Presiden Jokowi Tegaskan Vaksin Covid-19 Untuk Masyarakat Gratis

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa pemerintah menggratiskan semua vaksin Covid-19.
Presiden Jokowi tegaskan vaksin Covid-19 akan digratiskan kepada masyarakat Indonesia, Rabu, 16 Desember 2020. (Foto:Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa pemerintah menggratiskan semua vaksin Covid-19.

Jokowi menyebut, keputusan ini diambil setelah para pemangku kepentingan menerima banyak masukan dari masyarakat dan mengalkulasi ulang keuangan negara.

Saya juga ingin tegaskan lagi, nanti saya akan menjadi penerima pertama. Hal ini untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman

"Hari ini saya ingin menyampaikan perkembangan vaksin Covid-19. Jadi, setelah menerima banyak masukan dari masyarakat, dan setelah melakukan kalkulasi ulang keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis," kata Presiden Jokowi dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden Rabu, 16 Desember 2020.

Dia mengatakan, perintah ini sudah disampaikan kepada seluruh kepala jajaran di kabinet, kementerian, lembaga dan pemerintah daerah agar memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.

"Sekali lagi, gratis tidak dikenakan biaya sama sekali," ujarnya.

Lebih lanjut, presiden juga menginstruksikan dan memerintahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk memprioritaskan dan merealokasi dari anggaran lain terkait kesediaan dan vaksinasi gratis tersebut.

"Sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin," kata dia.

Tak hanya itu, demi memberikan kepercayaan kepada masyarakat bahwa vaksin Covid-19 aman untuk digunakan, Jokowi bersedia menjadi orang pertama yang akan disuntikkan.

"Saya juga ingin tegaskan lagi, nanti saya akan menjadi penerima pertama. Hal ini untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman," tuturnya.

"Terakhir, saya ingatkan agar masyarakat terus berdisiplin menjalankan 3M, menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan," ucap Jokowi menambahkan.[]

Berita terkait
Gratiskan Vaksin Covid-19, Jokowi Siap Disuntik Pertama Kali
Presiden Jokowi memutuskan untuk memberikan vaksin Covid-19 secara gratis kepada masyarakat.
Jokowi Masuk Tokoh Muslim Kelas Dunia, Positif bagi Umat Islam
Ketua BKPRIMI Padangsidimpuan sebut capaian Jokowi ini diharapkan dapat berpengaruh positif bagi dunia atau umat Islam.
Wajar Jokowi Masuk 50 Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia
Presiden Joko Widodo masuk dalam 50 tokoh muslim berpengaruh di dunia. Dinilai wajar, kebijakannya mendukung penyebaran Islam di Indonesia.
0
Anies Baswedan Ajak Masyarakat DKI Berhenti Merokok
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak seluruh masyarakat DKI Jakarta untuk berhenti merokok agar tercipta kehidupan yang lebih sehat.