UNTUK INDONESIA

Presiden Jokowi Pertama Disuntik Vaksin Sinovac

Tepat pukul 09.42 WIB, Rabu 13 Januari 2021, Presiden Joko Widodo menjadi orang yang pertama yang disuntik vaksin Covid-19.
Pada Rabu 13 Januari 2021, Presiden Joko Widodo menjadi orang yang pertama yang disuntik vaksin Covid-19. (Foto: Tagar/YouTube)

Jakarta - Tepat pukul 09.42 WIB, Rabu 13 Januari 2021, Presiden Joko Widodo menjadi orang yang pertama yang disuntik vaksin Covid-19.

Presiden Jokowi yang mengenakan kemeja warna putih dan celana hitam, tampak santai sepanjang menjalani proses penyuntikan vaksin. Bahkan Presiden Jokowi juga berbincang hangat dengan petugas vaksinasi.

Sebelum disuntik, petugas terlebih dahulu memeriksa tekanan darah dan juga suhu tubuh Presiden Jokowi. Tekanan darah 130/67 mmHg. Petugas vaksinasi juga menanyakan kondisi kesehatan Presiden Jokowi dalam beberapa waktu terakhir.

Seperti menanyakan apakah pernah terkonfirmasi positif Covid-19, pernah batuk atau pilek dalam beberapa hari terakhir, pernah mengidap penyakit jantung atau penyakit lain seperti ginjal. Dan semua pertanyaan dari petugas vaksinasi dijawab oleh Presiden Jokowi dengan mengatakan tidak.

Saya berharap vaksinasi Covid-19 yang tahapannya sudah dimulai hari ini berjalan dengan lancar

Dikesempatan itu, Presiden Jokowi juga menanyakan kepada petugas vaksinasi apakah ada yang tidak diperbolehkan kalau tekanan darah tinggi. "Kalau tekanan darah diatas 140, tidak diizinkan," jawab petugas vaksinasi.

Selesai pemeriksaan kondisi tubuh, Presiden Jokowi berpindah tempat duduk untuk menjalani penyuntikan vaksin. Petugas kemudian menyingkapkan lengan baju Presiden Jokowi, dan selanjutnya vaksin pun disuntikkan.

"Saudara-saudara sebangsa dan setanah air. Pada pukul 09.42 WIB pagi ini, saya memulai ikhtiar besar sebagai warga negara Indonesia untuk terbebas dari pandemi ini dengan menerima vaksin Covid-19," kata Presiden Jokowi dikutip dari laman Facebooknya.

Vaksin Covid-19 ini, sambung Presiden Jokowi, yang lama ditunggu-tunggu dan baru disuntikkan setelah BPOM mengeluarkan izin penggunaan darurat, dan Majelis Ulama Indonesia menyatakan suci dan halal untuk digunakan.

"Saya berharap vaksinasi Covid-19 yang tahapannya sudah dimulai hari ini berjalan dengan lancar," kata Presiden Jokowi. []

Berita terkait
Gara-gara Ini Abdul Muthalib Gemetaran Ketika Suntik Vaksin Jokowi
Abdul Muthalib gemetaran saat ingin menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada Presiden Joko Widodo.
Anggota DPR Komisi IX, Ribka Tjiptaning Tolak Divaksin Covid-19
Anggota DPR RI Komisi IX dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ribka Tjiptaning menolak divaksin. Ini alasannya
Sertifikat Halal Vaksin Sinovac, Wamenag Ajak Vaksinasi
Zainut Tauhid Sa’adi serahkan sertifikat halal vaksin Sinovac kepada Direktur Utama PT Bio Farma serta ajak masyarakat ikut vaksinasi.
0
Presiden Jokowi Pertama Disuntik Vaksin Sinovac
Tepat pukul 09.42 WIB, Rabu 13 Januari 2021, Presiden Joko Widodo menjadi orang yang pertama yang disuntik vaksin Covid-19.