UNTUK INDONESIA
Profil Singkat Penemu Copy Paste Larry Tesler
Larry Tesler penemu Copy Paste meninggal dunia. Berkat penemuan ilmuwan komputer itu konsep salin-tempel (copy paste) sangat berguna hingga kini.
Larry Tesler, ilmuwan komputer yang mengembangkan konsep cut, copy dan paste. (Foto: Antara/wikipedia.org)

Jakarta- Larry Tesler penemu Copy Paste meninggal dunia pada Senin (17/2/2020) dalam usia 74 tahun. Berkat penemuan ilmuwan komputer itu konsep salin-tempel (copy paste) sangat berguna bagi pengguna komputer hingga saat ini.

Pria bernama lengkap Lawrence Gordon Tesler yang lahir pada 1945 menempuh pendidikan bidang komputer di Standford, dikutip dari laman The Verge, seperti dilansir dari Antara, 21 Februari 2020.

Tesler semasa hidup pernah bergabung dengan berbagai perusahaan teknologi berkelas dunia, termasuk dengan Apple ketika masih di bawah kepimpinan Steve Jobs. 

Temuannya yang kesohor, konsep cut, copy dan paste atau potong, salin, tempel, terjadi ketika dia berada di Xerox Palo Alto Research Center atau PARC pada 1973. 

PARC terkenal berkat pengembangan antarmuka grafis yang dapat diakses dengan mouse komputer. Konsep cut, copy dan paste dari Tesler kemudian menjadi salah satu bagian penting dalam penyuntingan teks di maupun keseluruhan sistem operasi komputer. 

Larry TeslerLawrence \'Larry\' Tesler. (Foto: Popularne)

Usai berkarier di PARC, Tesler bergabung dengan Apple pada 1980 hingga 1997. Semasa di Apple, dia juga turut mengerjakan Macintosh, Lisa, QuickTime dan tablet Newton. 

Lisa dan Macintosh merupakan komputer PC pertama yang mempopulerkan cut, copy dan paste buatan Tesler. 

Pada tahun 1991, Tesler menyumbangkan artikel "Networked Computing pada 1990-an" untuk Scientific American Issue Khusus tentang Komunikasi, Komputer, dan Jaringan, pada September 1991.

Pada 1993, masih di Apple, Tesler menjabat sebagai pimpinan ilmuwan, salah satu posisi yang juga pernah dipegang oleh Steve Wozniak. 

Tesler meninggalkan Apple pada tahun 1997 untuk ikut mendirikan Stagecast Software, yang memungkinkannya untuk 'menggunakan' antusiasmenya untuk pemrograman anak-anak dan penggunaan komputer, sebuah antusiasme yang ia peroleh terutama di Xerox PARC, di mana ia bekerja di Kelompok Penelitian Pembelajaran Alan Kay.

Tesler bergabung dengan Amazon pada tahun 2001. Pada 2004, dia menjadi Wakil Presiden Pengalaman Belanja perusahaan. Pada 2005, dia bergabung dengan Yahoo! sebagai Wakil Presiden kelompok Pengalaman Pengguna dan Desain Yahoo !.

Pada November 2008, Tesler meninggalkan Yahoo untuk bergabung dengan perusahaan informasi genetika pribadi 23andMe, sebagai Product Fellow. Sejak Desember 2009, dia telah menjadi konsultan independen.

Selain Apple dan PARC, Tesler juga pernah bergabung dengan Amazon dan Yahoo. Tesler aktif sebagai konsultan user experience sejak 2009. 

Penyebab kematian Larry Tesler pada pekan lalu tidak diketahui secara pasti. Meninggalnya Tesler hanya diumumkan melalui akun resmi Twitter Xerox. []

Berita terkait
Larry Tesler, Ahli Komputer Penemu Copy Paste Wafat
Tokoh teknologi komputer penemu fitur copy paste, Lawrence Larry Tesler, wafat pada Senin, 17 Februari 2020 dalam usia 74 tahun.
Penemuan Kura-kura Segede Mobil Sedan di Venezuela
Dilaporkan NYDaily News pekan lalu yang mengungkapkan penemuan seekor kura-kura seukuran mobil sedan di daerah gurun di Venezuela.
Profil Bilal, Muazin Pertama di Dunia
Bilal bin Rabbah, atau biasa dipanggil Abu Abdillah, merupakan muazin pertama di dunia.
0
Kronologi Ibu Bunuh Anak Tirinya di Sidrap Sulsel
Bocah 5 tahun di Kabupaten Sidrap tewas mengenaskan dengan kondisi tanpa kepala, belakangan ternyata dia dibunuh ibu tirinya. Ini kronologinya.