Presiden Biden Tambah Jumlah Kuota Pengungsi Jadi 62.500

Presiden Biden siap tingkatkan penerimaan pengungsi empat kali lebih besar dari angka terendah sebelumnya jadi 62.500
Imigran ditahan oleh agen Patroli Perbatasan AS setelah menyeberang Sungai Rio Bravo River untuk serahkan diri dan ajukan permohonan suaka di El Paso, Texas, AS, 29 Maret 2021 (Foto: voaindonesia.com/Reuters)

Jakarta – Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, yang tadinya memutuskan untuk mempertahankan jumlah pengungsi ke Amerika pada angka yang rendah, pada Senin, 3 Mei 2021, mengumumkan dia akan menaikkan penerimaan kuota pengungsi empat kali lebih besar.

“Saya akan mengubah pagu penerimaan pengungsi tahunan menjadi 62.500 untuk tahun fiskal ini,” kata Presiden Biden dalam sebuah pernyataan pada Senin, 3 Mei 2021, siang.

Langkah Biden itu menghapuskan jumlah terendah yang ditetapkan oleh pemerintahan yang lalu, yakni 15 ribu pengungsi, yang disebut Biden sebagai, “Tidak mencerminkan nilai-nilai Amerika sebagai sebuah bangsa yang menyambut dan mendukung pengungsi.”

imigran anak-anakImigran anak-anak yang mencari suaka ke AS dibawa ke Penitas, Texas, dari perbatasan Meksiko, 14 Maret 2021 (Foto: voaindonesia.com/Reuters).

Dua minggu lalu Gedung Putih mengumumkan bahwa pagu yang akan dipertahankan untuk tahun fiskal ini adalah 15 ribu pengungsi, sebagaimana ditetapkan oleh pendahulu Biden, Presiden Donald Trump.

Pengumuman itu disampaikan meskipun Biden pernah berjanji bahwa setelah pelantikannya 20 Januari lalu, ia akan memperluas program itu. Langkah itu menimbulkan kecaman keras dari beberapa mitranya dalam faksi Demokrat di Kongres, serta juga para aktivis pengungsi.

anak-anak migranAnak-anak imigran tanpa pendamping antre untuk pengajuan suaka di dinas imigrasi AS di Kota Penitas, Texas, AS, 26 Maret 2021. Lebih dari 18.000 anak tanpa pendamping berada di dalam tahanan imigrasi AS (Foto: voaindonesia.com/Reuters)

Pejabat-pejabat Gedung Putih mengakui bahwa pengumuman sebelumnya –yang dikeluarkan ketika faksi Republik yang beroposisi mengecam Biden karena membludaknya migran di perbatasan selatan Amerika– bukan merupakan pesan yang tepat.

Pengumuman pada Senin, 3 Mei 2021, menurut mereka, memperkuat pesan bahwa menerima pengungsi merupakan hal penting sehubungan peran Amerika di dunia (jm/em)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Rekor Tertinggi Jumlah Anak-anak Imigran Tanpa Pendamping
Jumlah anak-anak imigran tanpa pendamping orang tua di perbatasan AS dan Meksiko catat rekor tertinggi
Anak-anak Imigran Tanpa Pendamping Ditampung di California
Pemerintah federal di AS mungkin akan merumahkan anak-anak imigran tanpa pendamping di sebuah pangkalan di California
Presiden Biden Tugaskan Wapres Harris Tangani Imigran
Presiden AS, Joe Biden, tugaskan Wapres Kamala Harris untuk ambil alih pengelolaan imigran sebagai isu terbesar yang dihadapi pemerintahannya
0
Presiden Biden Tambah Jumlah Kuota Pengungsi Jadi 62.500
Presiden Biden siap tingkatkan penerimaan pengungsi empat kali lebih besar dari angka terendah sebelumnya jadi 62.500