Profil Anton Medan, Titik Balik Mafia Berubah Jadi Manusia Alim

Anton Medan, seorang mafia, penjudi, perampok, bolak-balik masuk keluar penjara sampai empat belas kali, bermetamorfosis jadi manusia alim.
Anton Medan, nama lainnya adalah Muhammad Ramdhan Efendi. (Foto: Tagar/Instagram @wardisamme218)

Jakarta - Anton Medan, seorang mafia yang kemudian menjadi manusia alim. Kabar kematiannya mendapat perhatian media massa. Orang-orang penting di negeri ini mengirimkan karangan bunga duka cita untuknya, di antaranya Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok; istri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Wury Estu Handayani; hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.


Profil Anton Medan

Anton Medan lahir di Tebing Tinggi, Sumatera Utara, 10 Oktober 1957. Sebelum memeluk agama Islam tahun 1992, ia sempat menganut agama Budha dan Kristen.

Setelah menjadi mualaf, namanya menjadi Muhammad Ramdhan Effendi. Ia juga mendirikan masjid bergaya bangunan etnis Tionghoa, Masjid Jami’ Tan Hok Liang, di area Pondok Pesantren At-Taibin, Pondok Rajeg, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.


Anton MedanPendakwah Anton Medan. (Foto:Tagar/Kabar Banten/Hashemi Rafsanjany)


Sejak tahun 2017, Anton Medan menyiapkan pemakaman untuk dirinya sendiri, yang kemudian pada 15 Maret 2021 menjadi tempat peristirahatannya untuk selamanya. Lokasi pemakaman ini berada tepat di sebelah Masjid Jami’ Tan Hok Liang.

Semasa hidup, Anton Medan pernah terjerat kasus pidana perjudian dan perampokan. Bahkan pernah dituding sebagai pemimpin mafia yang bertanggung jawab dalam pembakaran seorang pengusaha dalam kerusuhan 1998.

Kerusuhan tersebut berawal dari demonstrasi mahasiswa menuntut lengsernya Presiden Soeharto, dan kemudian menjadi kerusuhan anti-Tionghoa. Namun, Anton Medan membantah tuduhan tersebut hingga akhirnya dicabut.

Dia juga dikenal publik sebagai mantan pelaku sejumlah tindak kriminal, dan pernah masuk penjara sebanyak 14 kali, yang belakangan bertobat dan menjadi pemuka agama. Ia berdakwah di mana-mana mengajarkan kebajikan dalam hidup. Ia menjadi Ketua Umum Persatuan Islam Tionghoa Indonesia.

(Cory Olivia)



Berita terkait
Bobby Nasution Pikirkan Realisasi Kantong Parkir di Medan
Calon Wali Kota Medan, Bobby Nasution menilai perparkiran di Kota Medan semrawut. Menantu Jokowi ini akan membuat kantong parkir
Pendakwah Anton Medan Meninggal Dunia
Pendakwah Anton Medan, meninggal dunia dikediamannya kawasan Cibinong Jawa Barat akibat penyakit stroke dan diabetes.
Perjalanan Anton Medan, Mantan Mafia Jadi Pemuka Agama
Pendakwah agama Islam, Anton Medan, dikabarkan meninggal dunia dalam usia 65 tahun, pada Senin, 15 Maret 2021.
0
Kisah Ganjar Pranowo Bantu Istri Ajudan Bung Karno
Berikut kisah Gubernur Jateng Ganjar Pranowo membantu istri ajudan Bung Karno, Elizabeth Koesno melunasi rumah kontrakannya.