Indonesia
Prestasi Tri Rismaharini 2 Periode Pimpin Surabaya
Walikota Surabaya Tri Rismaharini punya prestasi Bangun Surabaya menjadi kota terbaik dan disegani Dunia
Walikota Surabaya Tri Rismaharini (Foto: Ant)

Jakarta - Sosok Walikota Surabaya Tri Rismaharini telah menunjukan prestasi luar biasa pada masa kepemimpinannya. Sikapnya yang berani dan tegas dalam memimpin mampu mewujudkan Kota Surabaya menjadi lebih baik dan berkembang.

Perempuan yang akrab disapa Risma ini memiliki ciri khas lugas dalam memimpin. tanpa pikir panjang, dia selalu terjun langsung ke lapangan. 

Selama dua periode kepemimpinannya, perempuan kelahiran Kediri Jawa Timur itu sudah banyak menunjukkan berbagai prestasi. Berikut Tagar merangkum sejumlah prestasi Risma yang diperoleh dari berbagai sumber, yaitu 

1. Mendapatkan Penghargaan Innovative City of the Future di London 

Mewakili Surabaya, perempuan yang lahir pada 20 November 1961 ini pernah mendapatkan penghargaan bergengsi dari London Summit Leaders, dalam kategori Innovative City of the Future pada 2014 silam. 

Saat itu Surabaya menjadi satu-satunya kota perwakilan dari Indonesia. Penghargaan ini diberikan oleh para ahli tata kota Eropa yang menilai Kota Surabaya telah mengalami perubahan ke arah yang lebih baik sejak Risma memimpin di Kota Surabaya. 

2. Membawa Surabaya Menjadi Kota Terbaik Se-Asia Pasifik Kategori Partisipatif

Surabaya juga mendapat predikat sebagai kota terbaik se-Asia Pasifik dalam kategori partisipatif di tahun 2012 saat dipimpin oleh Risma.

Surabaya layak mendapatkan penghargaan itu karena kota itu telah berhasil mensinergikan antara pemerintah, swasta, pelajar, dan seluruh elemen masyarakat untuk bersama-bersama membangun kota tersebut. 

3. Walikota Terbaik Ketiga Di Dunia

Selama dia memimpin Surabaya sejak 2010, Risma pernah diganjar sebagai walikota terbaik ketiga di dunia oleh The World Mayor Prize di tahun 2014 silam. Penghargaan ini diberikan oleh yayasan City Mayor yang merupakan yayasan non-profit walikota sedunia. 

4. FutureGov Award 2013 

Di kepemimpinan perempuan berusia 57 ini, Surabaya meraih penghargaan FutureGov Award pada 2013. Penghargaan ini adalah ajang bergengsi tingkat Asia Pasifik. Surabaya telah menyingkirkan 800 kota pesaingnya di Asia Pasifik saat meraih itu.

5. Taman Bungkul Taman Terbaik Se-Asia 

Taman Bungkul di Surabaya pernah mendapatkan penghargaan The Asian Townscape Award (ATA) 2013 dengan kategori Taman Terbaik Se-Asia dari PBB. Suatu kebanggaan bagi Risma karena kota pemerintahannya bisa bersaing dengan Seoul, Yokohama, dan Makati sebagai kota yang bergengsi. 

Pada 7 Desember 2018, Surabaya kembali mendapat predikat kota paling populer versi Online dalam City Guangzhou Award.

6. Surabaya Kota Terbaik Tujuh Kali versi Adipura

Surabaya mendapatkan tujuh kali Piala Adipura Kencana secara berturut-turut sejak 2011 sampai dengan 2017 dalam kategori kota metropolitan. Pada 2016, Surabaya berhasil meraih puncaknya, Adipura Paripurna.  

7. Terima Penghargaan Bung Hatta Anti-Corruption Award 2015

Tri Rismaharini adalah sosok yang tegas melawan tindakan korupsi. Dari kerja kerasnya melawan korupsi, dia terima penghargaan Bung Hatta -Anti-Corruption Award 2015.  

Sebagai bentuk menentang korupsi, dia pernah mengeluarkan terobosan e-procurement atau lelang pengadaan barang elektronik. Hasilnya, proses lelang berjalan secara transparan tanpa adanya gratifikasi. []

Baca juga:




Berita terkait
0
Pemain Diejek Rasis Beri Kemenangan Pertama Chelsea
Pemain muda Chelsea Tammy Abraham dan Mason Mount mengantarkan tim menang 3-2 atas Norwich City di Liga Premier Inggris, Sabtu 24 Agustus 2019.