ia tidak lagi bersama dengan Tim Pabrikan Yamaha.

Namun, isu itu akhirnya ditepis oleh pebalap MotoGP kelas 500 cc yang telah menorehkan sembilan kali gelar juara dunia ini. Dia membantah isu itu dalam jumpa pers jelang pelaksanaan MotoGP San Marino, Kamis, 10 September 2020.

Itu tidak benar bahwa saya akan pensiun. 

Rossi menyatakan, dirinya akan terus melaju di ajang balap MotoGP bersama tim Petronas Yamaha STR.

Perjalanan Karier

Perjalanan Valentino Rossi menjadi pembalap kelas dunia bukan diraih dengan cara instan. Rossi mengawali kariernya di kelas 125cc (moto3) pada tahun 1996. Hanya setahun setelah debutnya, tepatnya pada tahun 1997, dia berhasil meraih gelar juara pertamanya.

Setahun berselang, yakni tahun 1998, Rossi mencoba peruntungan dengan memulai bertarung di kelas 250cc. Pada tahun 1999, dia berhasil meraih gelar juara di kelas itu.

Prestasinya yang cemerlang tersebut membuat tim Honda melirikya untuk bergabung dan bertarung di kelas tertinggi MotoGP, yakni kelas 500 cc. Tahun pertama dengan Honda di MotoGP, The Doctor, julukan Rossi, telah mendapat perhatian karena langsung menyabet juara dua. Setahun setelahnya, pada 2001 ia berhasil meraih gelar pertama di tahun 2001.

Selama beberapa tahun bersama Honda, putra dari mantan pembalap GP 250 cc Graziano Rossi dan Stefania Palma ini selalu mempersembahkan gelar juara. Dia berlaga dengan tim Honda hingga tahun 2004.

Balik pada Mantan

Di akhir musim tahun 2004, Rossi membuat keputusan yang cukup mengejutkan bagi sebagian orang. Rossi memutuskan untuk hengkang dari tim Honda dan melanjutkan kariernya di dunia olahraga yang memacu adrenalin itu bersama tim Yamaha.

Keputusan yang diambilnya tidak salah. Kuda besi buatan Yamaha seperti berjodoh dengan kepiawaian Rossi. Dia berhasil menyabet gelar juara pada tahun 2004, 2005, 2008, dan 2009.

Valentino Rossi (2)Pebalap MotoGp, Valentino Rossi mengacungkan jempol. (Foto: Tagar/ Instagram @ValeYellow46)

Namun pada tahun 2011 hingga 2012 Rossi mencoba melompat ke tim Ducati. Sayangnya peruntungannya bersama Ducati tidak sebagus saat melaju bersama Yamaha. Rossi pun mengambil keputusan untuk kembali pada sang mantan, yakni tim Yamaha, pada tahun 2014.

Kini, Rossi akan berpindah dari tim pabrikan Yamaha ke tim Satelit Petronas Yamaha SRT musim 2021. Ia sempat menyampaikan rasa beratnya berpisah dengan Pabrikan Yamaha yang telah bersamanya 15 tahun silam. Namun, ia merasa ini adalah momen yang baik untuk berpindah.

Tahun 2020 ini Rossi menduduki peringkat 15 klasemen setelah didera sejumlah masalah teknis dan dua kali melewatkan balapan akibat terjangkit Covid-19.

“Saya kira tahun depan tidak akan menjadi musim yang normal sayangnya, tapi saya harap jauh lebih baik dari tahun ini dan kami membalap di trek Eropa di waktu yang tepat," ucap Rossi, seperti dikutip dari laman resmi MotoGP. []

Gelar Juara 

Gelar Juara Dunia 125cc (1997)

Gelar Juara Dunia 250cc (1999)

Gelar Juara Dunia 500cc (2001)

Gelar Juara Dunia Moto GP (2002)

Gelar Juara Dunia Moto GP (2003)

Gelar Juara Dunia Moto GP (2004)

Gelar Juara Dunia Moto GP (2005)

Gelar Juara Dunia Moto GP (2008)

Gelar Juara Dunia Moto GP (2009)

(Mia Setya Ningsih)

Berita terkait
Profil Kai EXO, Sukses Berkarier di Dunia Hiburan Lewat Hobi
Penyanyi, model, serta aktor Korea Selatan Kai EXO baru saja merilis mini album solonya yang bertajuk "KAI (EXO)" pada 30 November 2020.
Profil Nestor Tambunan, Jadi Sastrawan Karena Tak Mau Bertani
Nestor Rico Tambunan merupakan sastrawan Indonesia yang bisa dikatakan berhasil dalam kariernya.
Sutradara dan Segudang Penghargaan untuk Teater Keliling
Penampilan unik Rudolf Puspa dengan rambut panjangnya seperti menunjukkan panjangnya daftar penghargaan yang telah diraih bersama Teater Keliling.
0
Profil Valentino Rossi, Sempat Balik pada Mantan
Valentino Rossi sempat diisukan akan pensiun pada tahun 2021 karena tidak lagi bersama tim Pabrikan Yamaha, yang dulu juga pernah ditinggalkannya.