UNTUK INDONESIA

Profil Jinyoung GOT7, Karier hingga Rumor Gabung BH Entertainment

Berikut Tagar rangkumkan profil Jinyoung GOT7, yang dirumorkan bakal bergabung bersama agensi BH Entertainment.
Personel grup boyband GOT7, Jinyoung. (Foto: JYP Entertainment)

Jakarta - Park Jinyoung atau yang lebih dikenal dengan nama Jinyoung atau Jr., anggota boyband asal Korea Selatan yaitu GOT7 akan habis masa kontraknya pada Januari 2021 mendatang.

Laman Soompi melaporkan, Jinyoung dan BH Entertainment baru-baru ini disebut mengadakan pertemuan untuk membahas potensi kontrak eksklusif.

Jinyoung juga dikabarkan telah melakukan pembicaraan dengan agensi lain, tetapi cenderung bergabung dengan BH Entertainment (agensi yang menaungi aktor dan aktris ternama Korea Selatan).

Mengenai laporan ini, sumber dari BH Entertainment menyatakan bahwa ia belum mendengar apa pun tentang kontrak eksklusif, tetapi tidak menyangkal telah bertemu dengan salah satu anggota GOT7 tersebut.

Sementara JYP Entertainment, selaku agensi yang menaungi GOT7 pun memberikan pernyataan bahwa mereka sedang mendiskusikan berbagai kemungkinan dengan para anggota mengenai arah yang akan mereka ambil di masa depan. Mereka (agensi) juga masih berdiskusi dengan Jinyoung mengenai masalah perpanjangan kontraknya dari berbagai sudut.

Jinyoung sendiri sudah berada di JYP Entertainment sejak tahun 2009 saat ia diterima menjadi trainee di agensi tersebut. Kemudian pada 2012 ia debut di JJ Project bersama JB (leader GOT7). Setelahnya pada 2014, mereka berdua kembali debut dalam grup GOT7.

Berikut Tagar rangkumkan profil Jinyoung GOT7, yang dirumorkan bakal bergabung bersama agensi BH Entertainment:

Jinyoung GOT7Personel grup boyband GOT7, Jinyoung. (Foto: JYP Entertainment)

Profil

Park Jinyoung (Hangul: 박진영) atau yang lebih dikenal sebagai Jinyoung, lahir pada 22 September 1994 di Jinhae Gu, Kota Changwon, Korea Selatan. Ia merupakan anggota dari boy group di bawah naungan JYP Entertainment yaitu GOT7. Posisinya di grup adalah sebagai sub vokalis, sub rapper, visual, center, dan face of the group.

Anak ketiga dari tiga bersaudara ini dulunya bersekolah di Sekolah Dasar Yongwon, SMP Angolpo dan terakhir di SMA Kyunggi. Kemudian, ia mengambil kuliah di bidang Performance di Universitas Howon.

Karier

Jinyoung mulai bergabung untuk menjadi trainee di JYP Entertainment pada 2009 silam. Saat itu, ia sama-sama menempati posisi pertama dengan JB dalam 2009 JYP Open Auditions.

Dia menjadi trainee di JYP dalam kurun waktu 2 tahun 6 bulan dan kemudian debut di JJ Project bersama dengan JB pada 21 Mei 2012 silam dengan lagunya yang berjudul Bounce.

Setelah dua tahun masa debut di JJ Project, Jinyoung dan JB pun didapuk oleh agensi untuk debut lagi dalam grup GOT7 bersama dengan Mark, Jackson, Youngjae, Bambam, dan Yugyeom tepatnya pada 16 Januari 2014 dengan lagu mereka yang berjudul Girls Girls Girls. JJ Project pun akhirnya menjadi sub unit dari GOT7.

Saat debut pada 2012 silam, Jinyoung memiliki nama panggung Jr. (dibaca Junior). Hal ini dikarenakan namanya yang sama persis dengan pendiri JYP Entertainment yaitu Park Jinyoung.

Pada 20 Mei 2015 ia mengubah nama panggungnya menjadi Junior karena banyak penggemar dan media yang bingung dengan bagaimana pengucapan Jr.

Namun, setahun kemudian tepatnya pada 16 Agustus 2016, ia kembali mengubah nama panggungnya menjadi nama aslinya yaitu Park Jinyoung karena orang tuanya sendiri yang menginginkan hal tersebut.

Sebelum debut di JJ Project, Jinyoung pernah mengambil peran sebagai Jung Uibong dalam drama Dream High 2 pada 2011 silam. Kemudian drama tersebut baru mulai tayang di stasiun televisi KBS pada 30 Januari 2012.

Jinyoung juga sempat merilis lagu soundtrack untuk drama ini bersama Jinwoon, Kang Sora, dan Kim Jisoo pada 29 Februari 2012 dengan judul We Are The B.

Selain Dream High 2, Jinyoung juga pernah bermain dalam drama-drama lain seperti Beloved Eundong, The Legend of The Blue Sea, dan yang paling terkenal adalah drama berjudul He is Psychometric.

Selain itu, Jinyoung GOT7 juga pernah turut berperan dalam beberapa judul film, termasuk A Stray Goat, Princess Aya, dan The Angel Without, The Devil Within.

Tidak hanya bermain peran, Jinyoung juga melebarkan sayapnya dengan beberapa kali menjadi host di berbagai acara musik. Acara-acara tersebut antara lain KBS Music Bank, Mnet M! Countdown, MBC Show! Music Core, SBS Inkigayo, dan KBS Song Festival 2019.

Beberapa penghargaan pun pernah diraihnya, antara lain 2019 StarHub Favorite Korean Drama Male Character Award dalam kategori StarHub Night of Stars 2019, 2020 Asian Artist Award dalam kategori Actor Popularity Award dan Potential Award (Male Actor). []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
Artis K-Pop Chungha Positif Covid-19, Agensi Rilis Pernyataan
Bintang K-Pop Chungha dikabarkan terkonfimasi positif terinfeksi virus corona (Covid-19) dan tengah menjalani karantina mandiri.
Mengenal Park Chanyeol, Jerapahnya Boyband K-Pop Exo
Personel grup K-Pop Exo, Chanyeol, baru saja merayakan ulang tahun yang ke-28 (29 tahun umur Korea) pada Jumat, 27 November 2020 lalu.
Mengenal Sosok Tinashe yang Sukses Bikin J-Hope BTS Terpukau
Tinashe, seorang penyanyi sekaligus penulis lagu asal Amerika Serikat yang berhasil membuat J-Hope BTS terpukau.
0
Profil Jinyoung GOT7, Karier hingga Rumor Gabung BH Entertainment
Berikut Tagar rangkumkan profil Jinyoung GOT7, yang dirumorkan bakal bergabung bersama agensi BH Entertainment.