Profil: Barbora Krejcikova Juara Baru Prancis Terbuka 2021

Dengan status nonunggulan Barbora Krejcikova menapaki lapangan tanah liat di Roland Garros sampai jadi juara tunggal putri Prancis Terbuka 2021
Barbora Krejcikova, petenis Ceko, juara Roland Garros 2021 (Foto: rolandgarros.com/ ©Corinne Dubreuil/FFT)

Jakarta - Petenis profesional yang berasal dari negara Republik Ceko, Barbora Krejcikova, lahir di Brno pada 18 Desember 1995. Sejak usia enam tahun Krejcikova mulai main tenis dengan bimbingan pelatihnya, Jana Novotna.

Bagi Krejcikova, pertemuannya dengan Novotna, ketika jadi pelatih, sungguh menakjubkan yang kemudian dijadikannya sebagai sumber inspirasi. Jana Novotna seorang petenis Ceko juara tunggal putri Wimbledon 1998, meninggal karena kanker pada 2017.

Di awal keberhasilan di dunia tenis pada Oktober 2013 Krejcikova meraih gelar peringkat Junior Dunia Nomor 3. Masih di tahun yang sama, Krejcikova memenangkan kembali Kejuaraan Junior Eropa U18 di Klosters, Swiss.

profil2Barbora Krejcikova, petenis Ceko (depan), ketika hendak memasuki lapangan di Roland Garros 2021 (Foto: rolandgarros.com/© Amèlie Laurin/FFT)

Seiring dengan berjalannya waktu, keseriusan Krejcikova dalam berlatih tenis telah membawa Krejcikova sebagai Petenis No 1 Dunia Peringkat Ganda WTA (Women's Tennis Association – Asosiasi Tenis Wanita).

Perjalanan Krejcikova menuju final Prancis Terbuka melalui perjalanan panjang mulai dari putaran pertama, kedua, ketiga dan keempat. Lanjut ke perempat final bertemu dengan petenis Amerika Serikat (AS), C. Gauff (unggulan ke-24). Krejcikova kelahkan Gauff dengan skor 7-6 dan 6-3.

profil3Barbora Krejcikova, petenis Ceko, lakukan servis di Roland Garros 2021 (Foto: rolandgarros.com/© Nicolas Gouhier/FFT)

Di semifinal Krejcikova mengalahkan petenis Yunani, Maria Sakkari, dengan skor 7-5, 4-6, dan 9-7. Pertandingan yang sangat sengit sampai menyentuh set ketiga. Umpan servis yang sangat kuat dari Krejcikova gagal dikembalikan Sakkari memberikan kemenangan bagi Krejcikova.

Sebelum laga final melawan petenis Rusia, Anastasia Pavlyuchenkova, 12 Juni 2021 pukul 15.00 waktu setempat atau 20.00 WIB, Krejcikova mengatakan, “Ketika saya masih di tingkat junior, saya ingin memainkan pertandingan seperti ini, pertandingan yang menantang.” Selain membawa pulang trofi Roland Garros, Krejcikova juga menerima hadiah uang tunai sebesar Rp 24,43 miliar.

profil4Barbora Krejcikova, petenis Ceko, mencium trofi Roland Garros 2021 (Foto: rolandgarros.com/© Nicolas Gouhier/FFT)

Krejcikova melanjutkan, “Kami berdua memiliki peluang (jadi juara-red.).” Bagi Krejcikova jika dia kalah di semifinal, “Saya akan bangga pada diri saya sendiri. Saya hanya berjuang, itu yang paling penting.”

Krejcikova akhirnya memboyong trofi Roland Garros 2021 setelah mengalahkan petenis Rusia, Anastasia Pavlyuchenkova, petenis Rusia unggulan ke-31, dengan skor skor 6-1, 2-6, dan 6-4 di final dalam waktu 1 jam 58 menit pada laga 12 Juni 2021 (Christina Butar Butar). []

Berita terkait
Krejcikova Juara Baru Tunggal Putri Tenis Prancis Terbuka
Krejcikova, petenis Ceko yang tidak diunggulkan kalahkan Pavlyuchenkova, petenis Rusia unggulan ke-31, untuk memenangkan gelar Prancis Terbuka 2021
0
DPRD Minta Pemkab Bogor Segera Siapkan Materi Perda
DPRD meminta Pemkab Bogor untuk segera menyiapkan materi Peraturan Daerah terkait RTRW, RDTR, dan PSU, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.