Prediksi BMKG: Akhir Oktober Bandung Masuk Musim Hujan

BMKG Bandung memprediksi awal musim hujan di Kota Bandung akan berlangsung pada akhir Oktober.
Ilustrasi Mobil melintas saat cuaca hujan. (Foto: Devon Christopher Adams via Flickr/CC)

Bandung - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung memprediksi awal musim hujan di Kota Bandung akan berlangsung pada akhir Oktober. Pasalnya, saat ini cuaca sedang memasuki masa pancaroba atau masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

Pada masa transisi, waspadai potensi cuaca ekstrim. Jaga kesehatan.

"Untuk Kota Bandung, awal musim hujan di akhir Oktober. Saat ini masa pancaroba," ujar Kepala BMKG Bandung Tony Agus Wijaya di Bandung, Jumat 2 Oktober 2020.

Tony mengatakan, masyarakat agar mengantisipasi potensi banjir di daerah sekitar aliran sungai jelang musim hujan. Selain itu, kata dia, antisipasi lain yang harus dilakukan adalah potensi longsor di wilayah perbukitan saat curah hujan tinggi.

"Jawa Barat awal musim hujan bervariasi di tiap daerah. Namun, katanya secara umum awal musim hujan terjadi pada bulan Oktober dan November 2020," ucapnya. 

BMKG mencatat hujan terjadi di beberapa daerah seperti di sebagian Bogor Barat, Kota Bogor, Sukabumi Utara, Kota Sukabumi. Selain itu, di Sukabumi Selatan, Cianjur Utara, Garut Selatan, Tasikmalaya, Ciamis dan Pangandaran. 

"Pada masa transisi, waspadai potensi cuaca ekstrim. Jaga kesehatan," katanya.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Hendra Hidayat, mengatakan, di peta rawan bencana longsor di wilayah Kabupaten Bandung ada beberapa kecamatan terdapat potensi longsor.

Menurut dia, potensi rawan longsor berada di sebagian Kecamatan Cimenyan, Kecamatan Cilengkrang, Kecamatan Cicalengka, Kecamatan Nagreg, Kecamatan Paseh. 

Kemudian, Kecamatan Cikancung dan Kecamatan Ibun. Kecamatan Pacet, Kertasari, Pangalengan, Arjasari, Cimaung. Kecamatan Pasirjambu, Rancabali, Ciwidey dan sebagian kecil Kecamatan Soreang.[]

Berita terkait
PT KAI Daop 2 Bandung Rangkul Penyandang Disabilitas
Sebagai tanggung jawab sosial perusahaan PT KAI Daop 2 Bandung rangkul penyandang disabilitas serahkan satu unit mobil operasional
Sky Bridge Permudah Penumpang di Stasiun Kereta Api Bandung
PT KAI Daop 2 Bandung, Jabar, bangun sky bridge untuk kemudahan dan kenyamanan akses naik dan turun bagi penumpang KA menuju peron
Liga 1 Ditunda, Persib Bandung Liburkan Seluruh Pemain
Sambil menunggu perkembangan Liga 1 bergulir, manajemen Persib Bandung meliburkan seluruh pemain sepekan ke depan demi berkumpul dengan keluarga.
0
Juventus Angkat Kembali Massimiliano Allegri Jadi Pelatih
Juventus telah menunjuk kembali mantan pelatih Massimiliano Allegri hanya beberapa jam setelah memecat Andrea Pirlo