Presiden Jokowi Akan Resmikan Sirkuit Mandalika di Lombok

Mandalika International Street Circuit akan menjadi venue awal ajang balap motor Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021.
Sirkuit Mandalika di NTB. (Foto: Tagar/[email protected])

Jakarta - Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat, 12 November 2021.

"Iya, besok kita akan meresmikan Sirkuit Mandalika. Setelah itu event yang ada di sana untuk (bisa) berjalan, baik Superbike maupun MotoGP," kata Jokowi kepada wartawan, Kamis, 11 November 2021.

Sesudah diresmikan, Mandalika International Street Circuit akan menjadi venue awal ajang balap motor Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021. Sepekan berselang akan ada perhelatan ajang balap motor seri terakhir dari World Superbike atau WSBK Mandalika 2021.

Lokasi Sirkuit Mandalika ada di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Sirkuit ini mempunyai panjang lintasan 4,31 km dengan 17 tikungan.

Sebelumnya dalam rangka pengamanan event balap internasional ini persiapan yang dilakukan kepolisian adalah akan menurunkan ribuan personel. Mulai dari personel gabungan TNI, Polri, dan instansi pemerintahan.

Operasi ini juga melibatkan sebanyak 3.000 personel gabungan terdiri dari 2.058 personel Polda NTB, 300 personel TNI, dan 465 personel gabungan dari instansi pemerintahan serta 408 personel perbantuan dari Mabes Polri.

Pengamanan ditugaskan bukan hanya berada di sekitar kawasan Sirkuit Mandalika. Areal perbukitan yang ada di sekitarnya, perhotelan, pantai dan objek vital lainnya yang ada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika pun menjadi perhatian pengamanan selama datangnya Presiden Jokowi. []


Baca Juga




Berita terkait
PLN Siap Listriki Gelaran World Superbike di Mandalika
Hasil commissioning test, seluruh instalasi PLN layak dioperasikan untuk melistriki Mandalika International Street Circuit yang sudah di test.
Penerapan Protokol Kesehatan di World Superbike Mandalika
Dalam waktu dekat Indonesia akan kembali menggelar ajang olahraga yaitu World Superbike (WSBK) di Mandalika, NTB
Jelang Balapan Perdana, Sirkuit Mandalika Nilai Sudah Aman
Konsep lintasan jalanan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), sempat disorot oleh sejumlah pembalap top dunia.
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.