Presiden Prancis Emmanuel Macron Seperti Iblis di Koran Iran

Buntut dari pernyataannya, Presiden Prancis Emmanuel Macron dikecam umat muslim dunia. Di Iran, ia diperlihatkan seperti iblis.
Presiden Prancis Emmanuel Macron diperlihatkan seperti iblis lewat karikatur yang terpampang di halaman surat kabar Iran bernama Vatan-e Emrooz. (Foto: Dailysentinel/Vahid Salemi)

Jakarta - Buntut dari pernyataannya menyinggung umat Islam, Presiden Prancis Emmanuel Macron dikecam banyak negara muslim di dunia. Di Iran misalnya, Macron diperlihatkan seperti iblis.

Adalah surat kabar lokal Iran bernama Vatan-e Emrooz yang menampilkan Macron seperti iblis di halaman depan korannya pada awal pekan ini. 

Presiden berusia 42 tahun tersebut diperlihatkan dalam bentuk karikatur. Dalam koran itu, Macron terlihat memiliki mata kuning, kuping lancip, gigi runcing, dan muka merah.

Dikutip dari laman Dailymail, karikatur itu bentuk protes dari Macron yang mengatakan, Prancis tidak akan berhenti menerbitkan atau membicarakan kartun yang menggambarkan Nabi Muhammad SAW.

demo presiden prancisRibuan umat muslim di Solo, Jawa Tengah, Indonesia, mengelar demonstrasi mengecam sikap Presiden Prancis Emmanuel Macron yang dianggap melecehkan agama Islam. (Foto: Tagar/Sri Nugroho)

Macron merespons guru sejarah bernama Samuel Paty yang dipenggal usai memperlihatkan karikatur Nabi Muhammad SAW kepada murid-muridnya dalam pelajaran kebebasan berekspresi pada awal Oktober 2020.

Perkataan Macron tersebut menyulut gelombang protes dan kritik jutaan Muslim di Eropa dan di seluruh dunia, termasuk di Palestina, Turki, Iran, Libia dan Suriah.

Sejumlah presiden dan petinggi negara juga mengecam aksi Emmanuel Macron. Seperti Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Perdana Menteri Pakistan Imran Khan, dan Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov.

Erdogan juga mengajak untuk memboikot produk-produk Prancis. Menurutnya, tindakan Marcon merupakan bentuk bermusuhan terhadap umat muslim.

"Sekarang saya menyerukan kepada bangsa kita, sebagaimana yang telah terjadi di Prancis untuk tidak membeli merek-merek Turki, maka saya menyerukan kepada bangsa saya di sini dan mulai sekarang: jangan perhatikan barang-barang berlabel Prancis, jangan beli barang-barang itu," kata Erdogan saat berpidato dalam siaran langsung di televisi, Senin, 26 Oktober 2020.

Berita terkait
Umat Islam Solo Kecam Presiden Prancis: Macron Go to Hell
Ribuan umat Islam Solo mengelar demo kecam sikap Presiden Prancis Emmanuel Macron yang telah melecehkan Islam. Macron go to hell.
Arab Saudi Kecam Karikatur Dukung Boikot Produk Prancis
Presiden Macron menyulut kontroversi kartun Nabi Muhammad yang menimbulkan protes dari beberapa negara Muslim dan boikot produk Prancis
Presiden Prancis Dikritik Keras Anak Buah Megawati
Presiden Prancis Emmanuel Macron yang membela penerbitan kartun Nabi Muhammad SAW dikririk keras anak buah Megawati.
0
Kemendag Teken Kerja Sama Pemberdayaan UMKM dengan Accor, BNI, dan Pemprov DKI
Kemendag kembali menandatangani perjanjian kerja sama untuk mendorong pemberdayaan UMKM dengan grup perhotelan Accor, BNI & Pemprov DKI.