UNTUK INDONESIA
Prabowo Resmi Jabat Ketua Umum Gerindra Hingga 2025
Prabowo Subianto resmi menjabat kembali Ketua Umum sekaligus Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra periode 2020-2025.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersiap mengikuti rapat terbatas tentang program dan kegiatan bidang politik, hukum dan keamanan di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis, 31 Oktober 2019. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

Jakarta - Prabowo Subianto resmi menjabat kembali Ketua Umum sekaligus Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra periode 2020-2025. Keputusan itu diambil dalam Kongres Luar Biasa (KLB) yang digelar di Hambalang, Jawa Barat pada Sabtu, 8 Agustus 2020.

"Dengan mengucap alhamdulillah maka kekosongan partai hanya berlangsung dua menit dan pimpinan kita akan mengetuk palu berarti kita telah memiliki ketua umum dan ketua dewan pembina. Bismillah," kata Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani selaku pimpinan sidang KLB Gerindra sambil mengetok palu, Sabtu, 8 Agustus 2020.

Dengan mengucap alhamdulillah maka kekosongan partai hanya berlangsung dua menit.

Baca juga: Gerindra Usung Bobby-Aulia di Medan, Ini Reaksi PDIP

Tak lama kemudian, Muzani mengucapkan selamat kepada Prabowo yang terpilih kembali memimpin Gerindra untuk lima tahun yang akan datang.

Untuk diketahui, Partai Gerindra berdiri pada tahun 2008. Ketua umum pertamanya adalah Suhardi, dan Prabowo menjadi ketua dewan pembina. Namun jabatan ketum diambil alih Prabowo setelah Suhardi meninggal dunia pada 2014.

Baca juga: Akhirnya Gerindra Ikuti PDIP Dukung Gibran di Solo

Selama tiga kali pilpres, Gerindra telah mengusung Prabowo sebagai kandidat calon presiden dan wakil presiden. Pada 2009, ia maju sebagai cawapres bersama Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Kemudian pada 2014 dan 2019, ia maju sebagai capres, namun selalu kalah menghadapi Joko Widodo.

Saat ini, Gerindra memiliki 78 kursi di DPR RI hasil pemilihan legislatif 2019. Dengan demikian, Gerindra mendapat peringkat ketiga setelah PDIP dan Golkar. Jumlah suara nasionalnya mencapai 17.596.839. []

Berita terkait
Tiket Gerindra untuk 5 Calon Kepala Daerah di Sumbar
Gerindra memberikan surat keputusan (SK) untuk lima pasangan calon kepala daerah yang akan maju di Pilkada Sumatera Barat.
Husen Saidan Sebut Gerindra Kota Cilegon Tak Konsisten
Pengurus DPC Partai Gerindra Kota Cilegon, Husen Saidan, mengatakan Partai Gerindra tidak konsisten memajukan kadernya pada Pilkada Kota Cilegon.
Prabowo Copot Ketua DPRD Kabupaten Bekasi
Prabowo Subianto menggeser posisi Aria Dwi Nugraha dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.
0
Istri Cawalkot Medan Akhyar Nasution Bagi-bagi APK di Masjid
Kehadiran Nurul Khairani tanpa diundang. Di tempat ibadah itu, dia membagikan alat peraga kampanye suaminya, Akhyar Nasution.