Presiden Jokowi Telepon Peraih Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020

Presiden Jokowi lakukan panggilan video dengan Greysia dan Apriyani, setelah pasangan ganda putri bulutangkis Indonesia tersebut meraih medali emas
Presiden Joko Widodo melakukan panggilan video dengan pasangan Greysia Polii dan Apriyani Rahayu dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Senin, 2 Agustus 2021 (Foto: presidenri.go.id - BPMI Setpres)

Jakarta - Pasangan ganda putri bulu tangkis Indonesia, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu, jadi juara ganda putri Olimpiade Tokyo 2020 setelah mengalahkan wakil China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, dengan skor 21-19 dan 21-15 dalam laga final yang digelar di Musashino Forest Sports Plaza, Tokyo, Jepang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan panggilan video dengan Greysia dan Apriyani, setelah pasangan ganda putri bulutangkis Indonesia tersebut meraih medali emas di perhelatan olahraga akbar Olimpiade Tokyo 2020. Melalui panggilan video yang dilakukan Presiden dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Senin, 2 Agustus 2021 tersebut, Presiden juga mengucapkan terima kasih secara langsung kepada keduanya.

“Terima kasih. Selamat sore Greysia dan Apriyani, saya mewakili seluruh rakyat Indonesia mengucapkan selamat atas keberhasilan emasnya. Sekali lagi, selamat atas keberhasilan mempertahankan tradisi emas Olimpiade bagi Indonesia,” kata Presiden mengawali panggilan video tersebut.

Pasangan Greysia dan Apriyani menjadi juara ganda putri Olimpiade setelah mengalahkan wakil China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, dengan skor 21-19, 21-15 dalam laga final yang digelar di Musashino Forest Sports Plaza. Presiden Jokowi mengaku sangat bangga ketika lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang.

“Saya betul-betul senang banget. Jujur, saya sangat bangga apalagi waktu Indonesia Raya berkumandang,” ujar Presiden.

Kepala Negara yang turut menonton laga final mengaku ikut merasakan deg-degan, terutama saat set pertama di mana perolehan angka pasangan Indonesia nyaris terkejar oleh ganda putri China. “Tapi set kedua saya lihat jauh lebih tenang,” lanjut Presiden seraya mengacungkan jempol.”

Dalam panggilan video lewat ponsel milik Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, tersebut, tampak turut juga pelatih ganda putri Indonesia, Eng Hian. Presiden pun mengucapkan selamat kepada pelatih atas capaian atletnya meraih podium tertinggi di ajang Olimpiade Tokyo.

“Selamat juga untuk pelatih Eng Hian, selamat! Dan salam dari seluruh rakyat Indonesia yang sangat bangga, sangat senang, semuanya, bangga terhadap Greysia dan Apriyani. Selamat sekali lagi, saya tunggu di Istana nanti,” ungkap Presiden.

“Terima kasih Pak Okto, terima kasih. Merdeka!” ujar Presiden mengakhiri panggilan video tersebut.

Untuk diketahui, medali emas yang diraih pasangan Greysia Polii dan Apriyani Rahayu merupakan emas pertama bagi kontingen Merah Putih di ajang Olimpiade Tokyo 2020 ini. Selain itu, Greysia dan Apriyani juga mencetak sejarah dengan meraih medali emas pertama bagi Indonesia sepanjang sejarah keikutsertaan ganda putri bulutangkis Indonesia di ajang Olimpiade (BPMI Setpres)/presidenri.go.id. []

Berita terkait
Bulu Tangkis Olimpiade Pemain Lama Tersingkir Wajah Baru Muncul
Cabang olahraga bulu tangkis di Olimpiade Tokyo 2020 selama seminggu terakhir telah menjadi kisah yang penuh kekecewaan
Langkah The Minion Terhenti di Perempat Final Bulu Tangkis Olimpiade
Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo -yang juga ganda putra nomor satu di dunia- tersingkir dikalahkan ganda Malaysia
Tim Bulu Tangkis China Belum Terkalahkan di Olimpiade Tokyo
Negara adidaya bulu tangkis, China, menjadi satu-satunya negara yang belum merasakan kekalahan di Olimpiade Toky
0
Presiden Jokowi Telepon Peraih Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020
Presiden Jokowi lakukan panggilan video dengan Greysia dan Apriyani, setelah pasangan ganda putri bulutangkis Indonesia tersebut meraih medali emas