Profil Atta Halilintar, Calon Menteri Jokowi

Direktur Komunikasi Politik 02, Usman Kansong, menyatakan influencer seperti Atta Halilintar bisa bergabung di Kabinet Jokowi.
Youtuber nomor satu di Asia Tenggara Atta Halilintar (Foto: Instagram/attahalilintar)

Jakarta - Direktur Komunikasi Politik Tim kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'aruf, Usman Kansong, menyatakan sosok influencer seperti Atta Halilintar bisa bergabung di Kabinet Indonesia Kerja (KIK) jilid kedua.

"Pak Jokowi itu kan begini, semua menteri itu kan melaksanakan kebijakan presiden, oleh karena itu dia harus punya kemampuan eksekusi dan punya kemampuan manajemen. Kalau anak-anak muda (influencer) tadi kira-kira memenuhi kriteria itu, yaa tidak menutup kemungkinan," kata Usman Kansong kepada Tagar pada Selasa, 18 Juni 2019.

Hal itu merujuk pada pernyataan Presiden Jokowi yang menyebutkan kriteria calon menteri bukan hanya dari usia muda, tapi juga harus memiliki beberapa kemampuan lain. Salah satunya adalah kemampuan manajemen dan eksekusi.

Dan saat ini, salah satu anak muda yang berpengaruh (influencer) di media sosial adalah Atta Halilintar.

Siapa Atta Halilintar itu?

Pria kelahiran Dumai, Riau, pada 20 November 1994 itu sangat berpengaruh sebagai YouTuber, atau creator video di YouTube. Sejak kecil pemilik nama lengkap Muhammad Attamimi Halilintar itu sudah merasakan kerasnya perjuangan hidup. Saat itu Orang tua Atta tinggal di Malaysia dengan hidup yang sederhana, hanya memiliki usaha kecil, dan tinggal di rumah kos dengan 11 anaknya.

Saat usianya 11 tahun, Atta mencoba merintis usaha kecil, yaitu berjualan aneka makanan seperti roti, sandwich, dan mainan anak-anak di sekolah dan terminal. Selain itu, dia juga menjual kartu perdana di Negeri Jiran itu.

Dia sukses menjual kartu perdana hingga memiliki konter sendiri. Karena dirasa belum cukup, dia mencoba peruntungan di bisnis menjual kendaraan bekas. 

Sebelum Atta dikenal seperti saat ini, ibunya menulis buku tentang perjalanan kehidupan keluarga dengan ke-11 anak itu keliling dunia tanpa bantuan pembantu dan baby sitter. Hal itu membuat keluarga gen Halilintar diundang oleh sejumlah media.

Kesempatan emas itu pun dimanfaatkan Atta Halilintar untuk menciptakan channel YouTube miliknya sendiri. Channel dari putra pasangan Halilintar Anofial Asmid dan Lenggogeni itu berisi berbagai konten menarik. Jiwa bisnis yang dimiliki Atta membuatnya rela mengeluarkan dana puluhan juta untuk membeli squishy dan keperluan pembuatan vlognya.

Berkat keuletan dan kreatifitasnya, tahun 2018, subscriber YouTubenya berjumlah 2,6 juta dengan pendapatan mencapai 9 Milliar. Kemampuan menggaet jutaan pengikut membuat nama Atta disebut sebagai salah seorang influencer di media sosial.

Seiring berjalanya waktu, andalan konten yang disajikan Atta adalah prank. Tahun lalu, pria 24 tahun itu menjadi perbincangan publik akibat video prank tentang cewek matre. Saat itu dia berpenampilan layaknya pria miskin yang main ke kafe dengan motor.

Video yang berdurasi 11 menit itu menuai kritikan, hingga terjadi perseteruan antara anak sulung gen Halilintar itu dengan Tretan muslim dan Ciko Pardede dari Majelis Lucu Indonesia.

Selain itu, akhir-akhir ini Atta juga kerap mengunggah video dengan konten menggerebek rumah para artis, diantaranya Raffi Ahmad, Sule, Andre Taulany, Luna Maya, Raditya Dika, dan masih banyak lagi. Tidak hanya menggerebek rumah artis ternama di tanah air, dia juga mengajak vlog bareng artis kontroversial seperti Lucinta Luna.

Mengingat pria yang dikabarkan dekat dengan YouTuber Ria Ricis itu bergabung di YouTube sejak 26 Januari 2014, banyak orang yang mencurigai Atta membeli subscriber. Itu terungkap dari salah seorang fans yang menuntut janji Atta akan memberikan uang sebanyak 1 Milliar dengan syarat, bisa membuktikan kalau Atta telah membeli subscriber.

Fans itu bisa membuktikan dengan menggunakan video milik akun @_rthrbe yang mengakses sub4sub pro, sebuah sistem yang digunakan untuk meningkatkan subscriber YouTube dengan cara pertukaran. Tak disangka, dia menemukan akun dengan foto yang sama dengan channel Atta Halilintar, lalu linknya disalin dan mencarinya dalam kolom pencarian YouTube. Saat ini video itu masih ada di YouTube dan disaksikan oleh 1,3 juta.

Atta Halilintar juga pernah ketahuan meniru konten YouTuber lain. Itu terjadi pada 2018 saat dia dengan tanpa ijin mengambil konten video berjudul unboxing handphone karya YouTuber Putu Reza. Video prank jadi gembel juga dituduh meniru konten artis Baim Wong

Atas kritikan terhadap dirinya itu, Atta merilis lagu berjudul Work Hard Play. Lagu itu menyindir haters atau para pembencinya.

Dari pantauan Tagar, Perjalanan karier pria yang kerap berganti warna rambut itu kian melejit. Akun resmi YouTube Atta Halilintar kini telah memiliki 16.886.731 subscribers dan 1.394.937.374 views. Dalam deskripsi akun YouTubenya tertulis kalau Atta Halilintar merupakan YouTuber nomor satu di Asia Tenggara.

Kini pria berdarah Minangkabau itu bisa menikmati kesuksesannya. Atta memiliki rumah, motor dan mobil mewan. Dia juga bisa mengajak keluarganya jalan-jalan keluar negeri, baik untuk keperluan ibadah (umroh) atau wisata. [] 

Baca juga:

Berita terkait
0
LaNyalla Minta Pemerintah Serius Berantas Pungli
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, meminta pemerintah serius memberantas pungutan liar (pungli). Simak ulasannya berikut ini.