UNTUK INDONESIA
Profil Brilliana Desy, Pemeran Yu Ning Film Tilik
Brilliana Desy, pemeran Yu Ning dalam Film Tilik ternyata sudah 11 tahun bergelut di dunia peran. Siapa sebenarnya pemeran Yu Ning ini?
Brilliana Desy saat berperan sebagai Yu Ning dalam film Tilik. (Foto: Ravacanafilms)

Jakarta -  Film Tilik yang tayang di kanal Youtube menjadi viral dan ditonton lebih dari 10 juta kali oleh penikmat sinema di Tanah Air. Film pendek yang menceritakan perjalanan rombongan ibu-ibu ketika ingin menjenguk kepala desa yang dirawat di rumah sakit itu sukses menarik perhatian.

Penulis naskah Bagus Sumartono mengungkapkan pada awalnya film pendek Tilik bergenre dokumenter. Namun, di tengah perjalanan pertemuannya dengan sutradara Wahyu Agung Prasetyo membuka kemungkinan yang lain.

"Kalau niat awalnya sebenarnya mau jadi film dokumenter, tapi karena ketemu dengan Agung [jadi diubah]," kata Bagus kepada Tagar saat dihubungi via aplikasi Zoom pada Senin, 24 Agustus 2020.

Jangan dibilang artis ya, saya itu adalah kuli peran lah begitu. Istilahnya kalau di Yogyakarta itu kuli peran, seniman.

Agung yang mengetahui Bagus akan menggarap film mengajak sahabatnya itu bekerja sama. Sejak saat itu Tilik ganti format menjadi film bergenre fiksi. Tilik mendapat bantuan dana dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Mengikuti pendanaan film dari Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta, akhirnya yang konsep dokumenter ini saya modifikasi jadi fiksi," ujarnya.

Tilik merupakan film rilisan 2018. Namun, baru diunggah di kanal YouTube Ravacana Films tepat pada momen perayaan kemerdekaan Senin, 17 Agustus 2020.

Profil Brilliana Desy Arfira

Nama Brilliana Desy Arfira merupakan perempuan asli Yogyakarta yang berperan sebagai tokoh protagonis bernama Yu Ning. Dalam perannya, Brilli menjadi sosok ibu yang menjadi rival Bu Tedjo yang kerap melempar pembicaraan bernada nyinyir.

Brilliana Arfira Desy Dwinawati lahir di Yogyakarta pada 22 Desember 1974. Tak disangka, ternyata dunia akting sudah digelutinya sejak 11 tahun silam sebagai pelakon teater.

Brilli sudah sering membintangi belasan judul FTV, serta puluhan judul film dan sinetron. Ia terlibat dalam penggarapan judul-judul populer seperti Surga yang Tak Dirindukan (sebagai Suster), Dilan 1991 (sebagai Bu Atmo), Perburuan (sebagai Istri Lurah Kaliwangan), hingga teranyar, Mekah I'm Coming dalam perannya sebagai seorang penjahit.

Kendati demikian, nama Mami Brilli, begitu sapaan akrabnya, baru tenar setelah sukses memerankan tokoh Yu Ning di film Tilik. Namun, ia masih enggan disebut sebagai artis. Ia lebih suka disebut sebagai seniman, atau justru dengan istilah Kuli Peran.

"Jangan dibilang artis ya, saya itu adalah kuli peran lah begitu. Istilahnya kalau di Yogyakarta itu kuli peran, seniman," ujar Brilliana dalam wawancara eksklusif bersama Tagar TV, Kamis, 27 Agustus 2020.

"Saya jujur sudah 11 tahun menggeluti dunia akting, yang awalnya hanya FTV begitu, lalu ada beberapa layar lebar seperti Dilan, ada 6,9 detik, Mangkujiwo, beberapa bareng Bu Tejo (Siti Fauziah) juga waktu itu, jadi perkenalan kita sudah lama juga dengan Bu Tejo," kata dia.

Mami Brilli mengatakan, proses yang ia lalui saat mendapatkan peran Yu Ning dalam film pendek Tilik berlangsung seperti perekrutan pemain film pada umumnya, yakni melalui proses kasting. Saat itu, ia sempat menjalani tes untuk memerankan dua karater utama, yakni Yu Ning dan Bu Tejo.

Dalam perjalanannya, sutradara dan tim produksi film Tilik memilihnya untuk memerankan tokoh Yu Ning yang merupakan karakter protagonis dalam film tersebut.

"Saya diberi dua potongan adegan, yang satu menjadi Bu Tejo dan yang satu lagi menjadi Yu Ning begitu, dan saya harus memainkan itu. Tetapi alhamdulillah pada akhirnya sutradara memilih saya yang menjadi Yu Ning. Jadi memang ada proses kastingnya," tutur Mami Brilli.

Meski mendapatkan pujian luar biasa dari para penonton atas perannya tersebut, Mami Brilli mengatakan sebagai seorang aktris ia tetap berlaku profesional dalam menghidupkan peran apapun yang dilakoninya.

"Itulah tanggung jawab seorang pemain (aktris). Ya mungkin kalau saya (terpilih) menjadi Bu Tejo ya akan begitu juga (kualitas aktingnya). Tetapi karena kebetulan dapatnya Yu Ning, ya saya mainkan peran sebagai Yu Ning dan saya hidupkan peran itu menjadi Yu Ning, " kata dia.

Tonton interview lengkap Tagar TV dengan Brilliana Desy Arfira dalam kehidupan sebagai Kuli Peran di luar karakter Yu Ning yang kadung terpatri dalam benak para penonton film Tilik. []

Baca juga: 

Berita terkait
Ditonton Nyaris 10 Juta Kali dalam 8 Hari, Ada Apa dengan Film Tilik
Dalam delapan hari film Tilik ditonton nyaris 10 juta kali dan akan terus bertambah. Apa sih istimewanya film berdurasi 32.34 menit ini.
Film Tilik, Gambaran Politik Indonesia Saat Pilpres
Cerita Bagus Bacep Sumartono, penulis naskah film Tilik yang viral, ditonton sampai delapan juta kali dalam waktu hanya tujuh hari.
Profil Giring Ganesha, Ngebet Nyapres 2024 dari PSI
Giring Ganesha menjadi Plt Ketum PSI menggantikan Grace Natalie. Baliho iklan ia siap nyapres 2024 terpampang di banyak kota.
0
Kronologi Kebakaran Tewaskan Nenek di Padang Sumbar
Polsek Lubuk Begalung, Padang belum mengetahui penyebab kebakaran yang menewaskan seorang nenek 90 tahun.